Friday, October 4, 2013

*Geblek*...Cemilan Unik Dari Singkong


Geblek...sepintas nama makanan ini kayak sejenis kata umpatan ya..hihi..tapi bukan kok teman2..ini adalah nama makanan yang terbuat dari singkong..dan berasal dari Jawa Tengah. Ada beberapa daerah yang terkenal dengan makanan geblek ini..yaitu Purworejo..Gombong dan juga Wonosobo. Udah lama aku pengen bikin geblek..tapi kalau liat resep di internet itu tidak ada yang jelas cara buatnya. Akhirnya aku merayu Mba Tri Yunianti..temen Fb ku yang pinter bikin jajanan ini untuk membuat ulang secara detail step by stepnya. Makasih ya Mba Tri..akhirnya aku bisa bikin geblek berkat dirimu...hihi. Mau nyoba sendiri maju mundur dari dulu. Dan akhirnya..taraa...aku berhasil bikin geblek. Mba Tri sendiri bukan orang Jawa Tengah lho..tapi dari Lampung..tapi tetangganya di Lampung sana dulu ada yang jual geblek ini juga dan Mba Tri sering liat dan bantu cara buatnya. Masuk akal juga sich..kan banyak  orang Jawa juga tinggal di Lampung ya Mba Tri..hihi..*ngarang*. Wis..dari manapun sumbernya yang penting resep dari Mba Tri ini langsung dari penjual geblek juga.

Kalau makan geblek begini aku jadi ingat sahabatku waktu kuliah..Diana..di manakah gerangan sekarang Kamu Di ?..Lama banget hilang kontak dan di Fb juga nggak ku temukan dirimu..di antara banyak teman2 kuliah kita yang udah ngumpul di Fb. Diana ini asalnya dari Purworejo..dan aku sering nginap di rumahnya dulu kalau liburan..jadi sering beli geblek yang di jual di jalan dekat rumahnya. Di Purworejo..geblek ini di makan pakai sambel kacang..rasanya kenyil kenyil liat enak gurih..unik. Jadi..aku kenal makanan geblek ini ya dari Purworejo. Semoga Tuhan mempertemukan kita lagi ya Diana..suatu saat nanti,.siapa tahu kamu baca ini..I miss u..dan aku di sini..^_^

Back to Geblek..aku baca2 di internet..di Gombong dan Wonosobo juga ada ternyata makanan ini..cuma beda dikit cara buatnya dari yang di ajarkan Mba Tri ..kalau geblek ala Gombong dan Wonosobo ini nggak di campur ampas singkongnya lagi..tapi dari pati singkong basahnya aja..yang di kukus setengah matang terus di beri bumbu dan di uleni..lalu di bentuk2 dan di goreng. Kalau resep dari Mba Tri ..ampas singkongnya di pakai. tapi nggak kebayang dech pegel meres singkongnya jadi pati..kalau yang di pakai cuma pati basahnya aja...hihi. Aku aja tadi udah bolak balik tak peres..hasilnya cuma dikit..jadi emang lebih enak..kalau di campurin ampas singkongnya..hihi. Dan jadinya juga lebih empuk..beda dari yang dulu pernah ku makan..kenyal liat gitu..hihi..mungkin dari pati aja soalnya.

Bikin geblek ini emang kayak mahakarya bener..hihi..lha dari pagi..siang baru mateng..tapi bisa di sambi online ding..maksudnya..musti meras2 singkong..di endapin patinya..terus di jemur dulu patinya.baru di campur ampasnya lagi..di bentuk2..baru bisa di goreng dan di makan. Tapi..buatku ya seru seru aja sich..berhasil menaklukkan si geblek..hihi. Dan tadi ambil fotonya juga cepet2 dech..cuma di dapur..nggak pake acara di tata2..wis asal jepret..soalnya geblek kan paling enak di makan hangat2..jadi kalau di foto lama2 keburu dingin..jadi..asal jeprat jepret..jadi dech..yang penting jadi dokumentasi..kalau aku pernah buat geblek ini hihi,..jadi nanti kalau buat lagi udah ada catatannya..dan siapa tahu ada teman yang mau coba juga. Hayukk bikin yukk..enak lho..teman2 yang aslinya dari Purworejo..atau daerah lain yang ada geblek ini..pasti merindukan makanan ini kan..selamat mencoba ya..^_^ . 

Ini dia resep geblek yang aku dapat dari Mba Tri..makasih ya Mba..sekali lagi..habis coba geblek..proyek selanjutnya..Gathot nya Mba..nich lagi njemur singkongnya..hihi. Karena lagi uji coba..aku buat dikit aja tadi gebleknya..gini caranya ya teman..:
  • Singkong 500 gram, kupas dan cuci bersih, lalu parut
  • Peras parutan singkong dengan di beri air secukupnya, lalau endapkan perasan air singkong selama 2 - 3 jam hingga jadi pati basah. Jemur ati basah hingga agak kering dan bisa di ayak.
  • Ambil ampas singkong, campur dengan garam dan 2 siung bawang putih halus, lalu kukus hingga matang
  •  Campur ampas singkong kukus dengan patinya,a duk dan uleni hingga rata.
  •  Adonan yang sudah di uleni..siap di bentuk..
  • Pilin adonan dan bentuk sesuai selera. kalau Mba Tri di bentuk 3 cincin terus di satukan , kalau aku nggak sabar tadi..wis yang gampang ikut cara geblek Gombong aja yang angka delapan bentuknya..^_^
  •  Goreng di minyak banyak tapi api kecil ya..supaya bisa mengembang..



  • Tiriskan..


  • Geblek..siap di nikmati..dengan sambal kacang. Kata Mba Tri..enak juga lho..di makan sama kuah cuko empek2..hemm besok tak cobanya dech..masih ada geblek mentahnya.


  •  Nyam nyam...silahkan di nikamti geblek hangatnya..^_^..


29 comments :

  1. Replies
    1. iya..tapi ini basah Mak Lidya..kenyil2..gurih..di makan pakai sambel kacang..:)

      Delete
  2. di tempatku namanya jalabia ato obang abing, biasanya di makan aja ga pake apa-apa, tapi aku kalo goreng jalabia aku makan pake sambel asem yang pedes! wuuuaahhh...jadi ngiler nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...ada juga ternyata ya Mba Esti..di Purwokerto..cara buatnya sama kah Mba?..Wah..sambal asem..berarti bener enak kali ya..pakai kuah cuko..kan asem juga ya Mba..hihi..besok bikin ahh..:)

      Delete
  3. Hihi.... namanya aneh y mba? di cocol pake sambal kacang lg... duuuhh gmn rasanya ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...geblek..hihi...enak Mba Zulfa.rasanya kayak empek2..tanpa ikan..hihihi..kenyal2 empuk gurih..:)

      Delete
  4. klo di tulungagung namanya klo gak salah alen mbak, gak dicocol pake sambal cz udah asin gurih gitu,, coba ah nanti pakai sambal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alen alen kah Mbas Sari..klu itu kriuk2 ya Mba kayaknya..kalau ini empuk Mba..jadi ya kayak alen alen..tapi versi basah..empuk kenyal gitu...unik dech..:)

      Delete
  5. Salam kenal mba diah aq revi dr lampung juuaa. Itu jjnan wajibku wkt kecil mpe skrng kl emak plng dr pasar templek,enak gurih apa lg kl anget2 hhmm...
    Mbaa aq mw dong dibagi resep kue pie.aq br mkn td dibawain suami,enak gurih. Boleh y mba.. makasih sblmny ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Revi..salam kenal jug aya..iya Mba..enak ya..di makan anget2 gt..:)

      Pie yang apa Mba..pai apel atau buah ?..

      Delete
    2. Pie buah mba,memang beda2 y mba...
      dtunggu y mba... makasih... :)

      Delete
    3. Iya Mba..di tunggu ya..ada macam2 Pai Mba..:)

      Delete
  6. wew, saya yang di samping gombong koq belum tahu yah? baru denger nich, geblek. Kalo gaplek lah tau mba? hehe...salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas..Saya jug cuma baca di sini..kalau dari daerah Gombong juga ternyata ada geblek Mas..hehe..:http://aridharmayanti.wordpress.com/2011/10/17/geblek-lho-bukan-goblok-%E2%80%93-kuliner-khas-gombong/

      Delete
  7. baru tau lho ada jajanan ini, sebelumnya cuma tau lanting aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mba Monda..emang unik2 jajanan dari Jateng nich..:)..emang bentuknya mirip lanting tapi tekturenya sgt berbeda..Mba..:)

      Delete
  8. kayak lanting deh bentuknya mba, alot gitu gak digigitnya?
    cantik bentuknya, lucu.... telaten tenan iki mbakyuku.... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Lina...bentuknya memang mirip lanting tapi kalau geblek ini ukurannya lebih besar dan kenyil kenyil tapi nggak liat banget..hihi

      Delete
  9. Hai mbaak...aku Diana dr purworejo juga, tp kyknya bukan saya yg dimaksud, krn waktu kuliah sy juga sering bawa geblek ke kost, hihihihi salam kenal mbak...
    Tengkyu udah share resep gebleknya, saya bisa praktekin di jepang ni ^_^
    salam kenal mbaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Diana..mba kan bukan alumni Pariwisata UGM 95 kan ya..?..:D
      Wah..memang enak ya mba..geblek ini..aku jatuh cinta pada gigitan pertama..hihihi..*lebay..*
      Sekarang di Jepang ya Mba..sipp.. ayo..di buat gebleknya..dan di kenalkan sama teman2 di Jepang ya Mba..sapa tau pada suka..hihi

      Delete
  10. Kalau buat Lanting sendiri itu bagaimana Mbak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip2 gini Mba..terus di goreng sampai kering dan renyah..:).

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mba didi, mau tanya dunk... kalau pati basahnya diganti langsung dengan tepung pati/kanji yang dibeli di pasar yang udah kering gitu bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba tapi beda hasil..lebih alot dan keras :D

      Delete
  13. Halo mba Diah Didi...Salam kenal..
    Blom lama saya dikasi makanan Geblek sama orang magelang. Rasanya mirip cireng, tapi geblek ini lebih alot dan keras. Lalu saya bawakan cireng kemasan dari jakarta. Eh, orang-orang di magelang pada suka dan nitip cireng lagi kalau dr jakarta. Ternyata di magelang gak kenal cireng :)

    ReplyDelete
  14. aduuuh asik bgt sis. bumbunya asik. tapi kok mirip kelanting yah? heheheh. cemilan inovasi kyk gini emg asik yah

    ReplyDelete
  15. Mba Diah, baca cerita di atas bikin pikiranku menerawang ke masa kecilku di kota kelahiranku Purworejo :-(
    Kangeeen banget sama geblek.
    Pake tepung tapioca kurang bagus ya mba?
    Terima kasih resepnnya mba <3
    -Ida-

    ReplyDelete
  16. Cemilannya unik sekali, gan. Langsung bikin lapar begitu melihatnya. tapi mirip kue kelanting yah

    ReplyDelete