Monday, October 28, 2013

Cetakan Cendol



Tadi pagi aku ke TBK langganan deket rumah..biasa buat beli persediaan bahan2 kue di rumah..walau cuma sekedar tepung margarin dll..musti ada di rumah..jadi sewaktu2 mau bikin sesuatu udah ada bahan. Eh pas lagi iseng liat2 *penghuni baru*..di toko..alias barang2 baru..mataku tertuju pada cetakan cendol dari plastik. Wah..ini dia yang ku cari2..karena cetakan cendol ku yang lama..tertimbun di gudang..hihi..males bongkar2. Akhirnya aku tanya ke mas penjaganya..apa bener ini cetakan cendol..ternyata bener..dan belinya udah satu paket sama tepung cendol instan merk tertentu. Aku nggak tertarik sich..sama tepung cendolnya..dari dulu udah sering liat..cuma karena ini di jual jadi satu paket sama cetakan cendolnya..ya tetep..aku beli..^_^

Harga cetakan cendol ini lumayan murah kok..cuma 21 ribu plus satu bungkus tepung cendol instannya. Aku dulu...beli online dari alumunium sekitar 25 ribu..plus masih ketambahan ongkir..jadi lebih mahal. Seneng dech nemu alat cetakan cendol lagi..secara aku suka banget bikin cendol atau dawet. Dawet apa aja..suka..dari tepung beras..tepung tapioka..dll. tapi paling enak memang yang terbuat dari tepung beras. Nah..tadi langsung dech uji coba..sekalian memanfaatkan paketan tepung cendol instannya..dan juga nyoba..enak atau nggak. Setelah aku coba..oke sich..tekturenya, bisa jadi bagus cendolnya..cuma rasanya agak aneh..karena terlalu banyak frambozen nya..aromanya terlalu kuat..jadi malah aneh menurutku. cendol..dawet..lebih enak plain saja..atau minimal aroma pandan..itu lebih oke dan alami. Jadi..menurutku ini tepung cendol kurang oke rasanya. Tapi nggak apa2 dech..kan niatnya juga beli cetekan cendolnya aja..hihi.

Cara memakai cetakan cendol ini cukup mudah, adonan dawet atau cendol yang sudah di masak dan kental..tinggal kita masukkan ke wadah yang berlubang2..kemudian kita dorong sampai adonan dawet atau cendol keluar..panjangnya bisa di sesuaikan selera, lalu kita goyang2kan supaya jatuh dan hasilnya kita tampung di air es..supaya cendolnya mengeras. Siap dech cendolnya buat di bikin es cendol atau es campur lain. Besok mau bikin cendol dari hungkwe dll...mumpung udara masih panas..^^



15 comments :

  1. tbk nya namanya apa mbak ?
    masih miskasari kah mbak ? *penasaran sama cetakannya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..dulu Miskasari..skrg ganti nama jadi Kabhita Mba Dwee..di Kanfer..deket rumahku..:)

      Delete
    2. Tahu perempatan Kanfer raya yang ada masjid besarnya nggak Mba Mutiara..itu..cuma lurus dikit udah sampai Kabhita 1..yang lebih banyak aneka cetakan..plastik..dll...terus lurus lagi sedikit deket Gereja..itu Kabhita 2 yang bahan2 kuenya lebih komplet..:)

      Delete
  2. Waaah.. baru tau mba kalo ada cetakan cendol dari plastik, sering lihat dr aluminium.. pingin punya jg nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Zulfa..punyaku dulu ya dari alumunium..yang lama. Hasilnya sama aja kok Mba..bagus juga buat cetak cendol yang dari plastik ini.malah lebih besar..cepat jadinya bikin cendol..hihi

      Delete
  3. makin simpel ya mbk..lama g maen kesini hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Hanna..jadi lebih mudah bikin cendol..:)

      Delete
  4. Salam kenal mbak diah, seneng deh jln2 ke blog ini resepnya simple n fotonya cantik2. Aku jg suka sm dawet jadi ditunggu yaa mbak resep2 dawet yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..slm kenal juga yach..mksh udah sering mampir..iya..nanti di update dech resep aneka cendol..yang udah ada di blog ini..dawet ireng sama pandan mba.udah ku posting..:)

      Delete
  5. Wuuuiihh..br tau ada cetakan cendol dr plastik...kyknya lbh bagus ya mb dr yg alumunium, punyaku dl dr alumunium bru dipake sekali udah sompal pegangannya....x_x dijual dong mb, biar aku ato temen laen yg pengen bs beli....hehe....#setia#bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mba..produk baru kayaknya nich..coba cari di TBK mba..jadi satu sama tepung dawet biasanya..:)..

      Delete
  6. siaaapppp....suwun ya mb

    ReplyDelete
  7. Mau nanya nih mb, aku nyoba yang hadiahnya tep sruut emang agak kenyal, belum nyoba yang ini. terus ada yang habis dimasak tepungnya tidak ditaruh di air dingin tp d air panas, kalau ak nyebutnya bubur pecak tapi orang2 ktnya dawet. kira2 nanti hasilnya lebih kenyal yg di air dingin apa di air panas ya ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau air dingin kan langsung menggumpal Mba Jenny..jadi terbentuk cendolnya..:)

      Delete