Sunday, October 27, 2013

Makan Nasi Liwet Enak..Nggak Harus Ke Solo..^_^


Pengen makan nasi liwet..nggak harus ke Solo dong..di dekat rumahku juga ada yang enak, yaitu nasi liwet Mba Karno..eh..apa Mbah Marno ya..maaf lupa ya Mbah..hihi. Yang jelas aku sering beli nasi liwetnya Mbah kok..karena Yodha dan Papinya juga suka. Warung nasi liwet Simbah ini memang sederhana saja..nggak perlu warung khusus atau meja kursi..cukup gelar tikar saja di bawah pohon..hihi..di pinggir jalan depan toko buku Merdeka..deketnya Sarinah Banyumanik. Kalau dari arah Semarang bawah tuch..masuk dari Pizza Hut Sukun itu..terus ikutin aja jalan sampai Jati Raya masih lurus lagi sampai ke Sarinah. Biarpun apa adanya warungnya...tapi rasanya enak kok nasi liwetnya..nggak kalah sama aslinya yang di Solo. Katanya sich simbah yang jual ini juga aslinya dari Solo emang.

Nasi liwet memang enak..karena nasinya aja udah gurih bersantan dan berbumbu. Di tambah suwiran ayam yang di masak opor putih, terus di tambah telur pindang , di tambah areh kuning dan putih, dan di siram sayur labu siam yang encer dan bercitarasa ringan..sungguh pas dech di lidah. Nasi liwet ini hampir mirip dengan nasi ayam Semarangan. Bedanya..kalau nasi ayam Semarangan opornya opor kuning dan juga sayur labunya lebih kental, dan berbumbu..seperti sambel goreng labu siam gitu. Kalau pelengkapnya sich hampir sama..cuma bedanya telurnya nggak di pindang..tapi ikut di bumbu opor sekalian..kalau nasi  ayam. Semua enak dech..hihi. Cuma sayangnya di Semarang atas malah jarang ada nasi ayam yang enak..kebanyakan di Semarang bawah. Kalau di Semarang atas ini lebih banyak nasi liwet. Salah satunya ya di daerah dekat rumahku ini. Jadi..kalau lagi males sarapan di rumah..kadang2 ya lebih suka sarapan lesehan di bawah pohon begini..sambil ngobrol dengan simbah yang jual..cara sederhana yang cukup menyenangkan buat kami untuk menikmati minggu pagi..^_^
  • Nasi liwet Solo ini pakai dua macam areh sebagai pelengkapnya. Areh kuning ini di campur telur..sehingga padat dan berwarna kuning, sedanga areh yang putih dari santan kental.
  • Sayur labu siam untuk nasi liwet..kuahnya lebih encer dan citarasanya lebih ringan..gurih dan sedikit manis..tidak terlalu pedas..makanya di tambah cabe rawit jika kita mau pedas..makanya Yodha juga doyan sich..soalnya nggak pedas..^^
  •  Simbah lagi meracik..sepincuk nasi liwet..^^
  •  Nasi liwet umumnya pakai suwiran ayam..tapi Yodha minta tambahan sayap..bisa juga..^^
  •  Hihi..Yodha masih kucel ..lum mandi..yang penting happy..sarapan dulu ya Kak..^^
  •  Nah..ini favoritku..pakai sate usus pedas..enak..^^



12 comments :

  1. beda banget sama nasi liwetnya orang sunda ya Mbak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Dey..kalau Sunda kan di makan pakai sambel ya..pakai teri dll..kalau di Jateng kayak gini ..komplet mba..:)

      Delete
  2. Bukanya jam berapa tuh mbak?? Patut dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi..udah buka Mba Aulia..jam 7 an..met coba ya..:)

      Delete
  3. aku sering buat nasi liwet pakai ikan jambal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi liwet Sunda ya Mak Lidya..pakai sambel dna ikan asin..enak juga..:)

      Delete
  4. Nasi liwet Solo emang enak. Cuma masaknya agak ribet dan lama karena banyak uba rampenya. Tapi rasanya sepadan deh dengan capeknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..makanya mau bikin awang awangen..hihi..jadi kalau pengen ya ke tempat Simbah ini..nggak perlu ke Solo..sambil jalan2 pagi..^^

      Delete
  5. Replies
    1. Sampingnya Mba Dian...depan toko Buku Merdeka itu lho Mba...jejeran sama bubur ayam..:)

      Delete
  6. Mba, kalo menurutku nasi ayam yg paling enak tuh Mbok Tentrem di sebrang RS Telogorejo. Kan berderet2 tuh, dia urutan paling terakhir. Beuuuhhhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi ayam Semarang ya..oke dech nanti ku coba ya..mksh infonya..:)

      Delete