Saturday, November 30, 2013

Pisang Rai Khas Bali



Kemaren di kirimi pisang kepok banyak dari Kakak Ipar..ranum2..gitu..jadi mau di rebus atau di goreng begitu saja kok sayang. Jadi..aku olah aja jadi beberapa jajan pasar dari kemaren. Kemaren udah bikin Nogosari..dan juga pisang rai ini. Pisang rai...adalah jajan pasar khas Bali. Terbuat dari pisang yang di lumuri adonan tepung, kemudian di rebus di air mendidih, jadi lebih sehat ya di banding pisang goreng. Pisang rai ini semakin gurih, karena setelah matang di gulingkan ke kelapa parut yang di beri sedikit garam. Untuk melengkapi rasa manisnya..bisa di tambah juga saus kinca gula merah. Pisang rai nich kebanyakan berwarna putih aja lapisan tepungnya..tapi kok jadi pucat menurutku..karena nanti di lapis kelapa parut..warnanya putih juga kan..jadi aku kasih pasta pandan aja..biar berwarna hijau kemaren..dan jadinya lebih cantik..^^

Cara membuatnya cukup mudah..cuma..kalau menurutku..jika cuma di rebus sebentar..lapisan tepungnya udah matang..tapi..bagian dalam pisangnya masih keras..aku suka pisang rebus yang  benar2 matang..jadi aroma dan rasa manis pisang bisa keluar. Akhirnya kemaren setelah di rebus..aku angkat dan kukus lagi sebentar..baru dech wangi pisangnya keluar dan pisangnya jadi empuk. Next time mungkin aku kukus dulu pisangnya sebentar sampai matang kalau bikin lagi..hihi. So..far...suka dech hasilnya..sama pisang rai Bali ini..walau baru pertama ini cobain bikin sendiri...enak..lapisan tepungnya pas..nggak tebal banget jadinya..dan lembut juga. Suami juga suka..alhamdulillah..jadi ada yang bantu ngabisin..kalau Yodha..nggak suka jajan pasar soalnya....apalagi ada pisang dan kelapanya..pasti bilang *alergi* dech dia..hihi..
Pisang Rai
Bahan :
10 buah pisang kepok kuning
100 gram tepung beras
2 sendok makan tepung tapioka
75  ml air panas
2 sendok makan santan instan
Garam 12 sendok teh, gula pasir 1/2 sendok makan
Kelapa parut panjang 1/4 butir, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar

Cara membuat :
Aduk rata tepung beras dan tepung tapioka, serta garam dan gula pasir , tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga rata, masukkan santan instan, dan pasta pandan, aduk rata hingga jadi adonan yang kental.
Didihkan air, celupkan pisang ke dalam adonan tepung , lalu masukkan ke dalam air mendidih. Rebus hingga mengapung dan matang. Tiriskan, lalu segera gulingkan ke kelapa parut.
Sajikan dengan sirup kinca gula merah.



17 comments :

  1. Mb Di, kalo yg ini garamnya pasti 1/2 sdt kan?
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..mksh koreksinya....wah..bener2 error nich keyboard..perasaan udah tak pencet tanda silang..hihi..*ngeles..*

      Delete
  2. Kalau di Bandung, Pisang Rai yang sudah diiris namanya kue Putri Noong (Putri Ngintip), Mbak Diah. Karena pisang yang ada di tengah, seperti mata yang sedang mengintip.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rebus juga gini Mba Devy..?..ini adonannya tepung mba..kayak tepung pencelup pisang goreng tuch lho mba....beda sama mata roda Mba..:)

      Delete
    2. Oh Putri Noong mungkin sama dengan Mata Roda, Mbak Diah. Adonannya dari singkong yang diparut kan Mbak lalu di tengahnya diberi pisang?

      Delete
    3. Oh ya bener Mba..mata roda pakai singkong..klu pisang rai ini adonannya dari tepung beras mba,..jadi kayak adonan pis gor..tapi di rebus gt di air mendidih..unik dech mba..:)

      Delete
  3. Waahhh...ini enak mbak ....bikin ah kebetulan pas ada pisang di rmh....makasih resepnya ya mbak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Luis...sipp..ayo di karyakan psiangnya..emang enak ya..dan lebih sehat..drpd di buat pis gor ..hihi

      Delete
  4. resepnya hampir sama dengan sanggar air ya mbak, makanan khas kalimantan, tepatnya mana aku lupa, kalo sanggar air pisang setelah di celup adonan langsung di kukus tapi kukusannya di alasi daun pisang, lalu setelah matang juga di gulingkan ke parutan kelapa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt ya Mba..mskh infonya..tapi mungkin kalau di kukus adonanya lebih kental dan bisa di pulung gt ya Mba Esti..kalau ini adonannya kental ..tapi cair..jadi kayak adonan psiang goreng gt..kalau di kukus..kayake bentuknya kurang bagus..kalau adonan pisang rai ini..:)

      Delete
  5. Mbak Diah, terimakasih banyak atas resepnya ya. Saya sudah coba buat dan suami saya suka sekali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..wah..lama2 suami nanti lebih suka masakan Indo ya Mba..hihi..sippp..sippp..:)

      Delete
  6. mbak diah.. thanks resepnya.. mau buat ini karna ada yg kangen kampung ;) jajanan khas bali memamg jarang ada dijakrta.. jd buat sendiri ({})

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Atika....memang rada kurang terkenal ya Mba,..jajanan Bali ini..yukk buat sdr..mudah kok..:)

      Delete
  7. Wah,,kebetulan pny pisang kepok,,tp sdh aku kukus,,apa bisa dibuat pisang rai mb??

    ReplyDelete
  8. Aku pingin ciba resepnya mba diah..
    Salam kenal, bunda aisha

    ReplyDelete