Wednesday, November 13, 2013

Panada..Bukan Pastel..^_^


Bentuknya mirip pastel, tapi..ini bukan pastel..tapi sejenis roti goreng berisi suwiran daging ikan. Yapp...namanya adalah..Panada...jajanan khas Menado yang terkenal ya..selain klappertaart. Ikan untuk isian panada ini biasanya ikan tongkol yang di suwir kecil2..terus di bumbuin pedas gurih. Nah..berhubung aku punya banyak stock abon tuna yang ku buat kemaren..akhirnya aku buat isian panada ini. Enak juga lho..cuma nggak pedas aja isinya..karena kan buat bekal Yodha kemaren. Ini kedua kali aku bikin Panada..dulu banget pernah buat sekali..isi ayam sayur...dan hasilnya ini lebih oke..adonannya mudah di bentuk dan enak hasilnya. Kalau kulitnya sich kayak roti goreng gitu rasanya. Di padu isian abon tuna yang gurih..pas banget. 

Panada ini cukup mengenyangkan lho teman2..jadi pas banget nich..bisa buat bekal sekolah anak homemade yang sehat dan bergizi. Yodha nich beberapa hari ini minta bekal cemilan dari rumah..alhamdulillah..udah senang ngemil. Sebenernya dari sekolah dapat snack sich pas break time..cuma. ya itu..seringnya snacknya itu jajan pasar..kayak serabi..kue lumpur..tahu bakso..cantik manis..dll yang Yodha nggak suka..hihi..jadi mesti di bawa pulang snacknya..nah..jadinya dia request bawa bekal snack sendiri aja dari rumah. ya udah..akhirnya ku bela2 ini bangun pagi tiap hari buat bikin bekal Yodha..paling sering sich bikin martabak manis..pancake..dll yang manis2 favorit dia..soalnya cepet bikinnya..dan nggak perlu banyak bahan. Nah..buat variasi..aku buat panada isi abon tuna ini kemaren. 

Jika tidak ada abon tuna..atau nggak suka di isi ikan.panada ini enak juga lho..di isi ayam suwir..kayak isian buat bakpao..atau ragout ayam sayur..atau di isi abon biasa teman2..jadi lebih praktis. Atau mau praktis lagi..di isi sosis aja..juga enak..jadi kayak roti goreng gitu. Cuma memang ciri khas panada ini memang harus berbentuk seperti pastel seperti ini.Panada memang lebih ndut ndut daripada pastel..soalnya kan adonan roti mengembang ketika di goreng. Hasilnya empuk dan lembut juga rotinya..asal proses menguleninya dan fermentasinya di tangani dengan baik, seperti kalau membuat adonan donat atau roti goreng seperti biasanya. Selamat mencoba.

Panada Isi Abon Tuna

Bahan kulit :
250 gram teung terigu protein sedang
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh ragi instan
1/4 sendok teh baking powder
1 butir telur
1/2 sendok teh garam
140 ml santan kental ( aku kmrn lagi nggak punya santan..jadi ku ganti susu cair )

Bahan isi :  Aku pakai abon ikan tuna secukupnya ( bisa di ganti ragout ayam, abon sapi, sosis, dll )

Cara membuat :
Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder, aduk rata.
Masukkan garam, telur dan santan sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan menjadi kalis dan elastis.
Diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang.
Bagi adonan sesuai selera, bentuk bulat2, pipihkan..isi dengan abon tuna, bentuk dan pilin tepinya seperti pastel. Diamkan selama 20 menit lagi, lalu goreng hingga matang.
  • Nich liat dalemnya...nampak lembut..kayak roti goreng kan teman2..ya memang..panada..bukanlah pastel..hihi.




26 comments :

  1. Wah..., panada. Kesenangan saya ini Mbak. Sayangnya saya belum pernah menemukan yang jualan panada di sini. Harus bikin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bener Mba Devy..jarang ya..yang jual Panada di Jawa..di tempatku jug alho..kebanyakan pastel..hihi
      Ayukk bikin Mba..:)

      Delete
  2. Hihii kangen panada ih pas SMA makan yang isinya jagung manis sama coklat, enaaak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kayak gimana tuch isinya Mba Mutiara..jagung di campur coklat gt ya?..Wah..Yodha asti suka kalau yang berbau coklat..hihi

      Delete
    2. Hihi yang 1 isi coklat yang 1 jagung manis mbak, dulu makan aja ga dirasa2in jagungnya dikasih apa hehee tapi enak aduuh jadi kangen SMA :D

      Delete
    3. Hihi..oh..gt..kirain di campur Mba Mutiara..ntar tak coba isi coklat ahh buat Yodha...masa2 SMA menyenangkan ya Mba..masih muda..hihi

      Delete
    4. Hihii iyaa mbak diisiin coklat aja, kan jadinya kayak roti goreng isi coklat pasti Yodha suka. Iyaa mbak menyenangkan apalagi asrama 24jam susah seneng dilalui bersama *malahcurhat :p

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mak Lidya..dan lebih mengenyangkan..hihi

      Delete
  4. Mba.. Panada yg belum digoreng apa bisa disimpan di kulkas utk digoreng besoknya (sepeeti risol)...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa Mba ayu..kan ada raginya..kayak adonan roti..kalau terlalu lama di simpan dalam kondisi mentah..nanti bisa semakin terfermentasi dan asam rasanya. Lebih baik di goreng aja semua..baru mateng di simpan di kulkas..kalau mau makan tinggal di panasin sebntar di oven atau microwave..:)

      Delete
  5. Replies
    1. Di sini Mba Ika : http://www.diahdidi.com/2013/11/abon-tuna.html

      Delete
  6. Dear mbak diah :) Mau nanya, nguleninya kira2 brp lama ya mbak? Atau tandanya apa? Apakah hrs seperti roti yg smp kalo ditarik melebar smp transparan tdk boleh putus atau hanya sekedar licin & mudah dibentuk? Kalau spt roti berarti nguleninya hrs cukup lama, bahkan perlu dibanting2? Dan smp saat ini sy msh belum lihay kalo berhubungan dg roti :/ Walau ada jg yg mengatakan uleni 20 menit tanpa dibanting jg cukup. Kalo dr pengalaman sy yg belum berpengalaman ini smkn lama diuleni semakin keras hehee. Mhn petunjuknya yach mbak diah yg baik hati :) Matur nuwuuun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama kayak bikin adonan roti..lho kok bisa makin keras,..harusnya makin ringan dan elstis mba..adonannya..kalau makin lama di uleni. apalgais etelah margarin masuk..itu bisa bikin lemes adonan.http://www.diahdidi.com/2014/04/tips-menguleni-adonan-roti-atau-donat.html

      Delete
  7. Iya tuh mbak diah. Sy memang pernah baca jg di beberapa artikel memang perlu waktu sekian lama utk menguleni tp kalau lbh lama lg justru lama kelamaan gluten akan rusak, jd waktunya hrs pas. Nah menentukan kapan menguleninya cukup itu yg sy blm mahir. Kalo mbak diah utk adonan sebanyak di atas kira2 perlu wkt brp lamakah? Sy sdh baca posting mbak meng tips menguleni roti tp msh lum punya bayangan meng tanda fisik roti yg sdh ckp ulenannya. Apakah smp jika ditarik melebar tdk putus atau cukup smp kalis (tdk lengket) & mudah dibentuk sj mbak? Maaf ya mbak, murid msh blm pinter2 :/ Trims sebelumnya mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau waktu nggak bisa di pastikan Mba..kalau nguleni manual..kan tergantung kekuatan tangan masing2 ya..:D kecuali kalau pakai mesin mixer roti tuch..baru bisa di patok..10 menit..15 menit dll.
      Kalau aku sich adonan udah halus dan elastis..di tarik nggak mudah putus..udah dech hasilnya ya ngembang bagus tuch..:)

      Delete
  8. ni favoritny suamiku jg mbk,,, selain roti pisang,,,,
    tpi isinya minta diganti pisang n meses coklat,,,, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..suka yag manis2 ya Mba..suaminya..:)

      Delete
    2. iya mbk,,, yg manis trus berbau pisang,,,, pasti ludes,,,,, smpe2 klo ke pasar pasti mborong pisang raja mbk

      Delete
    3. Pisang raja emang mantep..eh jadi ingat aku masih py pisang raja juga di dpr..wua..moga2 belum kematengan..:)

      Delete
  9. Mba.....baking powder nya boleh di skip nggak?

    ReplyDelete
  10. Leonora LhuillierApril 23, 2015 at 3:25 AM

    Mbak Didi, saya sudah coba resep panadanya. Asli enak banget, tapi sayangnya pas saya goreng, panadanya pada pecah2 jadi isinya pada keluar semua. Kenapa begitu ya ? Apakah karena ngulenin adonannya kurang kalis ? Atau karena isinya kebanyakan ? Ngulenin adonan supaya bisa kalis banget itu kira2 berapa menit ya, mbak ? Maaf ya, pertanyaannya borongan, hehehe :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..maaf telat bales...itu kurang ngunci mba pas mba memebntuknya..agak di cubit2 ya.biar menyatu lipatannya. Atau bs juga adonan kurang kalis dikit..kalau udah kalis..harusny..waktu di tekan2 di asaling nempel dgn mudah y amba..sambungannya..:) Kalis tergantung kekuatan tangan kit amasing2 mba..hihi..pokoknya tandanya itu adonan udah nggak lengket dan jk di tarik kayak keluar pori2 gt..:)

      Delete
  11. Kalau saya pas mau digoreng saya rapatkan kembali ujungnya krn pas fermentasi kadang rekatan yg sdh dipilin kebuka..

    ReplyDelete
  12. Mb kok klo sdh dingin panada keras. Blg tmn aq yg org menado katax mrk ga pakai santan tapi mentega

    ReplyDelete