Friday, October 18, 2013

Sambel Goreng Ati, Kapri & Kentang


Masih dalam rangka ngabisin stock daging kurban kemaren teman2..soalnya..kalau di simpan lama2 di freezer kok kurang enak menurutku..karena aku terbiasa beli daging segar di pasar...jadi harus cepat2 di masak. Kemaren dapat kiriman hati sapi lumayan banyak juga dari mertua. Sebagian udah aku bikin semur buat Yodha..nah sisanya di buat sambel goreng aja..favorit suami. Sambel goreng ati ini seperti sambel goreng lainnya bumbunya. Tapi paling enak memang di buat dengan sedikit kuah saja..jadi nyemek2 gitu, sehingga bumbunya merasuk dan lebih terasa. 

Sambel goreng ati paling enak di campur kentang yang di goreng, terus kapri. Kapri ini selain sebagai sayuran, juga sebagai pemanis penampilan sambel goreng ati ini..jadi ada ijo2nya. tapi rasa kapri ini memang enak juga kok..manis dan renyah..asal di masak sebentar aja..jangan sampai overcook. Lebih bagus lagi kalau kaprinya di goreng aja sebentar, lalu di masukkan terakhir pas sambal goreng udah matang dan kuah menyusut..jadi kaprinya masih terasa renyah kres kres dan rasa manisnya juga masih ada.

Sambel goreng ati ini selain enak di makan pakai nasi hangat..juga enak di makan dengan lontong atau ketupat. Jika di masak lebih kering lagi..dan nggak berkuah..sambel goreng ati ini enak juga untuk isian arem2.
Sambal Goreng Ati, Kapri & Kentang

Bahan :
Ati sapi 250 gram, potong dadu kecil2, lumuri dengan susu bubuk secukupnya
Kentang 2 buah, potong dadu lalu goreng hingga matang
Kapri 50 gram, siangi ujung2nya, goreng sebentar
Santan 600 ml
Garam, kaldu bubuk rasa sapi dan gula merah secukupnya
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Bawang merah 8 buah, iris tipis
Bawang putih 3 siung, 2 di iris tipis,1 di haluskan
Cabe merah 50 gram, haluskan

Cara membuat :
Goreng ati sapi hingga matang
Tumis bawang merah dan putih, sampai matang dan harum.
Tambahkan bawang putih halus dan cabe halus, tumis kembali hingga semua bumbu matang. Masukkan daun salam dan lengkuas, santan dan bumbu2 lain. tunggu sampai mendidih, baru masukkan ati sapi . Masak dengan api kecil hingga bumbu meresapdan kuah menyusut. Koreksi rasa. terakhir masukkan kentang goreng dan kapri. Aduk rata.
Sajikan dengan lontong, atau nasi putih hangat..Yummy.


6 comments :

  1. kenapa hatinya dilumuri susu bubuk mba?

    kalo aku pribadi, masih belum bisa bilang enak untuk hati, paling makanin juga hati ayam, itupun sedikit... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tambah gurih Mba Lina...:)

      Kalau di Jawa Tengah sambel goreng ati ini menu favorit mba...sering di masak buat acara hajatan..adi sering makan dari kecil..jadi suka..:)

      Delete
  2. Mba bedanya butir dan siung di dunia bawang apa ya? Kadang Msh bingung jumlahnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja sich mba..cuma beda sebutan aja kan.umumnya begitu kan..hihi. 1 siung itu ya sama dgn satu butir..:)

      Delete
  3. Mbak Diah, kemarin saya coba bikin resep ini tp kapri saya ganti dg petai. Ati sapi saya kukus dulu sebentar 10' dg api kecil, kmd saya goreng setelah dilumuri susu bubuk spt resep di atas, sebentar saja. Rasanya sih enak, tapi ati sapi sedikit keras kalau untuk orang tua ya, kalau saya sih masih oke. Sebelumnya saya bikin ati sapi opor kecap dg dikukus dulu tanpa digoreng; pernah lunak, pernah pula agak keras/liat. Apa tdk perlu dikukus dulu? Atau ati sapi kurang bagus? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  4. mbak di.. hatinya gak direbus dulu ya?

    ReplyDelete