Wednesday, November 20, 2013

Limpang Limpung Spesial


Limpang limpung adalah gorengan sejenis pisang goreng..tapi pisangnya di iris2, terus di campur ke adonan, beda..sama pisang goreng biasa yang pisangnya cuma di belah, terus di celup ke adonan, kalau limpang linpung menggunakan pisang yang di iris2. Jika kita menggunakan pisang yang benar2 matang dan harum, apalagi pisang raja..maka akan menyebar ke adonan tepung aroma pisangnya..karena pisangnya di iris2..jadi lebih enak rasanya. 

Limpang limpung yang ku buat ini ..agak spesial...karena..pakai telur..iya..dan juga..pakai susu juga..hihi. Aku terinspirasi dari snack katering sekolah Yodha..yang sering banget dapat limpang limpung begini. Karena Yodha..nggak suka gorengan..jadi kadang kalau nggak di kasih teman..suka di bawa pulang limpang limpungnya..iseng kadang aku cicip..eh kok enak juga..beda sama limpang limpung biasa. Tepungnya itu empuk..lembut dan berserat..kayak oli bollen..tapi lebih lembut gitu..Jadilah aku penasaran untuk membuatnya di rumah.

Aku coba adonan pakai telur dan susu, memang lebih enak dan gurih jadinya limpang limpungnya..tapi belum berserat seperti yang dari sekolah Yodha.. Akhirnya pas buat kedua..aku coba kasih sedikit ragi instan..akhirnya baru dech adonan jadi berserat..dan lebih empuk lagi. Hihi..eksperimen isengku..akhirnya berhasil..bikin limpang limpung yang seperti snack katering sekolah Yodha.  Next time mau coba..susu di ganti santan..mungkin enak juga..jika punya pisang matang lagi. So..far...limpang limpung ini..enak di makan anget2...sore2 sambil ngeteh dan menikmati cuaca yang mendung terus seperti sekarang ini. Oh ya..lebih enak lagi jiak di kasih toping coklat leleh dan keju limpang limpungnya teman..yummy.
Selamat mencoba ya teman2..jika suka limpang limpung..^^
Limpang Limpung 

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan gula pasir
1 butir telur
200 ml susu cair
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
6 buah pisang raja, iris bulat2 kecil
1/2 sendok teh ragi instan ( Jika tidak suka boleh nggak pake..ragi..membuat adonan limpang limpung jadi berserat..)

Cara Membuat :
Campur tepung, gula pasir, garam dan vanili, tambahkan telur dan susu cair sambil di aduk dengan whisk hingga rata. Masukkan ragi instan , aduk rata. Masukkan pisang raja. Aduk rata.
Panaskan minyak..sendokkan satu sendok sayur adonan limpang limpung, goreng hingga matang.
Sajikan lebih enak dengan topping coret2 an coklat leleh dan parutan keju jika suka.

17 comments :

  1. Baru denger limpang limpung mbak, baru liat lagi penampakannya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tuch..kayak pisang goreng gt Mba Mutiara..tapi pisangnya di iris2 terus..di campur adonan..hihi,..enak..wangi pisang..:)

      Delete
    2. Iyaa kayaknya menggoda banget yaa mbak, dikirim ke klenteng sari bisa itu mbak :p

      Delete
    3. Hihi..tinggal fotonya Mba..:)

      Delete
    4. jajanan kecil dulu , bocahku doyan banget tx

      Delete
    5. Tul Mba Nuri....emang enak sich..:)

      Delete
  2. ooh namany alimpang limpung ya mbak disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya.limpang limpung..:)..lucu ya..:)

      Delete
  3. He he..., baru tahu namanya limpang-limpung Mbak Diah. Resep ini resep pisang goreng andalan saya sejak gadis. Kalau saya buat pisang goreng istimewa ini, pasti habis.

    Setelah menikah, sering bawakan suami untuk dibagikan di kantor. Wah, langsung tinggal wadahnya. Hi hi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ada yang nyebut limpang limpung..ada yang nyebut cimplung juga..intinya sama ya Mba Devi..pisang goreng campur2..kadang aku campur nangka juga Mba..enak..:)
      Wah..iya..paling seneng emang ya..kalau kita bawain suami ke kantor makanan dan habis..Mba..:)

      Delete
  4. saya lebih milih limpang limpungnya mbak daripada pisang goreng yang utuh hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.lebih enak ya Mba Elvira..harum..pisangnya ke mana2..nyampur ke semua adonan...:)

      Delete
  5. makanan kecil dulu , bocahku jg suka tx

    ReplyDelete
  6. Oalah namanya limpang limpung to.. mama sering bikin dan aku bbrp kali masak juga.

    Hehe iya enak ya mba. Aku kadang suka tambah margarin ke adonan tepung nya..selain telur.

    Nti yg pake ragi aku coba ah kapan2 hihi...

    ReplyDelete
  7. Iya mba Dewi..kadang ya beda2 sebutan ya..hihi..intinya pisang goreng di iris2. Mksh tipsnya kpn2 di coba tambah margarin dech..pasti lebih gurih dan wangi ya.:)

    ReplyDelete
  8. Mbak udah aku praktekin enak banget resep nya. Thank you mbak

    ReplyDelete