Monday, November 4, 2013

Nasi Bakmoi Ayam


Nasi bakmoi..adalah salah satu menu peranakan. Aslinya katanya memakai daging daging *piggy*..cuma sekarang sudah banyak di adaptasi memakai daging ayam. Aku pertama makan nasi bakmoi dulu di Yogya..dan pakai ayam..jadi taunya ya bakmoi ayam..hihi. Rasa nasi bakmoi ini enak..seger .dan enteng aja..gurih ringan ..kayak sup bening gitu. Tapi begitu di padu sama tumisan ayam dan tahu ..rasanya jadi tambah enak dan kaya rasa. Nasi bakmoi ini.cocok buat menu anak2 teman2. Kemaren aku buat..dan Yodha suka.

Cara membuatnya juga mudah saja..karena bumbu2nya minimalis..cuma memang ada beberapa tahap yang harus di lakukan...yaitu bikin tumisan ayam dan tahu..bikin gorengan udang dan juga bikin kuahnya. Tapi..beneran..enak kok..jadi nggak masalah dech..ribet dikit. Ada juga sich yang nggak pake gorengan udang untuk nasi bakmoi..cuma pakai tumisan tahu dan ayam saja, tapi aku lebih suka yang pakai goreng udang..karena rasanya pas sekali untuk taburan nasi bakmoi ini..rasanya semakin gurih. Nah..yang akau buat kemaren versi yang komplit..pakai telur juga, yang di campur di tumisan ayamnya. Jika mau telur bisa juga di masak terpisah..di pindang.tapi tambah lagi ribetnya kan..jadi lebih praktis di masak bareng tumisan..jadi rasanya juga berbumbu kayak pindang juga kan..^^

Selamat mencoba teman2..jika mau mencicipi nasi bakmoi ya..^^
Nasi Bakmoi Ayam Komplet

Bahan Tumisan Ayam dan Tahu :
200 gram dada ayam rebus, dipotong kotak kecil
200 gram tahu , dipotong kotak kecil
2 butir telur rebus
Bumbu : 2 siung bawang putih, 2 butir bawang merah, 1/4 sendok teh merica butiran, haluskan semua bumbu.
1 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam ( secukupnya )
100 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan ayam, tahu, dan telur. Aduk rata. Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai meresap.
Bahan Gorengan Udang:
100 gram udang kupas, dihaluskan
50 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung sagu / tapioka
1 butir telur
1 sendok makan air es
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
Minyak untuk menggoreng

Gorengan udang: aduk rata udang, tepung terigu, tepung sagu, telur, air es, garam, dan merica bubuk. Masukan dalam kantung segitiga.
Semprot di atas minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan potong-potong dengan gunting 2 cm. Sisihkan.
Bahan Kuah:
1.000 ml air kaldu ayam
3 siung bawang putih utuh, digoreng, dimemarkan
2 cm jahe, memarkan
1 tangkai seledri, diikat
1 sendok teh kaldu ayam
Garam secukupnya
1/2 sendok teh merica bubuk
Cara Memasak :
Rebus air kaldu, bawang putih goreng, dan seledri sampai mendidih. Tambahkan kaldu ayam, garam, dan merica. Masak sampai mendidih.
Sajikan nasi dengan tumisan dan pelengkapnya.

Bahan pelengkap  :
Nasi putih
Bawang goreng
Sledri dan daun bawang cincang secukupnya
Sambal  kecap secukupnya

7 comments :

  1. Mbak, kalau saya suka menambahkan tong cai di tumisan ayam dan tahunya, lebih sedep rasanya, dan ada rasanya yg gimanaaaa gitu.. hehe.. tapi kalau suka ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya Mba Monica..oke..mksh tipsnya..smg bermanfaat ya buat teman2 lain..sayangnya..di pasar t4 ku nggak ada yang jual Mba..tong cai..sawi asin kering ini ya?..Jadi jarang pake aku..klu masak bak moi..kpn2 klu ketemu tak cobanya dech..:)

      Delete
  2. mantep iki mba....
    mba masih konsumsi beras merah gak? aku malaah belum mulai lagi nih... hehehe... susah deh membiasakannya... hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lina..seger..lho ini..:)

      Masih dong Mba..biarpun nggak diet ketat lagi..tapi tetep..aku makan beras merah..biar nggak berdosa bgt sama badan..jadi bisa makan tetep enak..pakai nasi..tapi kalorinya lumayan berkurang..besok tak fotoin yang selepan dua kali ya Mba..rasanya..sama kayak nasi putih kok..:)

      Delete
  3. Mbak Di,mamaci resep nasi bakmoi-nya yaaa.....pelanggan cateringku hari ini byk yg bilang suka dan sweeegeeerrr....hehehehe.....
    Intip2 lagi ahhh blog-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Dini ikut seneng dech dengernya..sukses terus ya,..kateringnya..:)

      Delete
  4. aku pernah mkan sekali mb,, tp trauma hehe...itu lo mb makan di es eny magelang,,cah ndeso ya...tak pikir bak moi itu apa..la dalah jbul tahu kuah kecap pikirku,,rasanya biasa jg,,jd dlu waktu mantenan mb aya ada menu ini ga pengen blass,,la tp liat postingan mb DD ini kok jd pengen hehehehe...---bunda chera

    ReplyDelete