Friday, November 15, 2013

Usus Ayam Dan Ati Ampela Bumbu Pedas Manis


Judul masakannya..suka2 ya teman2..hihi..sesuai rasanya soalnya..gurih pedas dan manis. Kemaren beli usus ayam kok ya nanggung cuma 250 gram..ya udah di campur ati ampela aja..di masak bareng..beres..kan sama2 jerohan ayam ya. Biar nggak bosan..aku bumbuin pedas, terus di ungkep sampai empuk. Pas udah habis airnya tambahin kecap manis sedikit..aduk2 sampai kering..jadi dech olahan usus ayam dan ati ampela yang enak..di makan pakai nasi hangat aja udah enak..atau paling cocok lagi di makan sama sayur gurih..cocok dech.

Tips mengolah usus ayam supaya tidak bau..di bersihkan dengan air jeruk nipis ya teman2..abis itu di blansir dulu dengan air panas..biar steril. Di blansir itu..di rebus sebentar di air mendidih. Biar lemak2nya juga larut. Setelah itu..siap dech di masak dengan di bumbuin apa aja. Bisa di ungkep bumbu gurih manis..kayak Sate usus ala angkringan..atau di bumbu pedas gini..dan setelah matang bisa juga biar semakin menarik di tusuki dengan tusukan sate..jadi dech..sate usus pedas manis. Cuma kamaren karena masaknya cuma dikit aku jadi males nusuk2 di tusukan sate..udah.langsung taruh piring aja..beres..hihi.

Atau jika mau , ususnya bisa di lilitkan di ati ampelanya..jadi dech ati ampele balut usus kayak di warteg2 gitu. Oh iya..sate usus pedas ini juga enak banget di buat makan bubur ayam teman2..selamat mencoba ya..lauk mudah..murah meriah..dan yang pasti..enak..! ^^
Usus Ayam Dan Ati Ampela Pedas Manis

Bahan :
250 gram usus ayam, bersihkan dengan di beri perasan air jeruk nipis, bilas sampai bersih, lalu di blansir sebentar.
4 pasang ati ampela
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
Air kelapa 500 ml
Air biasa 500 ml
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
 
Bumbu halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri
10 buah cabe merah keriting ( sesuai selera pedasnya )
 
Cara membuat :
Campur bumbu halus dan semua bahan kecuali kecap. Masak dengan api kecil hingga empuk dan air habis, jangan lupa koreksi rasa dulu ya sebelum air habis. Tambahkan kecap manis secukupnya. Aduk rata hingga kering. Jika  mau jadi sate usus dan ati, potong2 dan tusukkan selang seling usus dan atinya.

  • Kemaren aku masak sayur ini..sayur gurih sawi..pas banget di makan sama usus pedasnya..^^


11 comments :

  1. Wow ini kesukaanku nih mba tapi sayangnya suami ku ga suka jeroan krn dia jijik gitu. weleh jadinya aku udah ga pernah makan jeroan lagi deh sejak nikah hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...kalau udah mateng jadi masakan..kan enak ya Mba Evelyne..padahal..:)

      Delete
  2. Sayur gurihnya resepnya apa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bumbunya kayak bumbu opor Mba..cuma nggak pake kunyit..:)...

      Delete
  3. Mau nanya mba diah,air kelapa bisa diganti dengan apa ya ? soalnya disini susah nyari air kelapa...Makasih sebelumnya untuk informasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah pake nggak pa2 kok air kelapa Mba..itu cuma biar tambah enak dan sedep aja..di ganti air biasa aja kalau nggak ada..:)

      Delete
  4. hai mbak diah.. itu atinya direbus dlu kah? ato digoreng dlu? ato langsung dicemplungin aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di blansir dulu Mba Indah..biar nggak amis..di rebus sebentar di air mendidih baru kemudian di ungkep dgn bumbu2..:)

      Delete
  5. Ati ampela paling saya suka... Dicampur sama sate kambing muda lebih maknyoss. Saya sering beli di resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung

    ReplyDelete
  6. nice saya mau coba resepnya...ala angkringan favorit saya ni mbak..

    ReplyDelete
  7. Resepnya sudah diuji dan mantap rasanya. Sayang ga bisa terlalu pedas karena suami kurang suka pedas. Bahaya buat yang lagi diet alamat nambah terus :-)

    ReplyDelete