Thursday, November 28, 2013

Sambal Terasi Matang



Kemaren dapat email dari Mba Ditta..minta resep sambal. kayaknya sich aku udah sering posting macam2 sambal sebenernya..tapi nggak pa2 sich..kemaren pas goreng ikan..jadi bikin sambal terasi matang...jadi sekalian di posting..mudah2 an sambal terasi ini yang di cari ya Mba Ditta...^^

Sambal terasi matang ini..citarasanya sedikit manis...tapi ya bisa di sesuaikan selera lah ya manisnya..aku juga kurang suka..kalau yang terlalu manis..kayak di sambel Bandeng presto Semarangan itu..suka kemanisan. Kalau di Jawa Tengah sambel matang seperti ini di sebut juga sambal tomat..paling enak nich..di makan pake ayam goreng..bandeng presto..ikan goreng..buat makan sayur sop kampung..atau sayur gurih nggak pedas lain..misalnya opor, gudeg dll. Sambal ini versi matang semua bahan2nya. Bahan2nya juga di goreng dulu, baru di ulek, kemudian di tumis kembali hingga benar2 matang. Jadinya sambal ini awet dech..nggak mudah basi..apalagi jika di simpan di kulkas..bisa lebih awet lagi. jadi..bisa di buat sekalian banyak..tinggal di panasin sebentar dech kalau mau makan. 

Bikin sambal itu sebenernya nggak susah lho..cuma..memang harus pas aja takaran garam dan gulanya..jadi..kalau bikin sambal..di colek aja dulu rasanya..udah pas atau belum sebelum di sajikan..takaran garam dan gulanya. Jadi..bisa di tambahin sesuai selera. Biar lebih mantap..kualitas terasi juga pengaruh..untuk membuat sambal terasi begini. Tingkat kepedasan juga bisa di sesuaikan selara..mau pedas banget..banyakin aja cabe rawit merahnya..mau nggak pedes banget..pakai aja cabe merah semua.
Sambal Terasi Matang

Bahan :
8 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
6 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat merah
1 sendok teh terasi
1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )

Cara membuat :
Goreng semua cabe, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi.
Haluskan semua bahan sambal, tambahkan gula dan garam, koreksi rasa. Jika sudah pas rasanya..tumis kembali sambal dengan minyak hingga matang. Sajikan dengan ayam goreng, ikan goreng dll...serta lalapan jika suka.
Simpan di toples kaca dan tutup rapat, lalu simpan di kulkas..kalau mau buat persediaan.

18 comments :

  1. Mbak, aku baru nemu blognya kemarin, hehehe.. Telat banget yah :( Habis sekarang back at home lagi dan mau masak-masak lagi ^^

    Eniwei, aku suka foto-foto masakannya. Boleh tau itu difoto sendiri kah? Pakai kamera DLSR yah? Aduh, maaf kalo oot, tapi beneran penasaran karena dari foto turun ke perut mbak, hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..Unda..mksh udah mau nyasar ke sini yach..hihi..
      Iya Mba...di foto sendiri..masih amatir sich..tapi alhamdulillah iya..di bantu pakai kamera DSLR..^^

      Delete
  2. Mbak Diah, ini akan segera dipraktekkan nih resepnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Anita..semoga cocok ya..sambelnya..^^

      Delete
  3. saya sukaa banget sama asambel trasi mbk,wong jowo tenanan iki hehe..tapi belum pernah pake gula merah,tiap ke pasar lupa mulu jd pake gulput hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kalau Jawa sejati..masakan apapun kudu pake gula merah Mak Hanna..:D

      Delete
  4. Saya juga ngefans bgt sama sambel terasi :D

    ReplyDelete
  5. hhhmm... sedappp... , kapan2 dipraktekkan.., makasih resepnya...

    ReplyDelete
  6. makan pakai sambel bikin semagat makannya mbak :) kemarin aku masak ayam pakai sambal terasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..ayam goreng kurang mak yuss tanpa sambal..hihi

      Delete
  7. sama kaya sambel yg biasa aku bikin mba..hehhee enyak enyakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Siti..sambal terasi is the best..ya..:)

      Delete
  8. mbak...giling cabenya..kl pakai blender..rsnya berubah gak?atau hrs pakai tangan ya?pengen hlus kyk gt cabenya..tp kl pakai tangan sk msh kasar sambalnya (gak pandai menggiling)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik di ulek Mba Ciwi..kalau di blender kan musti pakai air ya..nanti beda rasanya..kurang sedep..:) Di uleknya satu persatu cabenya.pasti dech bisa halus..ayuk di coba dulu..semangat menggiling cabe ya..pakai ulekan..:)

      Delete
  9. Hari ini masak ini juga mba deee cantik makasih resepnya..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..cucok ya Mba..sambel ini sama sayur gurih...enyakkk..:)

      Delete