Thursday, October 17, 2013

Sarang Burung Krispi Ubi Ungu


Ubi ungu..suka banget..selalu iseng dan penasaran..mencoba berbagai resep dari ubi ungu. Ketika ke pasar juga..liat ubi ungu yang bagus2..pasti dech di beli..walaupun belum punya ide mau di buat apa. Kayak kemaren ke Pasar nemu ubi ungu bagus2..langsung di angkut dech. Nah..tadi belum kepikiran mau buat apa..ya udah aku kukus dulu..ide belakangan..jika kepepet ya di makan rebus gitu aja aku juga suka. 
Akhirnya setelah mikir2..pengen coba ubi ungu stick lagi kayak yang ku buat dulu..soalnya yang dulu belum puas hasilnya..masih agak keras..nggak empuk seperti yang ku inginkan. Akhirnya aku coba tadi bikin lagi dengan tepung ketan..bukan tepung terigu...dan memang bener sich..hasilnya lebih empuk..renyah ke mremes..dan rasanya juga lebih legit. 

Tapi ada kendala juga sich dengan aku ganti tepung ketan ini..adonannya jadi agak lembek..jadi nggak bisa di giling di gilingan mie..akhirnya aku pakai aja cetakan putu mayang..terus aku semprotkan di serok..lalau di celup ke minyak yang sudah di panaskan..hasilnya.lumayan..jadi kayak sarang burung..hihi..atau kayak kerupuk?..Wis..apa aja dech bentuknya..yang penting..ini bener2 enak rasanya..empuk dan renyah gurih dan legit aroma  ubi ungu kerasa banget. Next time musti uji coba lagi nich adonannya biar bisa di bentuk kayak stick tapi bisa empuk juga kayak ini. Tapi untuk rasa..udah cocok dech pakai tepung ketan ini..enak dan warnanya juga cantik alami dari ubi ungunya...cuma bentuknya aja yang masih sedikit aneh kali ya teman2..hihi..kayak sarang burung..makanya aku kasih nama aja dech..sarang burung ubi ungu..^_^..

Membuatnya sich mudah saja..menggorengnya juga cepat renyah..cuma ya itu tadi..adonannya musti di semprotkan..karena agak lembek..jadi harus pakai cetekan putu mayang atau cetakan cendol kali juga bisa teman2..jika mau coba. Oke..aku catet aja resepnya di sini yach..biar nggak lupa aku..^^
Sarang Burung Ubi Ungu Krispi

Bahan :
Ubi ungu 200 gram, kukus lalu haluskan
Tepung ketan 200 gram
Gula Pasir 75 gram
Telur ayam 2 butir
Baking powder 1/2 sendok teh
Margarin 50 gram
Garam dan vanili secukupnya

Cara Membuat :
Kocok lepas telur dengan garpu sampai gula larut. Masukkan tepung ketan ubi ungu, garam, vanili  dan baking powder, aduk rata. Masukkan margarin, uleni hingga rata.
Panaskan minyak goreng , semprotkan adonan ke serok bentuk seperti sarang burung / kerupuk, lalu goreng di minyak panas sebentar hingga matang dan renyah. Jangan terlalu lama menggoreng ya..supaya hasilnya tetep ungu cantik warnanya. Jika terlalu lama..warna ungunya jadi pucat..walaupun hasilnya lebih renyah lagi.




No comments :

Post a Comment