Friday, November 22, 2013

Steak Kakap Krispi Saus Praktis



Wah..udah siang ya..nggak terasa..tadi pagi anter Yodha ke dokter gigi..eh udah datang pagi2..dokternya baru datang jam 10..aduch..lama bener nunggunya..ampe sempat tak tinggal belanja pun..dokternya masih belum dateng..ternyata..jemput anaknya dulu..wo alah..kok nggak konsekwen dengan jadwalnya ya..yang katanya jam 9 ada..hihi. Tapi..ya nggak pa2 dech..namanya juga kita pasien yang butuh..yang tetep di tunggu. Dan yang penting..masalah gigi Yodha beres..tadi malem tuch cuma sariawan..eh..aku kasih obat sariawan tetes tuch..yang terkenal tuch..malah jadi bengkak dan luka..dan nggak bisa tidur tadi malem..akhirnya ijin dulu dech nggak masuk hari ini. Ternyata emang nggak boleh buat anak2..terlalu keras kata dokternya tadi..hemm..jadi tau dech skrg,..kalau obat itu nggak boleh buat anak2..akhirnya di kasih obat sariwan oles yang khusus buat anak2..lebih aman. Eh..tapi sekalian juga tadi nyabut gigi Yodha yang udah kesundul gigi baru..alhamdulillah..lancar..Yodha nggak ngambek atau berontak..kayak sebelumnya..kalau di periksa..jadi..nggak ada 1/2 jam selesai dech sekalian bersihin giginya. Lega...urusan gigi Yodha udah beres nich.

Aku hari ini mau posting menu kemaren aja dulu ya teman2..menunya Yodha juga sich..alhamdulillah..nemu satu menu baru nich buat lauk Yodha ya..dia suka..steak kakap krispi. Seneng dech..karena Yodha jadi mau makan ikan  goreng. Kalau di goreng biasa..wah..mana mau dia..karena kan ikan kalau di goreng kering jadi liat dan keras..nah..kalau di goreng krispi pakai tepung gini..karena terlapisi tepung yang cukup tebal..ikan kakapnya..matang..tapi tetep lembut di dalam. Di padu tepung kripsinya yang renyah dan gurih..dan keriting cantik, serta tebal lapisan tepungnya..enak banget jadi suka dech Yodha..kemaren makan ini dengan lahap..dan nggak protes..dan nggak tanya..kalau dalamnya ternyata ikan kakap..hihi. Soalnya emang ikan kakapnya...udah aku fillet..jadi tinggal dagingnya aja dech. Satu lagi dech menu andalan buat naklukin si picky eater..Yodha..hihi.

Kakap goreng renyah ini..paling enak di makan pakai saus steak..kayak steak ayam krispi gitu..buat pelengkapnya bisa di tambah kentang goreng basah dan sayuran..kayak wortel dan buncis rebus atau jagung manis rebus...silahkan sesuai selara..aku kemaren punyanya cuma kentang aja..ya udah..sama kentang goreng aja..enak..! Sausnya juga nggak perlu ribet..cukup saus tomat dan saus tiram di masak terus di kentalkan..jadi dech saus steak praktis yang enak..^^
Steak Kakap Krispi Saus Praktis

Bahan :
2 ekor ikan kakap merah ukuran sedang ( kira2 1 kg ), fillet dagingnya potong2
1 siung bawang putih
2 cm jahe, memarkan
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
sedikit air
Rendam fillet ikan kakap dalam campuran bawang putih halus dan bumbu2 lain di atas. Diamkan 15 menit.

Bahan tepung pencelup :
100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu bubuk
1 sendok teh backing powder
150 ml air es ( secukupnya
Aduk rata semua bahan sampai mejadi adonan kental sedang.

Bahan pelapis, aduk rata dan ayak :
200 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat :
Celupkan potongan kakap fillet  ke dalam tepung pencelup, lalu gulingkan ke tepung pelapis sambail di cubit2 hingga keriting, lalu goreng di minyak panas hingga matang dan renyah. Sajikan segera dengan saus dan kentang goreng dan sayuran jika suka.

Bahan Saus :
5 sendok makan saus tomat
1 bungkus saus tiram ukuran kecil
500 ml air
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
sedikit tepung tapioka untuk pengental
1/2 buah bawang bombay, iris tipis.

Cara membuat saus :
Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan semua bahan lain dan masak hingga mendidih. Kentalkan dengan tepung tapioka yang sudah di encerkan dengan sedikit air.

Note : Steak kakap ini sebaiknya segera di sajikan begitu matang..jadi akan terasa krispi dan enak..jika sudah dingin krispinya berkurang. Jadi memang lebih enak di sajikan hangat seperti steak ayam krispi. Jika ada lebih enak lagi di sajikan di hot plate. 



8 comments :

  1. Replies
    1. Boleh Mak Lidya..cuma..kalau dari segi tekture daging ikannya lebih lembut Kakap ya..:)..juga lebih gurih..:)

      Delete
  2. wohooo... besok bakal langsung dicoba inih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,,monggo Mak Rini..di coba ya..anak2 mungkin juga suka..kayak Yodha..:)

      Delete
  3. mbak, banyak ikan kakap disini, saya biasanya digoreng ajah, Ara suka sih mbak, saya memang mebiasakan ara makan ikan dari kecil, tapi resep ini juga bisa jadi alternatip ya, biar jangan bosen, makasih yaa mbaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..pinter ya Ara Mba Meilya..udah mau makan ikan goreng..sipp mba..bagus buat anak2 ..:)
      Iya..kalau bosan di goreng biasa di fillet gini..lebih mudah makannya buat anak2 Mba.:)..

      Delete
  4. Mba ijin copy linknya "Button" diah didi kitchennya ya mba...

    ReplyDelete