Tuesday, October 29, 2013

Sambel Pencit ( Mangga Muda )


Udah lama penasaran bikin sambal mangga yang enak. Dulu pernah di kasih temen..sambel mangga..tapi masih terasa asam banget gitu, jadi kurang suka. Nah..beberapa waktu lalu makan sambal mangga yang enak di salah satu resto bebek..akhirnya..jadi pengen coba sendiri bikin sambel mangga yang enak. Akhirnya Minggu kemaren ke lapangan tenis milik Eyangnya Yodha..yang banyak kebun mangganya di sekitar lapangannya dan lagi banyak buahnya. Eh..tapi ternyata telat..udah banyak yang di *tebasin* ( di jual ke tengkulak ketika masih muda di pohon..)..Untung masih ada beberapa mangga harum manis mengkalnya di pohon..jadi bisa minta dech. Mangga muda yang enak di buat sambel mangga adalah mangga harum manis kayak gini..karena ada rasa asam segar ketika masih mengkal.Wah..jadi inget pohon mangga harum manisku di samping rumah..dulu kalau musim gini..buahnya lebat banget..sayangnya udah di tebang dech..sekarang baru nyesel..beli mangga aja mahal..hihi.



Sambel pencit ini paling enak di makan sama ikan bakar...atau ikan goreng. Pas dech..kemaren punya stok ikan di frezer..jadi dech nyambel mangganya. Rasanya..enak banget ternyata kalau bikin sendiri. Rasanya pedes..seger asem..dan menggugah selera makan. Di jamin kemecer dech teman2..hihi. Kuncinya bikin sambel mangga muda yang enak..ternyata dalah perbandingan gula dan garamnya musti pas..jadi musti di tambah2 sesuai selera..jumlah gula dan garamnya..sampai ketemu rasa yang pas..dan hasilnya mangga mudanya jadi nggak asem banget..tapi seger aja dan enak banget. Jadi dech sepiring nasi habis..hihi..untung udah nggak diet lagi..^^
Sambel Pencit ( mangga muda ) ala DD

Bahan :
1/2 buah mangga muda harum manis, iris tipis kecil2 / korek api
8 buah cabe rawit merah ( sesuai selera )
1 sendok teh terasi, bakar
1 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam ( di kira2 / sesuaikan selera aja )
1 sendok makan gula pasir ( sesuaikan selera aja ya..bisa di kurang atau di tambahin sesuai selera )
Minyak panas 1 sendok makan

Cara Membuat :
Ulek cabe dan bawang serta terasi dan garam, masukkan minyak panas secukupnya agar tidak langu sambalnya. Masukkan gula pasir, ulek agar larut, lalau masukkan mangga muda sambil sedikit di bejek , aduk rata. Cicipin rasanya..sampai perbandingan garam dan gulanya pas. Sajikan dengan ikan bakar atau goreng.

14 comments :

  1. Wooowww......baru liat judulnya aja udah kemecer mbak Diah hehehe.....enak ini mbak seger aku suka banget ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Luis..tadi sambil nulis postingan juga masih kemecer..hihi..padahal masaknya kemaren..emang seger bgt ya Mba..:)

      Delete
  2. pas banget sekarang lagi musim mangga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..cuma musti pakai yang masih muda Mak..susah nyari di pasar..:)

      Delete
  3. Wah di Indramayu lagi musim mangga mbak.. ini di sebelah rumah ku lagi melimpah ruah mangganya bergelayutan..hihi.. kemaren aku buat rujak serut mangga muda mbak.. suegeeerr tenan di siang bolong indramayu yang puanaass... hehehe.. oia mbak kalo terasinya di skip terus gulanya di ganti gula jawa pripun mbak? soalnya aku agak kurang hobby sama terasi.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm..kalau tanpa terasi..ntar jadinya cuma kayak rujak Mba Laika...hihi..ya kayak rujak serut itu ntar rasanya Mba..klu pakai gula jawa..:)

      Delete
  4. gleekk *nelen ludah saking ngilernya* hehe.

    udah lama ga kunjungan ke blog Mbak Diah.

    Kapan ya bisa masuk dapur lagi? pengen nyobain resepnya Mbak Diah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Novia..iya..pa kabar nich..pasti lagi sibuk ya di kantor ya...ayukk..bikin pas libur Mak..:D

      Delete
  5. ngiler beneran ini mah mbakyu....

    dulu ibuku pernah bikin, tapi dikasih campuran ikan teri asin tuh mba... hmmm.... maknyozzz///...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt Mba Lina..kayaknya enak ya di kasih campuran teri asin..di goreng dulu ya Mba terinya..ntar tak cobanya..hihi..masih ada mangga mudanya di kebun mertua..:)

      Delete
    2. Mbak Di, itu sambel mangganya bikin nyeces beneran, tiba2 ngidam sambel mangga :P

      Mbak Laika: kalo di Pontianak, kebanyakan orang melayu disana biasanya bikin sambel mangga gak pake terasi mbak, diganti dengan udang rebon kering , atau ebi kering, atau teri medan mbak. Rasanya jd gak terlalu medok terasi dan masih ada tekstur udang/teri yang digerus kasar. Tetap enak koq :D

      Delete
    3. Hihi..ayukk bikin Mba Amel..mumpung musim mangga nich..:)

      Wah..itu dapet saran bagus dari Mba Amel ..Mba Laika..jadi ternyata bisa pakai rebon..iya ya..gurih juga kayaknya..kan terasi juga dari rebon asalnya ya Mba..:)

      Delete
  6. Mba aku mau bikin sambal udang goring manga..cuma bingung apa harus nunggu manga nya matang dan warna nya kekuningan dulu?? soalnya waktu itu aku beli manga muda wah masih keras dan asem bangettt mba..akhirnya malah ga kepake buat masak krn masih keras dan asam nya itu lho ga tahan heheh. Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak yag kemampo itu lho Mba..udah mau matang, tapi masih keras..kalau buat sambal goreng udang..tapi kalau buat sambal pencit ya enak yang masih muda..ada asem2 segernya..nanti di kombinasi garam dan gula yang pas..asemnya berkurang byk kok Mba..:)

      Delete