Monday, November 11, 2013

Resep Nasi Liwet Solo Komplit



Nasi liwet Solo..komplit...ini menu request suami buat buka puasa kemaren Kamis..baru sempat posting sekarang. Sebelumnya suami cuma request pengen makan ingkung ayam kampung sich..cuma tak pikir2..lebih enak lagi di buat nasi liwet Solo sekalian..mumpung masak ayam kampung..sekalian ribetnya..tapi juga..sekalian puas..makannya..karena komplit dan enak.

Membuat nasi liwet khas Solo..komplet memang sedikit ribet, karena banyak yang harus di masak terpisah dan di persiapkan..tapi hasilnya..oke banget..sebanding dengan capeknya. Enak..lebih enak daripada beli..dan yang jelas..lebih puas..lha..ayam kampung satu ekor..cuma buat bertiga..itupun..nggak habis..paginya..di goreng dech ayamnya buat bikin bubur ayam...* Mak Irit..kan..hihi *. Tapi beneran..nggak berasa aja capeknya..kalau suami lahap makannya..Yodha juga suka..karena sayur labu siamnya nggak ku buat pedas banget..jadi masih doyan. Buat aku..tinggal di tambahin cabe rawit utuh yang banyak..tetepo..bisa pedes kok. Dan kata Yodha..nasi liwet ya Mi..hihi..hafal dia nama2 masakan. Enak..katanya.

Nasi liwet ini sekarang banyak ya kita temui di acara2 hajatan teman2..cuma kadang2..suka nggak otentik rasanya..sekedar nasi ..ayam suwir dan sayur labu gitu. Kemaren di acara pernikahan ponakan ku..nasi liwetnya malah asin banget. Ya..mungkin karena masakan katering ya..jadi suka asal aja. Padahal..kalau nasi liwet Solo yang otentik..nasinya aja udah enak banget dan gurih..di makan sama suwiran ingkung ayam kampungnya aja..udah enak banget..apalagi di tambah sayur labu siamnya yang gurih dan sedikit manis..dll..tambah enak lagi..harusnya sich seperti itu. Jadi..emang..lebih enak..kalau bikin sendiri dech..nasi liwetnya..bisa sesuai selera rasanya..dan juga karena masaknya benar2 sesuai otentiknya..jadi..lebih memuaskan hasilnya. Mau coba teman2..silahkan..jika pas ada acara keluarga mungkin..mau masak yang beda..atau buat weekend..dan pengen sesuatu yang khas dan beda..ini dia resepnya..^^
Nasi liwet gurih

Bahan :
250 gram beras
2 lembar daun salam 
1 batang serai, di ambil putihnya, dimemarkan
Garam secukupnya
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa 

Cara memasak :
Rebus beras, daun salam, serai, garam, dan santan sampai mendidih. Tutup panci. Kecilkan api. Masak sampai matang sambil sesekali di aduk. Angkat. Aduk-aduk sampai pulen.

Sayur Labu Siam 

Bahan :
2 buah  labu siam, dipotong korek api
8 butir bawang merah, diiris
4 siung bawang putih, diiris
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 buah cabai merah, dibuang biji, di haluskan ( Jika suka pedas, bijinya tidak perlu di buang, kalau aku aku buang..biar Yodha bisa tetep makan )
10 buah cabai rawit utuh
1/2 sendok makan ebi, rendam air hangat, haluskan
1 sednok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara memasak :
Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe halus hingga harum dan matang, masukkan ebi,aduk rata. Tuang santan dan bumbu2 lain, tunggu sampai mendidih, baru masukkan labu dan masak hingga matang. Koreksi rasa.


Ayam Ingkung ( Opor )

Bahan :
1 ekor ayam kampung
Santan 1000 ml dari 1 butir kelapa
Salam 2 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang , memarkan
Lengkuas 3 cm, memarkan
Gula merah 1 sendok makan
Garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit

Cara memasak :
Masak ayam dan semua bumbu serta santan, ungkep dengan api kecil hingga kuah menyusut dan santan mengental, sambi l sesekali di aduk dan di  koreksi rasanya. Angkat ayam..sisihkan kuah santannya untuk membuat areh.



Telur Pindang 

Bahan :
4 butir telur rebus, kupas
1500 ml air
1 1/2 sendok teh garam
Segenggam kulit bawang merah ( bisa juga pakai daun jati )
2 lembar daun salam 
Cara memasak :
Rebus semua bahan hingga telur kecoklatan

Areh kuning :
2 butir telur dan kuah santan ayam seckupnya, aduk rata , lalau kukus hingga matang.

Areh putih :
1 butir putih telur, kocok hingga kaku,masak dengan santan kental dan garam secukupnya.
Penyajian :
Sajikan nasi liwet di picuk daun pisang..dengan suwiran ingkung dan pelengkapnya...yummy..!



29 comments :

  1. mbak posting suaminya donk. pastilah dia suami yg sangat..sangat beruntung:) saya kebetulan pengantin baru,pgn jg masakin suami macam2 tp blm kesampaian mba cz ldr...sekalinya ketemu,suami ngajak jajan trs.hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..suamiku ndut...karena yang habisin makanan yang ku masak..karena jagoan kecilku picky eater.
      Wah..selamat menempuh hidup baru ya Mba...coba sekali2 di kasih kejutan..mba udah siapin makanan gt pas ketemu suami..pasti dech bakalan happy suami dan lebih berkesan lho..drpd jajan terus..:)

      Delete
  2. Mba diah,
    Cabe merah yg buat sayurnya pake cabe keriting ato cabe merah besar ya? Klo masak nasinya dimagic jar bisa gak mba? Oia, klo aku pake santan bumas bisa tdk?perbandingannya brp? Thanks ya mba -yuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mau peda tidak Mba Yuni..kalau mau pedas..pakai cabe merah yang keriting..kalau mau nggak pedas..dan asala warna merah..pakai yang besar..aku kmrn pakai yang besar.krn Yodha juga ikut makan..:)
      Bisa aja nasinya akai magic jar Mba..cuma..musti di pantau juga ya..jumlah santan juga berarti seerti kalau masak nasi biasa di magic jar..takutnya kalau di magic jar..suka kelembekan..dan jadi nggak pulen nasi liwetnya.
      Bumas..bisa mba..di encerin dulu sampai jadi kayak santan kental Mba..di kira2 aja..:)

      Delete
  3. heumm,,,nyummiiee...mbk,saya catet yah...^^

    ReplyDelete
  4. mbak diah kok bisa pas banget aku lagi nyari resep ini... -asti

    ReplyDelete
  5. kalo tetanggaan aku langsung ngacir ke rumah mb Diah minta sego liwetnya. jadi laper liat fotonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lha dengan senang hati Mba Rina..kalau mau mbantu ngabisin..seandainya deket ya..hihi..itu aja ..bener2.. bertiga..nggak kuat ngabisinnya..bisa di makan dua kali kami..Sama buat sarapan..:D

      Delete
  6. Pernah nyobain nasi liwet ini pas ABFI di Solo. Nasinya pulen bangeet. Gurih, Mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Idah..soalnya nasinya di liwet dan pakai santan..enak dan gurih ya..:)

      Delete
  7. Mbak Diah, duhhh resep ini bikin saya ngiler banget.. Nanya dong, mbak... Untuk bikin areh kuningnya itu, dikukusnya berapa menit ya ? 15 menit kah ? Trus untuk membuat areh putihnya, putih telurnya itu dikocok sampai kaku, maksudnya pakai mixer dan dikocok sampai mengembang kaku seperti membuat kue begitu ? Lalu jumlah santannya berapa ya ? Lalu masaknya itu dikukus atau direbus ? Terimakasih banyak ya sebelumnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Leonora..mksh..ayodi coba..iar Nasi Liwet di kenal juga di Perancis..hihi.
      Ngukusnya ..sekitar 15 sampai 20 menit Mba..sampai matang ..di tengok aja..kalau belum matang..bisa di kukus lagi..tapi telur cepat matangnya kok..:)
      Iya..putih telurnya di kocok sampai kaku pakai mixer..terus di tambahin santan instan yang kental itu..secukupnya aja Mba..lupa ng ukur kmrn..:) terus di masak..di atas api..sampai mengumpal2..cepet kok matangnya.

      Delete
  8. Hi Mba Diah. aku berencana masak nasi liwet untuk 20 orang ni. kira" konversi resepnya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung porsinya Mba Devina..mau suwir aja atau potongan besar ayamnya..kalau suwir ya..sesuai resep itu cukup sayur labu dan ayam ingkungnya buat 20 orang..tinggal nasinya ja di banyakin..:)..telur di sesuaikan..mau satu2 atau separo..:)

      Delete
    2. ooo bgitu ya.. Resep mba ni kira" u/ makan berapa orang? saya dengar kalau memasak untuk banyak org terkadang resepnya tidak bisa langsung di double tpi perlu di sesuaikan dahulu krna kalau lgsg di double rasanya bsa berbeda?

      Delete
    3. Wah..kalau itu tergantung porsi Mba..aku ndak bisa ngira2..hihi..soalnya aku kalau masak ya ndak pernah ku hitung2 sich..itu juga beda2 kan porsi makan masing2 orang..kami suka makan nasi dikit..lauknya banyak..makanya jumlah lauknya lebih banyak dari nasinya..di coba saja Mba..:)..Kalu masak asal bumbunya sama ya nggak masalah mau berapa banyak..jika di double.

      Delete
  9. Mbak diah, sy udah cobain, tp tdk terlalu sukses. Dr dulu sy kalo masak yg bersantan dg resep apapun koq jadinya bau santen ya mbak? Beda dg beli jadi rasanya sedep. Apa yg salah ya mbak? Tlg ajarin sy ya mbak diah yg baik, bagemana sebenernya tips masak masakan bersantan. Sy curiganya bau santan krn santannya pecah. Apakah sepanjang masak hrs diaduk2 terus non stop yach? Kalo pake ayam kampung kan ngaduknya lama banget smp empuknya. Apakah dimasak dg air biasa dulu smp empuk, br santan masuk terakhir ato gimanakah trik2nya? Yg lebih parah niy mbak, areh putih sy koq jd scramble egg rasa santen huaaa....:( Heleppp... Thanks sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Priscilla..kalau masak santan biar nggak bau santan neg gt..pakai santan segar, di masak lama..kalau takut pecah..pakai santancair dulu..tutup masakan dan biakan bumbu2 merasuk, terakhir ketika hampir matang masukkan santan kental, jadi ngaduk2nya nggal perlu lama2..hihi

      Delete
    2. Iya mbak, sy curiga bau santennya krn santennya pecah. Sy selalu pake yg seger mbak, & ngrebusnya lama banget, coz kan pake ayam kampung yg empuknya lama. Tp mbak diah langsung direbus dg santan sekaligus dr awal (& kalo pake pejantan yg alot jg pasti ngrebusnya lama kan ga mungkin diaduk2 trs) itu apa santennya ga pecah mbak? Maap ya mbak, sy msh penasaran banget, krn msh blm lihay masak masakan bersanten. Semoga mbak diah berkenan. Piiiss :) Oya mbak, trus masalah areh yg jd scramble egg itu kira2 krn santennya kurang ato kelamaan masak ato kenapa ya? Makasih sebelumnya ya mbak ^_^

      Delete
    3. Santen pecah itu sebenernya nggak amsalah Mba..kalau untuk masakan Jawa yang di masak lama banget kayak opor ayam kering dll..areh dll..jadi kayak misah gt santannya memang kalau di gudeg2 tuch,..malah enak menurutku. Kecuali kalau masak kayak opor kuah ..lodeh dll..ya pakai cara yang aku jelasin di atas Mba..santan encer dulu baru kental.Nanti santan kental mengikat santan encernya. Kalau arehnya..ya aku ndak liat mba bikinnya sich...jadi nggak tau salahnya di mana..coba di ulang lagi dulu ..pakia santan kental banget..:)

      Delete
  10. Thx mb diah atas resepnya, mumpung bln puasa mau sy coba praktekin...

    ReplyDelete
  11. Saya udah coba mb diah nasi liwetnya uenak bgt,anak saya suka,ktnya kyk beli di solo..krn bisa mkn nasi liwet klu pas mudik....tp sekrg krn ada mb diah tdk perlu nunggu ke solo..bisa bikin sendiri&.plg cocok sm resep dari mb diah...oke bgt...mksih bnyk mb diah...

    ReplyDelete
  12. mbak didi saya ijin copy resepnya ya :) terimakasih..ntar aku cantumin backlinknya mbak didi :)

    ReplyDelete
  13. Makasih mbak Diah. Resepnya ini okeh2 deh aku slalu mengamati. Ini komen pertamaku hehe. Kebetulan nov ini aku ada arisan n ultah anakku jd pgn bikin.

    ReplyDelete