Google Ad

Friday, November 8, 2013

Kluwak..Salah Satu Bumbu Dapur Favoritku..^^


Hari ini aku masak brongkos teman2.Brongkos adalah masakan khas Yogya.Brongkos adalah menu keseharian dulu di keluargaku di Yogya..jadi udah biasa membantu ibuku memasak brongkos ini. Macam2 bahan bisa di olah jadi brongkos..dari daging..telur..tahu..kacang tholo..kulit melinjo...labu siam..sampai pepaya muda..enak semua sich menurutku..karena aku memang suka brongkos.Kalau mau komplet ya..masukkan saja semua...jadi dech brongkos komplit. Tapi..aku paling suka brongkos kacang tholo..dan tahu..tapi kalau Yodha dan papinya sukanya brongkos daging dan telur..jadilah di gabung saja..brongkos komplet versi keluarga kecilku..hihi. Resep brongkos...udah pernah ku share beberapa kali..beda bahan aja..kalau bumbu2 hampir sama...salah satunya di sini. Nah..karena lagi masak brongkos..jadi pengen share tentang kluwak aja..karena resepnya udah pernah di share ya. Karena kluwak inilah bumbu utama brongkos. Kalau nggak pake kluwak..ya..nggak jadi masakan brongkos dech.

Kluwak..ada yang nyebut juga keluak..kluwek, pucung..atau kepayang. Kluwak ini berasal dari buah kluwak segar..yang di ambil bijinya..di masak, kemudian di peram di dalam tanah atau abu, supaya bisa berwarna kehitaman dan matang dalamnya. Buah kluwak segar biasanya di diamkan atau di rendam hingga daging buahnya melunak dan bijinya mudah di ambil. Biji inilah yang kita gunakan sebagai bumbu dapur. Tapi jangan sekali2 mengkonsumsi buah kluwak yang masih mentah dan belum di proses ya teman2..karena mengandung racun sianida. Tapi kalau udah di rebus dan di peram..jadi kluwak yang kehitaman..kandungan racunnya sudah hilang dan sudah aman di konsumsi sebagai bumbu masakan. Jadi tidak usah repot2 beli buah kluwak mentah..beli saja yang sudah siap pakai..yang sudah matang dan di peram..supaya nggak mabuk kluwak ya..atau mabuk kepayang..hihi. berarti orang yang jatuh cinta..yang mabuk kepayang itu..sama dengan mabuk kluwak ya teman2..hihi..*nggak nyambung..*

Aneka masakan khas Indonesia banyak yang memakai kluwak..kalau dari Yogya brongkos..dari Jawa Timur, rawon..dari Kudus...pindang kudus..dari Betawi..ada juga..babus pucung..dll. Kluwak ini memberi rasa dan citarasa khas pada masakan Indonesia. Dari berbagai jenis olahan kluwak..brongkos , rawon , dan pindanglah yang sering aku buat.

Tip memilih kluwak yang bagus, kluwak yang bagus adalah kluwak yang isinya empuk dan berwarna kehitaman, serta mudah di haluskan. 
Pilihlah kluwak yang terasa berat dan kulit luarnya tidak berjamur.
Mintalah ke penjual untuk memecahkan salah satu kluwak, dan cicipin rasanya..pahit atau tidak..jika dalamnya bagus dan kehitaman, dan tidak pahit..maka kluwak lain juga bagus, karena biasanya satu peraman. Aku sering beli di tukang sayur kluwak..jika bagus..satu..lainnya juga bagus..karena tukang sayur tuch beli kluwak sekaligus.,.misal berapa kilo gitu..jadi pasti hasil peraman yang sama kluwak yang di bawa itu. Pernah juga..suatu saat...tukang sayurku dapat kluwak jelek semua..sekantung..masih muda dan pahit..jadi..di buang dech..karena nggak bisa di pake. Jadi..lebih baik..beli kluwak di pasar..atau di tukang sayur bisa milih..dan bisa nyicip dulu. Kalau di supermarket tuch..kadang2 udah terlalu lama..kering dan nggak ada isinya.
Jika dapat kluwak yang agak kopong..isinya sudah kering dan  menempel di kulitnya..tapi masih berwarna hitam bagus, masih bisa juga di gunakan..tapi di rendam terlebih dahulu di air panas, agar mudah di haluskan.
Jangan gunakan kluwak yang sudah berjamur dan berwarna keabu2an karena biasanya sudah kering dan lama.
Cuci bersih kluwak sebelum di pecahkan..karena kadang2 jika isinya lembek..akan belepotan di kulitnya. Jadi pastikan kluwak sudah bersih dari kotoran jika di pecahkan.

Oke..selamat memasak menggunakan kluwak ya teman2..jangan takut..selama kluwaknya sudah di proses dan sudah matang..tidak beracun kok. Semoga bermanfaat ya sedikit infonya.

Ini dia brongkos daging, kacang tholo, tahu dan telur..yang ku masak tadi..sampai kuah agak nyemek..yummy..karena..memakai kluwak. Selain memberi rasa dan aroma khas..kluwak juga membuat warna masakan juga semakin menarik..mlekoh..bahasa Jawanya..hihi.


6 comments :

  1. Kalau di masakan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dipakai kluwak atau isi dari bijinya ya Mbak Diah. Kalau di masukan Sunda yang dipakai daging buahnya yang berwarna putih, atau bahasa Sundanya PICUNG.

    Picung ini enak dimakan dengan nasi panas. Bumbunya bawang merah, bawang putih, Cabe merah, garam, diulek. Lalu tumis, masukkan daum bawang yang sudah diiris, lalu masukkan ipung yang sudah diulek juga. Tambahkan irisan petai bila suka dan cabai rawit utuh bila suka.

    Kalau pintar masaknya saya bisa nambah nasi Mbak, makan picung ini. Sudah belasan tahun saya enggak pernah lihat picung sejak tinggal di Nganjuk.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..daging buahnya enak jug aya Mba Devy.....siippp mksh infonya...baru tahu soalnya. Di rumahku di Yogya..punya pohon kluwak mba..jadi klu berbuah..suka di biarin aja..sampai bijinya mudah di keluarkan..wah..ntar ku bilang ibuku ahh..klu bisa di masak..eh tapi nggak beracun ya Mba kan ya..hihi..takut juga soalnya..klu biji mentahnya kan kandungan racunnya sianida gt..serem..tapi klu udah di peram ya aman2 aja ya..mkn kluwak aku udah dari kecil terbiasa..:)

      Delete
    2. iya mbak didi, kluwak yang masih muda di tempatku namanya bobo, teksturnya putih ada coklatnya dikit empuk dan kenyal, enak deh! biasanya ma aku di masak tumis cabe ijo walaaahh ga berhenti makan, coabain deh mba. kalo masih baru mecah dari kulit kerasnya di rendam 2 hari tiap pagi sore airnya di ganti, kata mbahku biar ga beracun, setelah itu tinggal di masak...

      Delete
    3. Oh gt ya Mba Esti..wah..aku jadi tambah penasaran..hihi..kayak apa ya rasanya..tapi musti ke Yogya nich..buat dapet buah kluwak seger..di sini jarang ketemu kluwak seger..Tapi..beneran lho..aku jadi penasaran rasanya gmn..:)

      Delete
  2. Assalamu 'alaikum mba Diah... salam kenal, ditempatku di Bone sulsel juga banyak kluwek mba dijual dipasar... kluwek muda putih banyak dijual biasax dimasak dgn tumis ikan teri basah atw ditumis sayur, begitu juga kulit kluwek bagian dalem yang warna coklat muda dimasak dgn ikan atw tumis sayur...klw kluwekx sendiri yang item buat campuran sop konro ikan atw sop konro daging...makyusss hehe

    ReplyDelete
  3. Assalamu 'alaikum mba Diah... salam kenal, ditempatku di Bone sulsel juga banyak kluwek mba dijual dipasar... kluwek muda putih banyak dijual biasax dimasak dgn tumis ikan teri basah atw ditumis sayur, begitu juga kulit kluwek bagian dalem yang warna coklat muda dimasak dgn ikan atw tumis sayur...klw kluwekx sendiri yang item buat campuran sop konro ikan atw sop konro daging...makyusss hehe

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel