Friday, October 25, 2013

Sumpia Udang



Sumpia udang..atau sumpia isi abon  udang kering ( ebi ) adalah snack kering favoritku dari kecil. Rasanya enak sekali ..gurih..renyah..agak manis isinya dan aroma abon ebinya yang gurih selalu menggoda buat di habisin setoples..hihi. Tapi akhir2 ini kalau aku beli sumpia ebi kok beda ya rasanya..dari yang sering aku makan dulu..kadang ada yang isinya kurang enak..atau kulitnya yang keras. Aslinya sumpia ini menggunakan kulit lumpia ya..jadi rasanya renyah..empuk dan kres2 gitu...cuma sekarang kayaknya kebanyakan yang di jual itu bukan dari kulit lumpia..tapi dari adonan terigu biasa yang di tipiskan kayak kulit pangsit gitu. 

Kemaren terakhir makan sumpia udang dari teman suami..aduch rasanya keras banget..*kemlothak* gitu bahasa Jawanya..hihi..makan 1 biji aja kayaknya butuh perjuangan banget untuk mengunyahnya..akhirnya aku jadi penasaran dan pengen mengutak atik sendiri resep sumpia udang yang bukan dari kulit lumpia..tapi dari adonan tepung supay ahasilnya bisa tetep empuk dan renyah. Aku pakai adonan kulit..kayak kulit pangsit yang biasa aku bikin..dan hasilnya..lebih enak..dan lebih empuk..tapi tetep renyah. Isinya juga bikin sendiri abon ebinya..jadi benar2 sesuai seleraku dech rasanya..enak.Cuma kalau bikinnya aja yang nak nik..mesti telaten melipat sumpia karena bentuknya kecil2. Lebih cepat makannya daripada bikinnya..hihi. tapi..paling tidak mengobati rasa kecewa karena beberapa kali beli sumpia kok kurang sesuai seleraku. Mau coba teman..yukk silahkan..jika telaten bikin ya..jika mau praktis..pakai kulit lumpia siap pakai aja yang di potong2 kecil..itu juga enak..^_^
Bahan Kulit :
200 gram tepung terigu protein sedang
100 ml air panas
1/2 sendok teh garam
30 ml putih telur

Cara membuat :
Campur semua bahan  hingga menggumpal , tipiskan beberaa kali di gilingan mie sampai ketebalan paling tipis sesuai ukuran gilingan mienya. ( hasilnya kayak kulit pangsit )
Bahan abon ebi :
100 gram ebi, rendam air panas sampai mengembang, lalu tirikan dan haluskan.
Garam sedikit
2 sendok makan gula pasir
Haluskan :
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/8 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, tambahakn sedikit air, ebi halkus dan bumbu2 lain. Aduk rata dan masak hingga kering. Sisihkan.

Penyelesain :
Potong2 adonan kulit 4 X 4 cm, lalu isi dengan sedikit abon ebi, lalu lipat bentuk seperti lumpia kecil2. 
Goreng di minyak panas hingga renyah dan kecoklatan.
Simpan di toples ketika sudah dingin.




10 comments :

  1. kalau gak punya gilingan mienya bisa tipis juga gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mak Lidya...asal pakai rolling pin..tapi harus telaten ya..:)..lebih enak pakai gilingan mie :)

      Delete
  2. cara bikinnya tak sesulit di bayanganku kyknya mb abis baca resep ini..cm ngebayangin gilingnya aja sih hehe..kl adonan kulitnya gak tipis jadinya atos gak ya mb ?.eh keras mksdku..soalnya gk punya gilingan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Enny..emang nggak sulit kok..cuma harus telaten aja melipatnya..kecil2 soalnya..
      Asal adonan di gilas pakai rolling pin sampai setipis kulit pangsit itu nggak keras kok Mak..:)

      Delete
  3. Hemmm..., suka nih Mbak sama Sumpia Udang. Terima kasih resepnya ya...

    Sehari enggak mampir ke dapur Mbak Diah, pasti ada yang kurang. Seringnya ngintipnya dari HP. Kalau dari PC, waaah lebih bikin ngiler lagi. Hi hi...,
    Happy weekend Mbak Diah.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Devy...sama2..hihi..manteb klu dari PC ya Mba..aku malah jarang online pakai hp..hihi..kurang mantep gt..:)

      Delete
  4. Kayaknya harus telaten bikin kulitnya ya
    Kalo pake kulit pangsit yg sdh jadi bisa gak ya mbak? *edisi praktis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba Esti..pakai kulit lumpia juga bisa Mba..di potong2 kecil..:)

      Delete
  5. Duh.. Telatennya mbak diah :D
    saya juga suka sumpia ebi tp bener kayak yg mbak bilang, sekarang kebanyakan sumpianya keras :(
    Bikinnya gak susah tp rada ribet pas ngegulungnya nih.. Minta sama mbak diah setoples aja deh. Hihi..

    ReplyDelete
  6. Hihi..iya Mba Ayu..kmrn penasaran aja..kok pada keras gt sumpia yang di jual di supermarket dll..akhirnya pgn bikin sdr..lama bikinnya drpd makannya Mba..beneran..suami pulang..langsung dech habis..kosong toplesnya...:D

    ReplyDelete