Sunday, November 17, 2013

Bakso Udang Kuah Komplet..Satu Adonan Jadi Macam Macam Isian Bakso


Udah minggu lagi ya teman2..semoga hari liburnya menyenangkan ya..^^. Jika tidak ada acara keluar..paling enak memang masak aja..sesuatu yang beda dari hari2  biasa buat keluarga. Kalau aku suka masak yang ringan2..tapi enak..kayak bakso kuah gini. Nah..kali ini..aku bikin bakso udang kuah. Rasanya gurih banget..enak..seger dan ringan. Kemaren nemu udang seger yang masih loncat2..seneng dech..langsung ku beli dan ku olah jadi bakso udang ini. 

Terinspirasi dari bakso kuah Sriboga di food court Paragon Mall Semarang..yang aneka baksonya super komplet..dan selalu menggoda buat di pesan semuanya..hihi..jadi kalau ke Paragon..aku sukanya ya..makan bakso kuah itu. Sebenernya bikin sendiri juga mudah saja lho..dan hasilnya bisa lebih enak..kenapa bisa lebih enak..karena kita bisa gunakan bahan2 yang berkualitas..misal..udangnya benenr2 pakai udang seger..dan perbandingan daging udang sama tepungnya..jelas kalau bikin sendiri..nggak perhitungan kan..jadi mesti banyakin dagingnya..hihi. Jadi..dengan bermodal daging udang 200 gram dan ayam 50 gram..dan tepungnya cuma beberapa  sendok..jadilah aneka bakso untuk isian bakso kuahku. Ada bakso tahu..ada pangsit..ada bakso goreng..ada rolladenya..semuanya dari satu adonan saja..yaitu adonan bakso udang. Jadi..udah kayak bakso Malang kuah dech..cuma minus bakso daging sapinya..hihi. 

Untuk kaldunya..bakso kuah gini aku lebih suka kaldu ayam..jadi terasa ringan dan segar. Dan..sayurannya aku juga nyontek ala bakso Sriboga..bukan pakai sawi bakso , tapi pakai daun selada..enak lho teman2..jadinya seger banget..cobain dech sekali2 daun selada..di buat campuran bakso kuah gini. Udah dech..dengan modal sedikit bisa jadi menu yang maksi hasilnya. Cuma ya ini nggak rekomended buat di jual ya..hihi..bisa rugi..kalau perbandingan bahannya cuma pakai tepungnya dikit banget...secara harga udang kan lumayan mahal ya. Jadi..lebih enak di buat konsumsi keluarga aja ya..pasti dech akan di sukai menu ini. 

Nah..adonannya cuma satu kayak gini nich..tapi bisa di variasi jadi macam2 isian bakso. Untuk bakso tahu..tinggal pakai tahu putih yang di potong serong, terus di lubangi bagian tengahnya, lalu di isi dengan adonan, dan di kukus. Untuk rollade goreng, tinggal bikin telur dadar tipis2, lalu di olesi adonan bakso secara merata, lalu gulung dan kukus sampai matang, potong2, lalu goreng. Ngukusnya barenga aj aya..bakso tahu dan rolladenya..biar hemat gas..hihi. Untuk bakso gorengnya..mudah banget..tinggal di bentuk bulat2..lalau di goreng di minyak panas dan terendam sampai matang. Untuk pangsitnya..tinggal di isikan ke kulit pangsit khusus goreng, lalu di goreng. Mudah kan..^^

Bakso Udang Kuah Komplet

Bahan adonan bakso udang :
200 gram udang kupas, haluskan
50 gram ayam giling
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam
1 butir putih telur
1 batang daun bawang, iris halus
4 sendok makan tepung sagu / tapioka

Cara membuat :
Campur daging udang halus dan ayam giling, uleni dengan semua bumbu dan putih telur sampai halus dan tercampur arta, masukkan tepung sagu, aduk rata. Koreksi rasa, dengan cara ambil sedikit adonan, lalau di goreng dan cicipi rasanya..udah gurih belum. Jika udah pas rasanya...lalu siap  di buat aneka jenis bakso. Untuk bakso goreng, bentuk bulat2, goreng sampai matang. Untuk pangsit, isikan ke kulit pangsit, lalu goreng. Untuk bakso tahu, isikan ke tahu putih, untuk rollade, oles di atas telur dadar tipis,lalu gulung, lalu kukus keduanya hingga matang. Sajikan aneka bakso dengan kuah bakso dan daun selada yang di iris2.

Kuah Bakso :
1000 ml kaldu ayam
2 batang daun sledri , ikat utuh
Garam, merica dan gula pasir secukupnya.
Bawang goreng seckupnya
Daun bawang dan sledri iris secukupnya untuk taburan
Daun selada secukupnya

Cara membuat :
Masak kaldu ayam dan bumbu2 sampai mendidih. Sajikan dengan aneka bakso, daun bawang dan sledri, serta irisan daun selada. Sajikan hangat.

Tips : 
Untuk basko udang..gunakan udang yang segar ya teman2..nggak harus yang masih hidup sich..cuma jangan sampai udang yang udah lembek atau nggak bagus kondisinya..karena jika di olah bau amis kalau udang gitu. Udang yang segar tuch..cirinya..masih kenyal dagingnya dan kepalanya belum terpisah dari badannya.






14 comments :

  1. Replies
    1. Hihi...kalau jadi tetanggaku tak bagiin dech Mba Mutiara..:)

      Delete
  2. Waaah.. udang jg bs di buat bakso y mba? slma ni sering mkn bakso daging dan bakso ikan... hemmmm... gmn rasanya ya... jd pingin tapi ko mls buatnya.. soalnya di sini gak pernah dapat bakso udang,, mungkin udang lbh mahal kali ya ato emang gakda yang tau kalo udang bisa di buat bakso... jd penasaran ni mba...kapan2 pingin jg nyobain resepnya mba diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..jadinya gurih banget juga..khas aroma udang Mba..enak di makan pakai bakso kuah..:) cobain dech Mba Zulfa...:)..Kalau di jual emang rugi Mba..bakso udang..hihi..kan..udang kalau di kupas jadinya dikit...:)

      Delete
  3. kenapa kalau adonan gini kok pakai putih telur saja? kalau dimasukkan telur utuh (kuning+putih) apa ada efeknya ? makasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putih telur kan tidak ada rasa ya Mba....jadi biasanya hanya berfungsi sebagai perekat adonan aja Mba..jadi nggak perlu kuningnya..:)..Jika di campur...akan mempengaruhi rasa..

      Delete
  4. alo mbak..ini shyswy...kulitnya udang hrs dipisah ya mbak?ini memang gak pakai bihun atau mie kuning ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ciwi..^_^..lho..aku ikut2an nick name manggilnya..hihi..imut Mba..:)

      Iya Mba..udangnya di kupas dulu ya..sampai sisa dagingnya aja..kulit sama kepalanya buat kaldu aja..:)
      Boleh pakai mie Mba..bihun atau mie kuning..kalau kami sukanya kosongan gt..tanpa mie..soalnya baksonya udah macam2..hihi..kenyang bgt klu pake mie lagi Mba..:)

      Delete
  5. Mak Di, pakai selada enak tah? Dibanding pakai sawi enakan mana? Hihhihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan selada ndak pahit Mak..hihi

      Delete
  6. Mbak, klo untuk baso goreng adonannya ditambah soda kue trus cara masaknya direbus dulu trus di goreng efeknya apa ya?
    Makacih resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bakso goreng sebaiknya langsung goreng saja Mas..kalau di rebus dulu baru goreng malah jadi keras dan nggak ngembang..:)

      Delete
  7. Sy sdh coba resepnya mba.. rasanya enaaak sekaliii sy sdh coba yg digoreng, direbus, sisax sy simpan mau diisi di tahu.. sy pake tepung bakso kebetulan dpt kiriman dr teman..trimakasih resepnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..sama2 ya..syukurlah jika suka menunya..met coba yang lain..msh byk olahan pakai tepung bakso lho..:)

      Delete