Friday, November 1, 2013

Tahu Campur Surabaya


Sudah lama pengen bikin tahu campur Surabaya..sejak nyimpan potongan tabloid yang berisi ulasan dan resep tahu campur Surabaya yang otentik dari warung tahu campur terkenal..katanya sich..Pak Jamal gitu..di tabloid info kuliner. Aku memang suka koleksi tabloid info  kuliner..karena sering ada resep2 rahasia...dari warung2 makan khas yang sudah terkenal..jadi walaupun belum pernah nyoba aslinya di Surabaya sana..paling tidak tau rasa aslinya tahu campur..dari resep penjualnya langsung.

Tahu campur surabaya..ini memang isinya bener2..campur2 dech..hihi..ada mie..ada tahu..ada perkedel singkong...taoge..selada dan di siram kuah panas seperti soto..tetapi di tambahin sambal petis ..yang membuat tahu campur ini rasanya jadi beda dan istimewa. Beneran lho..sebelum di kasih sambal petisnya..aku pikir kemaren..lho..rasanya kok cuma kayak soto gitu kuahnya..tapi setelah di kasih sambal petis di kuahnya...bener2..jadi berubah total rasanya..jadi lebih sedep..unik dan khas banget rasanya..enakkk..! Kayaknya..aku akan semakin suka dech sama petis..hihi..dulu padahal nggak terlalu suka lho..:)..dan bakalan nyoba aneka olahan menu Jawa Timur lain yang banyak pakai petis dech. Padahal aku kemaren cuma pakai petis pasar aja..tapi rasanya udah enak.

Tahu campur ini paling enak menggunakan daging yang berlemak..misal daging tetelan..urat..koyor dll. Kalau pakai daging yang bagus..bakalan sepo rasanya kayaknya. Di Jawa Timur aslinya juga gitu katanya..pakai daging berlemak..yang di rebus dulu sampai empuk. Ada juga sich..yang pakai kikil..cuma aku lebih suka daging tetelan dan urat aja..lebih gurih. Tahu yang di pakai buat tahu campur..katanya paling enak juga tahu China. Mienya juga mie basah yang fresh..yang bisa di beli di pasar tradisional. Untung kemaren dapet semua di pasar..jadi bisa lumayan otentik nich..rasanya. Dan yang tidak boleh ketinggalan dari tahu campur Surabaya adalah perkedel singkongnya..ini yang bikin unik. Rasa perkedel singkong yang enak dan gurih..juga pas di buat cemilan..jadi aku sekalian bikin banyak kemaren perkedel..eh..suami kok doyan juga..padahal biasanya ..nggak suka cemilan dari singkong..^_^

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka tahu campur Surabaya..^_^..ini dia resepnya..dengan sedikit aku modifikasi sesuai seleraku :

Resep Tahu Campur Surabaya

Bahan pelengkap :
250 mie basah
6 buah tahu China, goreng, lalu potong kotak
100 gram tauge, seduh air panas, tiriskan
2 bonggol selada
Kerupuk kanji secukupnya



Bahan kuah :
500 gram daging tetelan / urat sapi, rebus sampai empuk, potong2
Air kaldu rebusan daging1500 L
1 batang serai, memarkan
Garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu yang di haluskan :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh kunyit bubuk ( aku pakai kunyit segar biasa )
1 sendok teh merica bubuk
1 1/2 sendok teh ketumbar bubuk ( aku pakai ketumbar biasa )
2 ruas jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu daging dan dagingnya, serta bumbu2 lain, masak hingga meresap dan matang.

Perkedel Singkong 

Bahan :
500 gram singkong, di parut, peras jika banyak airnya
1/2 sendok teh ketumbar
1- 2 siung bawang putih
1 cm kunyit
1/2 sendok teh gula pasir
Garam / kaldu bubuk secukupnya
3 lembar daun jeruk purut, iris halus

Cara Membuat :
Campur semua bahan perkedel, aduk rata, bentuk sesuai selera, lalu goreng di minyak panas dan terendam hingga matang.


Sambal Petis :
10 buah cabe rawit
3 sendok makan petis udang
1 sendok makan kecap manis
2 sendok makan air matang

Cara membuat : Ulek cabai rawit, aduk rata dengan semua bahan sambal lain. Ini bahan wajib dan  rahasia kelezatan tahu campur Surabaya..jadi musti pakai sambal petisnya ini..kalau nggak pakai kurang mantab..rasanya.


Cara Penyajian :
Siapkan piring saji. taruh 1 1/2 sendok makan sambal petis di piring, taruh mie, tahu goreng, taoge, selada, dan perkedel singkong. Tuangi kuah panas dan sajikan dengan kerupuk kanji secukupnya.





12 comments :

  1. wah enaknya mbakkkkkk ,biasanya saya beli di abang abang lewat depan rumah ...penasaran gimana mbikinnya...ehhhh ada postingannya mbak diah ^^
    jadi pengen nyoba nih mbakkkkkk ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..enak dong Mba Mei..ada yang jual..keliling ya..di tempat Mba..hihi..iya..sekali2 coba bikin sendiri Mba..terus aku di kasih tau ya....udah mirip belum sama aslinya di Surabaya sana..soalnya aku belum pernah makan aslinya gimana..:D

      Delete
    2. aku juga penasaran banget rasanya tahu campur sby itu gimana mba di padahal aku orang malang,,tapi belum pernh cicipi,,aplgi sekarang d hk lama,,penasarn pegen bikin sndiri mba di,,,,mkcih resepny ya,,salam knal amey

      Delete
    3. Iya Mba.coba aja bikin sdr dulu..ini enak juga kok menurutku..:)

      Delete
  2. Tahu campur sby yg otentik rasanya agak2 enggak mirip soto mbak di.. Rasanya manis2 gmn gituu.. Kombinasi soto-semur kali ya :-P
    Cobain deh mbak, bikinnya dikasi ulekan udang ato ebi trus pake gula merah. Dijamin lebih mirip lagi sama yg asli sby ;-)
    Salam kenal..dian..#yg suka bgt baca blog nya mb diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..salam kenal jug aya...:)
      Setelah di kasih sambel petisnya..emang jadi lebih enak..manis2 gurih..yang mirip soto itu bumbu dasar kuahnya..:)

      Delete
  3. Hampir 3 taun di Sidoarjo, ini adalah satu-satunya makanan Jatim favoritku (yang lain gak cocok/ biasa aja) mbak. hahaha. Wuenaak, suegerrr polll! Wiken list ini coba masak sendiri tahu campurnya based on resepmu ah mbak. Semoga lebih yummi yang dijual di tempat favoritku di sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rosa,...met coba..semoga sesuai selera ya..:)..

      Delete
  4. Makanan yang wajib dinikmati setiap mudik... di Madiun aku punya langganan tahu campur dari jaman masih sekolah dulu mbak Di...sampe sekarang rasanya gak berubah meskipun yg pegang anaknya...uenak poll. Rasanya cenderung manis gurih dari petisnya...hmmm yummy deh. Sekali2 mau coba bikin sendiri ah pake resepnya mbak Di.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..ayukk buat sendiri..asal petisnya enak..jadinya uenakkk..:)

      Delete
  5. Wah...akhirnya nemu juga resep tahu campur Surabaya. Soalnya suami tuh suka banget, hampir tiap minggu makan tahu campur. Daripada bolak balik mendingan bikin sendiri aja. Maturnuwun resepnya Jeng Diah, mudah2an mirip sama langganan suamiku...

    ReplyDelete
  6. Mbak, itu mie basahnya kalau di pasar ada ngga ya? Apa perlu direbus dulu atau diseduh air hangat? Thx

    ReplyDelete