Google Ad

Monday, November 18, 2013

Kaki Naga



Teman2..tau kan kaki naga..? Bukan kaki naga dalam arti sebenernya nya ya..tapi kaki naga nama makanan..hihi. Nggak tau juga kok di namakan kaki naga ya olahan ikan yang biasa di jual di kemasan gitu..tapi ya memang begitulah namanya..jadi pas aku bikin sendiri ini..ya ikut2 an aja di kasih nama kaki naga. Banyak merk dan kaki naga yang ada di asaran..biasanya dari bahan ikan. Namun ikan yang di pakai apakah benar2 ikan tenggiri atau ikan lain..kayak surimi..dll..nggak tau juga..jadi..lebih baik bikin sendiri di rumah. Cara membuat kaki sebenernya sama kayak bikin nugget ikan..cuma kalau kaki naga di lilitkan di stick dari bambu atau kayu..jadi bentuknya seperti pentul..atau sperti kaki naga ya...tapi masak kaki naga kaya pentul gini..kaki ayam kali ya..lebih mirip..hihi.

Jika ingin membuat kaki naga ini..paling enak memang memakai daging tenggiri ya teman2..namun jika tidak ada ..bis adi ganti juga dagig kakap jika suka. Supaya lebih gurih..boleh di tambah sedikit daging udang kupas.Kaki naga yang sudah di panir,  bisa langsung di goreng di minyak banyak dan terendam, agar matang sempurna sampai bagian dalam, namun jika akan di simpan sebagai lauk persediaan, lebih baik di kukus dulu sebentar, jadi sewaktu2 di butuhkan..tinggal di biarkan suhu ruang.lalau d goreng sebentar. Jadi bisa lebih awet di siman sebagai stock frozen food di freezer. Oh iya..stick bambu untuk kaki naga ini bisa memakai tusukan sate yang agak besar, kemudian di potong2 pendek..atau pakai aja stick ice cream..juga bisa. Selamat mencoba ..^^
Resep Kaki Naga Ikan Tenggiri

Bahan :
250 gram fillet ikan tenggiri, haluskan
50 gram udang kupas , haluskan
100 gram tepung sagu
50 gram tepung panir halus
2 butir putih telur
2 siung bawang putih, haluskan
2 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya

Bahan Pelapis :
putih telur 1- 2 butir,kocok lepas
Tepung panir orange khusus nugget secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata fillet ikan dan udang serta bawang putih halus, garam , gula, dan putih telur, aduk dan uleni hingga lembut. Masukkan tepung sagu dan tepung panir, aduk rata perlahan dan jangan di uleni lagi. Koreksi rasa, dengan menggoreng sedikit adonan. Jika sudah pas arasanya, ambil sedikit adonan , lalu lilitkan di stick bambu dan bentuk seperti pentul. Celupkan ke putih telur, dan gulingkan ke tepung panir. Kukus selama 15 - 20  menit di api sedang hingga matang. Dinginkan. Siap di kemas adan di simpan di freezer..atau bisa langsung di goreng dan di konsumsi.
Note : 
  • Jika susah membentuk adonan nya jadi pentul..olesi dulu tangan kita dengan minyak ya teman2..supaya lengket. Jadi lebih mudah membentuknya.
  • Jika mau rasanya sama gurih kayak kalau beli..boleh di tambah dengan kaldu bubuk..atau penyedap rasa sedikit..tapi nggak ku tulis di resepnya ya..serba salah kalau masalah itu....jika aku tulis...suka ada yang protes..kok pakai..kalau nggak di tulis..khusus untuk  resep2 menu ala *frozen food kemasan* gini..suka ada yang komen..nggak persis kalau beli..walaupun udah enak...hihi..ya memang rata2 kalau beli itu pakai penyedap olahan frozen foodnya..jadi..kembali ke selera masing2 saja yach..^^



22 comments :

  1. Menarik resepi kaki naga ni... pasti enak rasanya... teringin nk mencuba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sis Gee..selamat mencuba ya..pastinya lebih sehat dan enak..jika membuat sendiri di rumah ya..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya..beli lebih mudah ya Mak Lydia..tapi buat sdr lebih hemat lho..hihi

      Delete
  3. anak2 pasting doyan nih mknan kygni hhehe....mbak selain dgg ikan bisa dignti dgg ayam gak? thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ini salah satu menu fav Yodha..anakku..:)

      Bisa aja sich Mba..di ganti ayam..cuma..tekturenya jadi nggak bisa kenyal ya..karena yang bikin kenyal itu ya ikannya..:)

      Delete
  4. mba klo abis dibikin pentul terus di kukus baru di panir bisa ya?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba Wilda..cuma nanti bentuknya kurang mulus ya pentulnya..kalau di panir dulu kan jadi udah rapi dulu..karena terlapis tepung panir..:)

      Delete
  5. Waaaaaaaa ada resep kaki naga.. dulu abi sering banget beli yg frozen sm muridny yg jual olahan ikan tp msh priduksi kecil tp malah enaaaaak bgd loh mbak dr pd yg kemasan yg beredar d supermarket hihi gurihny tuh gak maksa.. masuk list lagi.. #zieListmuSudahBanyakTau hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya ZIe..kalau yang homemade kan ..bisa di atur ya..mau segurih gimana..sesuai selera...kalau mau lebih enak lagi..tinggal kurangi tepungnya..jadi lebih istimewa lagi..dan lebih berasa lagi ikannya..fleksibel kok..bikin olahan ikan gini..Zie..:)..tapi ini juga udah gurih kok..drpd beli di supermarket..:)

      Delete
  6. tepung sagunya bisa diganti tepung kanji ga mba ? soalnya pernah nanya ditoko roti , pelayannya malah bingung,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..di ganti tepung kanji / tapioka...:)

      Delete
  7. mbk klo ikan dan udang bsa dganti ebia aja gk sbg pngganti rasa ikannya?trtarik produksi kecil2 an dtitipin tetangga yg juAlan frozzen food.klo ikan kn jtuhnya mhal biaya produksiny.ato ada alternatif lain?mksh dtunggu jwabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang gurih ya mba..ganti ikan lain aja yang murah misal kakap gt..:)

      Delete
  8. Makasih resepnya mbak ..menu sehat untuk anak2 nih :) (fenny)

    ReplyDelete
  9. Halo mba diah salam kenal, ikannya bisa diganti ikan patin gak? Tepungnya bisa pakai terigu? Makasiih..

    ReplyDelete
  10. Hai Mbak Didi mau tanya kalo bahan pelapisnya, putih telur diganti dg terigu+air kira kira bisa ngga ya Mbak?
    Aku pengen nyoba bikin deh doain berhasil ya Mbak hehehe.
    Salam kenal,
    Arum

    ReplyDelete
  11. Bisa diganti ayam gag ya mbk..untuk ikannya

    ReplyDelete
  12. Abis dikikus..masih bagus ngak mbak panirnya..atau perlu dipanir lagi ?

    ReplyDelete
  13. mbak, ini bukanya dikukus dulu baru dipanirin ya harusnya? kayak nugget

    ReplyDelete
  14. Ide kreatif nih....bisa buat jualan.minta resepnya ya kak. Nyoba buat dlu 😁

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel