Saturday, October 5, 2013

Bakso Kampung Ala Yogya


Malam..happy weekend teman2..^_^. Wah..baru sempat online nich teman2..seharian sibuk muter..ke sana kemari..hihi. Biasa ..kalau keluyuran pas weekend..karena minggu kemaren..suami lagi drop..jadi nggak sempat jalan2..jadi..Minggu ini gantinya.Walaupun sebelum jalan2..muter dulu ikut suami kerja..hihi. Di samping kerja kantoran suami juga banyak kerjaan luar..di Kadin DIY..membina ukm ( usaha kecil )..dll..jadi Sabtu Minggu kadang masih sempat kerja dech..jadi ikut aja..sekalian liat liat dan belajar juga..bisnis ukm macam2..kayak tadi kita ke tempat usaha re packing aneka snack yang lumayan besar dan sukses di Semarang...nanti aku ulas di postingan lain dech..produk2nya. Selain itu juga ke tempat usaha orang asing yang ada di Semarang temen suami juga..jadi sekalian ngajarin Yodha berinteraksi dengan orang asing..hihi. Dari kecil emang Yodha udah sering ikut kerja..gitu kalau weekend..jadi buat dia sich asyik2 aja..nggak rewel..kadang malah usilnya yang kumat..walau ke pabrik2 gitu ya enjoy aja dia..kayak jalan2. Yapp..semoga bisa memberi pembelajaran juga dari kecil..biar tahu kerjaan papinya..dan tertanam di hatinya..agar mau kerja keras dan tekun kayak papinya..amin2. Walau ujung2nya..nagih juga ke Mall sich..hihi..akhirnya baru sampai rumah magrib dech.

Jadi hari ini..aku posting resep yang super simple aja ya teman2..hasil masakan kemaren sich..yang belum sempat di posting. Kemaren lagi pengen bikin bakso ala kampung khas Yogya gitu. Baksonya sich beli jadi..hihi..tapi..kuahnya aja yang buat sendiri. Oh ya..bakso khas Yogya ini..versi bakso kampung ..ciri khasnya yaitu pakai tahu pong..itu lho..tahu goreng kering yang dalamnya kopong. Enak lho teman2..bakso pakai ini..hihi. Memang ya...walaupun sama2 bakso..tiap daerah punya ciri khas tertentu ya teman2. Untuk kuah baksonya lebih enak..kalau pakai kaldu dari tulang sapi sich..cuma kemaren lagi nggak punya..jadi pakai kaldu instan khusus bakso..enak juga. Ada beberapa merk kaldu khusus bakso ini yang bisa di beli di supermarket teman2..jika lagi pengen bakso dan nggak ada stock kaldu tulang asli..lumayan juga dech..asal dikit aja pakainya ..udah bau2..bakso asli kok..hihi. Tapi jika ada lebih baik merebus sendiri tulang sengkel atau  kaki sapi tuch..dengan api kecil..sampai keluar kaldunya..lebih enak lagi. Oke..ini dia resep bakso praktis ala aku ya..bakso kampung....^_^..
Bakso Kampung Ala Yogya
( untuk 3 porsi )

Bahan :
Bakso sapi siap pakai secukupnya
Mie kuning 100 gram , rebus hingga matang , tapi jangan terlalu empuk ya
Kaldu tulang sengkel / tulang kaki sapi 800 ml ( aku pakai air dan kaldu bakso instan )
Daun seledri dan bawang goreng secukupnya untuk taburan
Tahu pong 4 buah, iris tipis2
Daun caisim 6 lembar, potong2

Bumbu Kuah Bakso :
3 siung bawang putih, goreng, lalu geprek atau tumbuk kasar.
Garam 1 sendok teh ( secukupnya )
Gula Pasir 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Kecap dan saos secukupnya

Cara Membuat :
Rebus kaldu dan bumbu2 kuah bakso sampai mendidih dan rebus terus hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Susun mie, bakso, tahu pong dan pelengkap lain di mangkuk. Tuangi kuah bakso, sajikan dengan sambal , kecap dan saus jika suka.
  • Kalau yang ini punya Yodha..nggak mau pakai tahu pong..dan di kasih kecap byk2..hihi

14 comments :

  1. Mbak diah, dibahan baksonya pakai bakso pong ato tahu pong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu pong Mba..di campur di kuah baksonya...baksonya bakso sapi..beli jadi..hihi

      Delete
    2. mb Diah salah tulis tu di bahannya, harusnya tahu pong tapi ditulis bakso pong, hehehe....
      -ida-.

      Delete
    3. Hihi..oh iya..salah tulis berarti aku ya...ngatuk kali Mba..:)

      Delete
  2. Di Solo biasanya bakso yang ider yang pake tahu pong gini. Tapi kadang nggak kebeneran rasanya alias anyep tahu pongnya, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..emang tahu pongnya anyep..tapi pas di campur kuah bakso nich..kan nyerap bumbu baksonya nich..jadi enak gt..hihi..

      Delete
  3. wuhaaa... gak ada matinya yang namanya bakso, coba deh mak bakso kikil. Mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..ada juga ya Mba Sari..bakso kikil..penasaran...klu di Semarang kuah baksonya pakai tetelan dan babat iso Mba..aneh juga kan...hihi

      Delete
  4. penasaran juga niy sama baso-nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso kampung ini Mas..enak tapi..:)

      Delete
  5. Mbak, kalo kaldu bakso instan biasanya merek apa ya?

    ReplyDelete
  6. Mbak, kalo kaldu bakso instan biasanya merek apa ya?

    ReplyDelete