Wednesday, October 23, 2013

Es Sari Asam Jawa



Pagi2 posting minuman..hihi..nggak pa2 ya teman2..soalnya takut lupa ..buatnya sich kemaren. Sari asam Jawa..terbuat dari bauh asam..yang di lumatkan dan di campur gula dan di rebus hingga mendidih. Rasanya asam segar , bisa di minum dingin dengan es batu atau hangat.


Asam Jawa termasuk bumbu dapur wajib di Jawa..tapi asam ini juga bisa untuk minuman dan jamu...salah satunya jamu kunyit asam. Nah..selain itu asam Jawa ini enak juga untuk di buat sari asam. Udah ada juga lho..minuman kemasan sari asam.di pasaran..kayak merk ultra..dll. Tapi daripada beli kemasan..yukk bikin sendiri teman2...lebih sehat dan fresh kan. Bahannya juga murah meriah...banyak tersedia di pasar tradisional. Pilih buah asam yang udah matang dan segar ya jika mau bikin sari asam ini..biasanya di jual udah dalam bentuk kupasan. 

Sari asam ini juga bisa di jadikan sebagai bahan kombinasi minuman lain..misal punch sari asam...aku pernah minum ini sebagai welcome drink di salah satu hotel di Yogya gitu..sari asam di tambah soda..rasanya enak juga lho..seger banget. Tapi untukku sich lebih suka sari asam murni..lebih sehat. Asam Jawa ini juga banyak mengadung vitamin dan mineral lho teman2..dan juga berguna buat kesehatan..antara lain untuk obat batuk..obat demam..sariawan..dan lain. Tapi yang jelas..di dapur sangat bermanfaaat dech..buat sayur asam..kuah cuko..dan aneka bumbu masakan lain..jadi asam Jawa ini wajib ada dech di dapur. Nah..kalau lagi musim..tidak ada salahnya memanfaatkan asam jawa yang melimpah dan murah sebagi minuman yang menyegarkan. Selain itu bisa di buat jadi permen juga lho..hemm..jadi inget permen asam jadul..yang di balut gula pasir itu..kapan2 coba buat juga ahh..^_^
Minuman Sari Asam Jawa

Bahan :
Asam Jawa kupas segar 250 gram
200 gram gula pasir
100 gram gula merah
Air 2000 ml

Cara Membuat:
Rebus air dan asam hingga mendidih..biarkan dingin dan asam melunak. Lalu remas2 hingga tertinggal biji asamnya. Saring sari buah asam. 
Campur dengan semua gula..lalu rebus kembali hingga mendidih.
Dinginkan
Sajikan dingin dengan es batu..atau hangat dengan di tambah air panas.
 
 


6 comments :

  1. mbak, asemnya cantik, beli dimana ?
    aku agak susah nyari asem yang coklat utuh begitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tukang sayur ku..sering bawa asem gini Mba Dwee..atau di pasar Jati.aku juga sering liat..:)

      Delete
  2. di pasar peterongan aku nemunya yang agak item mbak...
    kalo di pasar jati di mana ya mbak ? kan penjualnya banyak, heheheee....
    minggu lalu sempet ke pasar jati tapi nggak nemu penjual asem seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasa beli di Mbah2 yang jual aneka bumbu dapur Mba..di dekatnya ikan2..tapi kalau lagi banyak yang banyak yang jual juga sich..di beberapa pedagang di pasar..mungkin udah nggak musim kali yach sekarang...kan musiman ya..asem seger gt..:)

      Delete
  3. mba kalo pake asem yang item itu rasanya enak ga? dapat kiriman asem dari kampung tapi yang item ituh (asem madura)

    ReplyDelete
  4. Klo pake asam yg udah dbuang bijix kira2 pake brp gram mb? Punyaq dari bima (terkenal asamx bagus), ada yg baru (wrn coklat terang, cantik) ada yg lama (agk hitam)...smw nya udh dbuang bijinya..

    ReplyDelete