Tuesday, October 22, 2013

Pastel Kering Renyah


Pastel kering..aku pengen bikin cemilan ini..gara2 beli ..kok sekarang kurang enak rasanya ya..beda sama jaman kecil dulu. Apa karena sekarang seneng apa2 bikin sendiri ya..jadi kurang puas aja gitu rasanya..kalau beli snack kering kayak gini..yang di pasaran. Aku coba beli dari beberapa supermarket..toko snack grosiran..rasanya kurang oke..kadang keras..atau nggak renyah. 

Memang bikin pastel kering gini harus telatan ya teman2..dan juga sabar..karena musti memilin pastel ukuran kecil satu persatu. tapi buatku ya seru2 aja sich...bikin adonan dulu..di  giling pakai gilingan mie..di potong2 bulat kecil..terus..milin2nya di depan tivi..sambil liat afc tadi..cepet dech jadinya..hihi. Jadi apa2 kalau enjoy ..ya nggak susah kok. Apalagi jika hasilnya enak..wah puas dech. Walau ntar habisnya dalam sekejap aja klau pastel kering gini..karena semua suka di rumah. Suami memang lebih suka cemilan yang kriuk2 gini..jadi bisa di cemal cemil malam..pas lembur ..banyak kerjaan. Jadi seneng aja sich..bikin sesuatu yang di sukai keluarga. 

Jadi..suka gemes aja sich..kok pada usaha snack kering gitu ..nggak di bikin enak sekalian ya..padahal untuk membuat snack kering yang enak itu tidak sulit lho. Kalau ribet dan prosesnya sama..kenapa nggak di buat enak sekalian ya..jadi heran dech kadang aku. Apalagi di jaman internet..mau resep apapun ada..jadi kenapa nggak para ukm yang bikin aneka snack kering gitu belajar dan mencoba berbagai resep gitu..jadi biar hasil produksinya enak dan nggak asal jadi. Ya sudahlah..yang penting..kalau pengen cemilan jadul kayak pastel kering gini..lebih baik bikin sendiri teman2..enak..renyah, empuk dan gurih lho..resep ini..silahkan di coba ya..jika suka..^_^..

Pastel Kering Renyah 

 
Bahan :
300 gram tepung terigu
2 butir telur
50 gram margarin
2 sendok makan air es
1/2 sendok teh garam
Minyak untuk menggoreng
Abon sapi secukupnya untuk isian

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, garam dan margarin,aduk
Tambahkan telur dan air es, aduk hingga bergumpal. ( jangan di uleni ya..supaya tekture pastel keringnya bisa empuk dan renyah..serta menggembung..nggak keras )
Simpan 15 menit di lemari es
Keluarkan, lalu giling beberapa kali di gilingan mie dari ukuran besar hingga halus adonannya..dan selanjutnya di tipiskan dengan gilingan mie ukuran yang lebih kecil ( lebih tipis )
Cetak bulat2 kecil dengan cetaan cookies bulat.
Ambil satu lembar kulit pastel ..isi dengan sedikit abon..lalau tutup dan pilin hingga berbentuk pastel mini. 
Goreng di minyak panas hingga matang dan renyah. hasilnya enak sekali..renyah..tapi empuk dan pastelnya bisa menggembung..ndut2..^_^

32 comments :

  1. pastel sekali hap ya mbak, gak terasa makanny ajadi banyak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..dan nggak membosankan di cemal cemil...:)

      Delete
  2. mba diah harus pake gilingan mie ya, kalo ga punya, alternatifnya bisa pake apa mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai rolling pin biasa dari kayu itu bisa Mba Siti..cuma adonannya berarti harus sedikit di uleni supaya menyatu dan mudah di giling..jadi hasilnya sedikit beda ya..tapi tetep bisa kok..semangat ya Mba..:)

      Delete
  3. buset mbak diah rjn bgt bikinnya heheheee

    ReplyDelete
  4. mbak diah ini lupna lagi...kemarin aq dah nyoba resepnya,,,enak mbak..makasih ya mbak resepnya...tpi aku kan gilingannya ga pake gilingan mie dan ga pakai rolling...aq cuma pakai botol...hahaha...abis belum punya mbak...:D...meski dengan bercucuran keringat...halah...lebay ya mbak...hehehe...pada umumnya enak mbak..tp kok agak kurang renyah ya...apa karena kurang tipis ya mbak?? padahal kayaknya sudah lumayan tipis...oiya mbak kalo aq nyoba resep2 mbak diah yg lain...jangan capek nanggepin komennya ya :...hehehe....makasih mbak diah...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Lupna..ya mungkin beda ya mba..hasilnya kalau di giling manual sama di tipiskan di gilingan mie. kalau aku bikin ya..kayak di foto di atas itu..hasilnya bertotol2 dan kelaitan renyah kan..:)
      Kalau di tipiskan di gilingan mie..itu keuntungannya..nggak perlu di tekan2..sampai adonan nyatu..cukup di giling aja..berkali2..nanti adonan rata sendiri. Karena..kalau terlalu di tekan2 dan di uleni adonan pastel memang malah kurang bisa renyah Mba..glutennya jadi terbentuk..jadi paling bagus memang adonan itu dalam kondisi bergumpal aja..terus di giling di gilingan mie berkali2 sampai menyatu. Smg jelas ya Mba..:)

      Delete
    2. iya mbak kalo manual...emang rasanya olahraga...hahaha...dan waktunya bisa lama...iya mbak insya Allah beli gilingan mie...mudah2an dapet rejeki...aamiin...hehehe

      Delete
  5. mbak diah ngaduknya pakai apa ya?aku pakai tolet karet itu tp rasanya kok g enak jadinya pakai tangan katanya klo diuleni g bs renyah....emang bener g renyah tp rasanya enak sih....trus kok kyknya g kalis punyaku sdh sy giling pakai gilingan mie putus2 krg apa ya mbak diah?stlh sy coba goreng sedikit ketebalan kulitnya..sy tipisin lg putus...knp ya mbak diah?
    mbak diah sy suka dg resep2nya jd jng bosan ya mbak diah krn sy nanya2 terus....ceritanya kan lg belajar hehehe...makasih mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba.....pakai tangan aja mba..ndaguknya..tapi cukup di aduk ringan pakai ujung2 jari sampai bergumpal2, nggak perlu di uleni..Nggilingnya berulang2 sampai jadi lembaran tipis gitu, baru di cetak bulat2 kecil..:)

      Delete
  6. mbak diah adonannya hrs lsg dikerjakan ya...?krn kecapean sy pikir bsk dilanjutin..ee ternyata jd keras hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..harus segera di bentuk..kalau nggak ya keras..:)

      Delete
  7. waduuh mba diah...klo bikin pastel ini bs seharian ya...yg lama nggilingnya yaa...gmn ya mbak diah biar cepet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak ah..masak sehari Mba...ayukk coba dulu..cepet kok..:)

      Delete
  8. mbak diah....klo sdh adem spy tetap renyah gmn caranya ya?makasih ya mbak diah....saya ini kan pengacara jd hrs cari sesuatu spy bs g jd pengacara hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku buat ya awet renyah berhari 2 tuch mba..biasanya masuk toples setelah dingin..:)

      Delete
  9. udah sy masukin toples malah sy isolasi mba diah.....tp berkrg renyahnya g sama pd wkt abis digoreng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau awet bgt pakai adonan pastel kulitnya yang gak pake telur aja..:) http://www.diahdidi.com/2014/03/pastel-goreng-isi-komplet.html

      Delete
  10. jd spy awet renyah g usah pakai telur ya......atau krg tipis mb diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba saja dulu dua2nya mana yang sreg dan sesuai selera mba renyahnya..:)

      Delete
  11. mbak .. kalo utk resep ini lebih baik pake tepung terigu nya yg protein rendah apa sedang ya ?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rendah aja mba.biar renyah bingits..hihi

      Delete
  12. Pagiii Mba, salam kenal.... sy udh nyobain resepnya mba diah nih, enaaaaak... cuma kok nemu puknya tapi kurang renyah ya mba?? apa karena cuma pake botol ya??? hehehehe... makasih mba contekannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kurang tipis mungkin mba kulitnya..:)

      Delete
  13. Halo Mbak Diah,
    Kemaren sudah nyoba resep ini mbak. Aku ikut resepnya mbak, tapi telurnya aku pake cuma 1 (hehe...telur mahal...). Aku tambahkan baking powder 1/2 sdt dan 2 sdm tepung bumbu (tepung Kobe). Aku juga gilingnya cuma pake rolling pin mbak.
    Hasilnya?? Top markotop....renyah banget, bahkan setelah dingin dan sampai hari ini juga masih renyah mbak.
    Cuma ada kurangnya nih, abonnya nggak terlalu enak....jadi kurang maknyuuss...
    Mbak punya rekom merk abon yang enak gak?
    Pengen buat lagi utk suguhan tamu/bingkisan utk teman gitu...
    Btw, aku sangat senang dgn blognya Mbak Diah....banyak menolong aku yg lg belajaran masak nih....
    Terus berkarya ya Mbak....Trimakasih.
    Desy-Surabaya

    ReplyDelete
  14. Mbk ini dg elli lagi...mau nanya mbk tepung protein rendah tu contohnya sprt apa ya?.... Klo yg sedang apa mbk?...makasih mbk ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. rendah kunci biru, atau tali emas, sedang beruang biru, segitig abiru.,.:)

      Delete
  15. Menurut saya kalau adonan kering pas di tioisin pake gilingan mie malahan akan terputus-putus jd tambahkan air lagi.. nah kalau mau renyah boleh gak pake telur atau pake putih telur saja biar kriuk2 hasilnya bener

    ReplyDelete
  16. Bunda, tahan berapa lama pastel ini untuk dijual. Sebaiknya abon merk apa yang enak tapi murah.

    ReplyDelete
  17. Bunda mau tanya td aku kan juga bikin pastel kering ya tp koq hasilnya keras ya apa td saya uleni itu ya trus airnya saya pake air biasa bukan air es apa pengaruh ya bun caranya empuk prul itu gimana ya makasih bun

    ReplyDelete
  18. Bunda mau tanya td aku kan juga bikin pastel kering ya tp koq hasilnya keras ya apa td saya uleni itu ya trus airnya saya pake air biasa bukan air es apa pengaruh ya bun caranya empuk prul itu gimana ya makasih bun

    ReplyDelete