Saturday, November 9, 2013

Adaan Ayam


Kemaren sore..ponakan ke rumah..minta tolong di buatin sapo tahu dan empek2 adaan untuk acara gathering kantornya. Oke..no problem...kataku..pede aja..langsung ku sanggupin..karena kemaren aku liat tenggiri di pasar  ada banyak. Tapi ternyata tadi pagi pas aku ke pasar.. nggak ada satupun ikan tenggiri yang ku temui di penjual ikan..hihi..kepedean..udah nyanggupin bikin empek2 padahal.Ya sudah..daripada mengecewakan ponakan..aku nekad aja bikin empek2 adaan pakai daging ayam dan udang. Eh..namanya bukan empek2 berarti ya..karena nggak pake ikan..tapi ayam..ya sudah ..apalah namanya..yang jelas..proses dan bahan lain seperti aku bikin empek2 adaan..cuma..ikan tenggiri aku ganti udang dan ayam. Hasilnya..enak juga lho..cuma memang nggak bisa sekenyal empek2 ikan. Hemm..berarti bener dugaanku..ikan tenggiri ini sifatnya bikin kenyal ya..untuk adonan empek2..siomay..otak otak dll. Dan aku semakin yakin..setelah kemaren bikin bakso ayam..aku campurin tenggiri..memang hasilnya jadi lebih kenyal..daripada bakso ayam yang cuma pakai daging ayam aja. Hemm..tapi ini baru pemikiranku saja sich..coba ..nanti kalau aku nemu tenggiri lagi..tak uji coba..bikin bakso..murni bakso ikan tenggiri,..jadi biar tahu hasilnya..kenyal atau tidak.

Adaan ayam dan udang ini..enak juga hasilnya..tapi nggak bisa persis kayak empek2 adaan ikan ya..soalnya emang nggak pakai ikan..hihi..rasanya gurih juga..cuma memang lebih gurih kalau pakai ikan tenggiri...tapi rasanya enak juga..gurih kayak bakso ayam dan udang goreng..dan di makan pakai kuah cuko empek2..juga enak rasanya. Jadi..kalau pengen banget makan empek2 adaan..tapi nggak ada ikan tenggiri..yukk bikin dari ayam dan udang saja teman2..^^

Foto adaan ayam nya seadanya ya teman2..tadi buru2..soalnya musti masak yang lain..karena ponakan minta nambah menu kwetiaw goreng juga..jadi nggak  sempat nyusun2 di piring buat di foto..cuma sempat motret adonan..pas di goreng..sama habis di goreng..langsung jeprat jepret sebentar.
Adaan Ayam

Bahan-bahan: 
250 gram udang yang sudah di haluskan
500 gram daging ayam giling
3 sendok teh garam ( sesuai selera )
3 sendok teh gula pasir ( optional )
1/2 sendok teh penyedap rasa
6 butir bawang merah, dihaluskan
500 gram tepung sagu
100 ml santan kental instan
3 butir telur, dikocok lepas
Minyak  untuk menggoreng 

Cara membuat :
Uleni udang halus dan ayam giling, garam, gula pasir, penyedap rasa, bawang merah
Tuang telur dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai lembut.
Tambahkan tepung sagu. Aduk rata, tapi jangan di uleni lagi ya supaya tidak alot adaannya. Ambil 25 gram adonan. Koreksi rasa..dengan menggoreng sedikit adonan..dan cicipin udah pas belum rasanya.
Bentuk bola-bola dengan tangan yang dilumuri tepung sagu.
Goreng dalam minyak banyak dan terendam, yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Kuah Cuko 

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( Dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( atau sesuai selera )
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Untuk variasi resep empek-empek adaan lainya, silahkan cek di video resep di you tube aku ya :


5 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..mksh Mak Hanna,..barusan mateng tuch Mak..langsung di foto..jadi masih fresh from *Wajan*..:D

      Delete
  2. Duh, ngiler abis nih :P Sangking ngilernya, jadi pengen jilat-jilat layar komputer, haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ayukk ambil Mba..^^
      Kayak Yodha Mba..kalau liat gambar di layar nyomot gt..D

      Delete
  3. bisa pake royco ebi tidak mbak untuk sausnya...

    ReplyDelete