Google Ad

Monday, October 7, 2013

Tahu Susur



Tahu susur...adalah sebutan tahu isi kalau di Yogya..kenapa di sebut tahu susur..karena tahunya kayak pake susur..hihi. Susur adalah tembakau yang di selipkan di mulut nenek2 yang jaman dulu suka nginang atau nyirih. Jadi gorengan dari tahu yang di selipin sayur ini di sebut tahu susur. Tahu susur sedikit berbeda dengan tahu pong isi. Kalau tahu pong isi..memakai tahu pong / tahu goreng kering..kalau tahu susur ini memakai tahu putih yang di belah jadi dua..lalu di isi tumisan sayuran..lalu di celup adonan pencelup, kemudian di goreng.

Jika adonan pencelup tahu pong isi cenderung encer dan renyah..beda dengan adonan pencelup tahu susur ini yang cenderung lebih kental..agar isi tahu tidak belepotan keluar. Rasanya..enak..tahu yang lembut di padu dengan isian yang gurih dan adonan tepung yang juga empuk dan lembut..enak dech di nikmati hangat2 sambil nyeplus tahu rawit. Jadi ingat..dulu di Bandara Yogya..ada restorannya yang terkenal dengan menu tahu isi seperti ini..super gede...tapi isinya daging cincang tumis..dan tahunya juga pakai tahu putih..sering beli dulu..sekarang sich..nggak tahu..masih ada nggak ya..aku kok lama banget nggak masuk ke Bandara Yogya sejak married...lha..mau terbang ke mana..nggak ada pesawat dari Yogya ke Semarang..hihi.

Selamat mencoba ya teman2..jika penasaran rasanya...^_^ 

Tahu Susur

Bahan :
5 buah tahu putih, rendam sebentar di air dan sedikit garam, bagi dua melintang, lalu belah lagi tapi jangan sampai putus
Minyak untuk menggoreng
Bahan Pencelup :
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka / tepung beras
400 ml air
Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1  sendok teh  bumbu kaldu bubuk / garam secukupnya
3/4 sendok teh ketumbar
( Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, air, dan bumbu halus )

Bahan isi :
2 buah wortel, potong korek api
25 gram tauge panjang
5 lembar kol, iris halus
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk / garam secukupnya
Gula pasir 1 / 2 sendok teh
50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus untuk tumis sayuran :
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah 
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Aduk hingga sayuran layu.
Isikan bahan isi ke tahu yang sudah di belah , celupkan ke adonan pencelup..lalu goreng hingga matang. Sajikan hangat dengan cabe rawit.




1 comment :

  1. Bun,biar rapih ada ada triknya gag si kok mesti jd ambyar😖

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel