Wednesday, October 2, 2013

Lumpia Panggang


Pengen makan lumpia..tapi yang lebih sehat..akhirnya bikin lumpia panggang aja. Paling tidak kan mengurangi pemakaian minyak..^_^. Lumpia ini lumpia Semarang isi rebung..kayak yang biasa aku bikin..cuma kulit lumpianya aku buat sendiri..karena memang untuk di panggang. Kalau yang mau di goreng..pakai kulit lumpia siap pakai yang tipis2 gitu oke oke aja.

Hasilnya..enak lho..cuma emang nggak kriuk2 kayak lumpia goreng sich..hihi. Tapi..setelah di panggang nich jadi ada aroma bakaran dan membuat kulit lumpia lebih kesat dan sedikit garing daripada jika di makan langsung jadi lumpia basah. jadi..jika teman2 pengen ngurangi pemakaian minyak goreng..tetep bisa kok..makan lumpia yang enak..hihi. 

Jika tidak ada rebung..isi lumpia bisa di ganti sayuran atau tahu..bengkoang dll..udah pernah ku share semua sich resepnya..aneka jenis lumpia. Jika memakai rebung..tips biar rebungnya nggak bau..misal pakai rebung kalengan...di rebus beberapa kali ya. Kalau di Semarang sich enak..bisa selalu dapat rebung fresh di pasar..jadi di rebus sekali aja nggak masalah. Rebung ini juga harus di bumbuin dengan kuat..supaya citarasanya semakin gurih..biasanya pemakaian garam dan kecap manis agak banyak. Ada yang suka menambahkan saus tiram juga di isian lumpia semarang ini...supaya lebih mantab rasanya..tapi kalau aku.lebih suka pakai kecap manis aja..^^

Selamat mencoba ya teman2..jika suka lumpia..cobalah sesekali bikin lumpia di panggang aja..enak juga lho..^_^
Lumpia Semarang Panggang

Bahan Kulit :
130 gram tepung terigu
20 gram tepung tapioka
1 butir telur
350 ml air
1/4 sendok teh garam

Cara membuat kulit :
Campur semua bahan kulit, aduk rata sampai licin dan halus. Saring jika masih ada tepung yang menggerindil.
Buat dadar di wajan teflon ukuran sedang satu persatu sampai habis.

Bahan isi :
250 gram rebung, rebus sampai agak lunak, potong korek api
50 gram udang kupas, cincang dan 100 gram daging ayam rebus, potong dadu
2 butir telur
1/2  sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
Kaldu bubuk ayam 1 sendok teh
Garam secukupnya
Kecap manis 1 - 2 sendok makan ( atau saus tiram jika suka rasa yang gurih tajam )
Air 100 ml

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat isi :
Telur di kocok lepas, buat orak arik. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan telur orak arik dan sedikit air. Masukkan rebung dan semua bumbu2 lain. Masak hingga meresap dan kering.

Penyelesaian :
Ambil 1 buah kulit lumpia, isi dengan adonan isi secukupnya. Lipat dan bentuk seperti lumpia biasa. Panggang di teflon sampai kulit agak kering.


4 comments :

  1. Wanginya beda pastinya ya mbak kalau dibakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..lebih sedikit sehat juga..tanpa di goreng soalnya ya..:)

      Delete
  2. wuaa.. ngilerr:) Mbak Di.... Step by step melipatnya mana? katanya waktu itu mau di fotoin kalau bikin yg lipat2 lagi hehehe.. Nuhun yaa:)

    -Intan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..woalah..aku kira itu yang dadar gulung Mba..:D..oke dech ntar ya..tak buatin sgr,,:)

      Delete