Monday, October 28, 2013

Keripik Paru



Olahan paru yang aku bisa makan hanya keripik paru. Jika di masak..suami aja yang suka...Yodha juga nggak suka. Akhirnya kemaren pas punya paru aku coba bikin keripik renyah aja..kayak kalau beli gitu...akhirnyaYodha mau makan paru. Keripik paru memang gurih dan enak rasanya. Alhamdulillah punya alternatif lain lauk kering untuk Yodha.

Keripik paru ini merupakan salah satu cemilan cukup mahal ya teman2. Daerah yang banyak produksi keripik paru ini adalah Salatiga..dan harganya bisa 80 ribu ya perkilo..dari supplier..kalau udah di toko oleh2..mahal lagi dech. jadi..jika suka keripik paru..lebih baik bikin sendiri dech..lebih hemat. membuatnya tidak susah kok..asal di goreng di minyak panas..dan di iris tipis2..bisa bener2 renyah..kayak kalau beli keripiknya.

Agar lebih mudah di iris tipis2..paru yang sudah di rebus, di simpan dulu di freezer selama 1 jam, sehingga parunya agak mengeras..dan mudah di potong tipis2. Biar tepung lapisannya empuk..aku tambahkan telur..tapi jika ingin lapisannya suka yang keras kayak kalau beli..tidak  perlu pakai telur. Kemaren aku punyanya paru yang  agak kecil ukurannya..jadi nggak bisa di potong2 melebar..jadi aku otong kecil2 aja keripiknya. Kalau rasa sich..nggak kalah lho..sama keripik paru yang di jual2 gitu. hasilnya empuk..renyah  dan gurih. Selamat mencoba ya teman2..jika suka keripik paru..^_^
Resep Keripik Paru Renyah

Bahan :
500 gram paru
175 gram tepung terigu protein rendah
25 gram tepung tapioka / sagu
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Telur 1 butir
200 ml air ( secukupnya )

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Rebus paru dengan sedikit garam dan daun salam sampai empuk
Simpan di freezer selama 1 jam, potong2 tipis
Aduk rata semua bahan tepung pencelup dan bumbu halus, serta bumbu2 lain.
Celupkan potongan paru ke adonan pencelup, lalau goreng di minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Simpan di toples jika sudah dingin.
Tips : untuk menggoreng keripik paru..gunakan minyak yag agak banyak..agar keripik paru bisa matang sempurna dan renyah hasilnya.

3 comments :

  1. kemarin dapet paru aku bingung mbak mau diapain, gak bisa masak jadi aku kasih mamaku aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suka bisa di ungkep bumbu bacem juga Mak Lidya.enak..kayak babat iso gitu..:)

      Delete
  2. Wah pengen coba bikin mbak, ak suka bgt keripik paru. Thx ya resepnya. Oh ya, kalau keripik usus ayam resepnya gmn ya?

    ReplyDelete