Tuesday, October 1, 2013

Peyek Bayam


Peyek bayam  atau keripik bayam....memang terbuat dari bayam..hihi. Enak lho teman2..sudah pernah buat belum?. Bayam yang di pakai bayam yang lebar2 dan agak tebal2 ya daunnya. Kalau di Jawa tengah..bayam seperti ini di sebut bayam untuk gudangan. Jangan pakai bayam yang daunnya kecil2 ya..atau bayam sayur..ntar lama kering pas nggorengnya.

Peyek bayam yang ku buat ini rasanya renyah tapi empuk..nggak keras kayak kalau beli..karena aku pakai adonan kayak peyek biasa yang  sering aku bikin..yang pakai kuning telur. Menggoreng peyek bayam ini juga nggak perlu lama2 kok..cepat keringnya..cuma memang minyaknya musti banyak ya..jadi cepat matangnya. Peyek bayam ini masih nggak banyak yang jual lho teman..ada biasanya di toko oleh2 gitu ya..dan lumayan mahal juga lho harganya...jadi siapa tahu bisa jadi ide usaha gitu buat teman2 yang mau punya usaha rumahan cemilan. Selamat mencoba.
Peyek Bayam

Bahan :
250 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa
1 buah kuning telur
150 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
1 sendok teh kaldu bubuk / garam secukupnya

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
1 cm kencur
1/2 sendok teh ketumbar
Cara Membuat :
Campur bumbu halus dan semua bahan lain, aduk rata hingga licin.
Celup daun bayam ke adonan pencelup sambil di angkat supaya agak tiris lapisan celupannya..lalu di goreng di minyak banyak dan panas hingga renyah. Tiriskan minyaknya..dan simpan di toples..jika sudah dingin.


  • Daun bayam yang enak di buat keripik adalah daun bayam yang lebar2 kayak gini.

20 comments :

  1. jadi inget jaman SD dulu, kalo hari Minggu kan pada ngumpul ama teman2 sekitar rumah, sering banget nyari bayam liar di pinggir sawah dan empang pak Haji (hihi...) terus dibikin keripik bayam ini mba, tepung berasnya dadak ngulek dari beras hasil patungan, kengelan pisan, tapi kok ya hepi aja gitu...
    oooh.. indahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...seru ya Mba..masa kecil kita emang..aku juga ngalamin kok kayak gitu..cari apa yang bisa di makan di kebun..misal jamur..dll..terus di buat masak masak an sama teman2..:) Eh iya..bayam liar kan juga gede2 dan lebar2 ya daunnya..skrg wis..apa2 tggl beli di pasar bahan2 gt..ndak usah nyari di kebon lagi..tepung juga ndak perlu ngulek2 lagi ya Mba..hihi

      Delete
    2. bener mba... sweet moments banget lah pokoke... gak mungkin terulang... Hehehe... ^^

      Delete
    3. Hihi..iya Mba..anak2 kita udah nggak ngalamin kayak gt lagi ya..:)

      Delete
  2. Enak nich mba.... murah meriah dan patut di coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba ZUlfa..ayukk bikin sdr..mudah kok,..beneran mur mer ini..klu beli di toko oleh2 itu kan rada mahal yach..hihi

      Delete
  3. mba, keripiknya bikin ngiler neh.., mau donk..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bunda..ayoook ambil..hihi..*sodorin setoples..*

      Delete
  4. kalau aku menyebutnya bayam goreng tepung :) Pascal suka banget nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama ja Mba..hihi..enak emang ya..wah..bagus tuch..klu anak2 suka..jadi kayak makan sayur tapi enak gt ya Mba..

      Delete
  5. langsung meluncur ke warung sayur

    *ini keripik favorit suami tapi saya nggak tau resepnya mbak :D"

    Mksh ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba ..silahkan di coba..murah meriah..tapi enak ini..:)

      Delete
  6. Wah kesenangan saya Mbak Diah. Biasanya beli 10 bungkus @1.000;-

    Sekali makan 5 bungkus. Enak sih di tempat saya beli, bumbu peyeknya terasa, renyah dan empuk.

    Pengen sekali-kali bikin sendiri. Terima kasih resepnya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,murah banget ya Mba Devy...seberapa itu Mba isinya sebungkus...hihi..kalau di sini mahal..soalnya adanya cuma di toko oleh2 aja..:)

      Delete
  7. mbak diah enak banget kripik bayem nya.hihihihi.jd pingin coba bikin lagi.soalnya dulu aku pernah buat kripik bayam tapi kok minyak nya banyak banget ngga luntur2 ya.itu kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Mungkin adonan tepungnya terlalu cair kali Mba..jadi nyerap minyak keripiknya..klu aku bikin..nggak berminyak itu setelah di tiriskan..kayak rempeyek biasa gt..:)..cobain dech mba..:)

    ReplyDelete
  9. Jadi inget jamannya masih sd dulu mbak, suka nyari bayam disamping-samping rumah kalo hari minggu dibuat keripik gini. ngangenin deh.... -ummu habiba-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ummu..memang paling enak peyek bayem ini..pakai bayem lebar2..bayam liar jaman dulu yang suka numbuh di halaman ya..hihi

      Delete
  10. Q dah bikin mb, Alhamdulillah org2 pd suka, gurih renyah. Cm piye y mb kq bikinanq minyaknya banyak banget..itu kekurangannya. Apa mesti dioven.biar tiris? Makasih :)

    ReplyDelete
  11. Mb Didi, kalau goreng pake minyak beku apa bisa? Biar ngga kotos2 gt minyake ��

    ReplyDelete