Tuesday, November 5, 2013

Otak Otak Goreng


Masih punya ikan tenggiri cuma sedikit..udang..cuma sedikit juga di freezer..akhirnya..di campur aja jadi satu..jadi dech otak otak goreng. Enak..dan gurih sekali. Mau di buat lauk enak..di buat cemilan..di cocol saus..juga enak. Atau mau di buat campuran bakso kuah..tambah enak lagi..dan seger. Jika mau di simpan dalam keadaaan beku juga bisa..otak2 ini..di goreng nggak perlu terlalu kering. Dinginkan..lalu simpan di freezer. Sewaktu2 tinggal di keluarkan dari freezer dan di goreng kembali. Jadi dech punya stock lauk beku homemade yang lebih sehat dan enak..daripada beli..kan mahal ya teman2..harga otak2..dan hasil olahan laut lain yang kemasan, produksi pabrik gitu..^^

Tips membentuk otak2, karena  adonannya agak lengket..nggak masalah. Bentuk dulu sebisanya berbentuk bulat pipih panjang. Jika sudah terbentuk semua..basahi telapak tangan dengan air, lalu rapikan bentuk otak2 dengan kedua belah tangan..maka otak2 akan halus hasilnya. Jika mau bisa juga di bentuk bulat2 kayak bakso goreng..enak juga. Bentuk..bukan masalah ya..hihi..yang penting rasanya..enak..dan gurih otak otaknya. Selamat mencoba..^^
Otak Otak Goreng

Bahan :
75 gram daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan
50 gram daging udang kupas yang sudah di haluskan
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 sendok teh gula pasir
1 putih telur
2 butir bawang merah, dihaluskan
1 siung bawang putih, dihaluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
75 gram tepung sagu
1 batang daun bawang, diiris halus

Cara Membuat :
Jika ada food processor..proses semua bahan hingga halus dan lembut adonannya.
Jika tidak punya..uleni dulu udang dan tenggiri serta bumbu2, aduk rata hingga halus, baru masukkan tepung sagu dan daun bawang, aduk rata. Bentuk bulat pipih panjang dengan cara di pilin dengan kedua tangan. Goreng hingga matang.
Sajikan.

31 comments :

  1. Aaakk ini favorit banget mbak *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..sama Mba Mutiara..aku juga suka..enak dan gurih ya..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya Mak Lidya..cemilan bergizi buat anak2..:)

      Delete
  3. Haduh, pengen bgt deh makan yg bginian...goreng2an
    apalagi dimakan sama kuah cuko pempek palembang, Lekker!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya..coock juga itu...pakai kuah cuko..mksh idenya yach..:)

      Delete
  4. goreng otak2 ini agak masalah mak..., suka meletus mercik2... he..he...
    biarin aja, yg penting enak, dan sedia tutup panci jadi tameng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak Monda..jadi..klu udah agak ngembang..suka pecah..tapi nggak sampai meletus loncat2 kan ya otak2nya...segera jauhkan badan..hihi..atau pakai tameng ya..hihi

      Delete
  5. mba, klo mau disimpen di freezer bs di grg stengah mateng dl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ninuk..di goreng setengah matang dulu ya..terus dinginkan dan simpan di wadah kedap udara di freezer..sewaktu2 butuh..biarkan suhu ruang dulu..baru di goreng lagi..jadi kayak stock frozen food klu beli di supermarket itu lho Mba..:)

      Delete
  6. hem...mau mba... *siapin piring :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..telat Mba Diana..udah habis..hihi

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hi mba, ini bedanya apa ya dgn pempek adaan? Di tempatku kalau ke Asian supermarket, fish paste dijual di bagian seafood department jadi ga perlu repot2 blender ikan di rumah heheh. Keliatannya ga susah bikin nya ya mba. Aku udah lama bangetttt ga makan otak2 goreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau otak2 itu lebih banyak daging ikannya Mba..daripada empek2 adaan..jadi lebih gurih. Perbandingan tepungnya kan cuma dikit. Terus otak2 ini empuk rasa liat gt..karena cuma pakai tapioka / sagu..kalau adaan..karena pakai terigu juga..jadi empuk kenyal. Sama2 enak..selera aja sich mba..:)

      Delete
    2. Mba aku bikin otak2 goreng ini pakai santan kental dan setelah dimakan, santan nya berasa gitu..hmhm aku kurang suka jadi agak eneg..terus hasilku koq rasanya kurang liat gitu yah, dalamnya kyk kue gitu mba...apa karena aku ulenin adokan ikan dan tepung sagu nya terlalu kuat??

      Delete
    3. Hai Mba Evelyne...lha kok mba pakai santan..hihi..aku ndak lho di resep..kalau santannya instan pula ya..ya memang terasa neg mungkin mba..coba pakai resep di atas yang tanpa santan..enak kok..alami gurih ikan rasanya..dan kenyal juga..yang di uleni ikan sama putih telur dan bumbu aja mba..baru masuk tepung sagunya di aduk rata aja..nggak di uleni..:)

      Delete
  9. kalo ga pake udang, apakah akan mengurangi cita rasanya mba??
    pilihan lain yang menggantikan udang ada ga mba? soalnya saya ga bisa makan udang.ada riwayat alergi. tengkyu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pa2 pake tenggiri semua juga enak Mba..atau jika mau bisa di ganti daging ayam cincang udangnya..:)

      Delete
    2. Mba, klau ikan tenggiri nya di ganti ikan lain bisa ng mba.?

      Delete
    3. bisa mba..ikan kakap juga enak..:)

      Delete
  10. Mba didi aku berhasil bikinnyaaaaaaaa
    Seneng banget. Karna aku suka olahan pake tenggiri dan ini simpel
    *hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp Mba...ikut seneng dech dengernya..dan emang enak..olahan tenggiri itu..aku jg suka bgt..:)

      Delete
  11. Oya mba mau tanya kalo untuk disimpen di freezer enaknya digoreng 1/2 mateng apa dikukus/rebus? Soalnya kalo yg dijual itu kayanya basah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang di jual2 itu di rebus Mba..kalau aku lebih suka di goreng setengah matang..jadi bumbu2nya ndak berkurang..:)

      Delete
  12. Mbak aku coba bikin kok warnanya beda ya? Jadi abu-abu gelap warnanya, dan engga kenyal. Apa krn pake tepung sagu? Kalo diganti pake tepung kanji biar lebih kenyal gitu bisa mbak?

    ReplyDelete
  13. 2015, laki mesti bs masak... klo cwe mulu balik lg k thun 1975...hahah

    ReplyDelete
  14. Mbak saya coba kok adanan saya lembek ya mbak susah d bentuk lengket meskipun d tambah sagunya kasih tau dong mbak solusinya apa karena pki ikan pilet dori jd bgitu

    ReplyDelete