Sunday, November 10, 2013

Tips Membuat Bubur Ayam



Bubur ayam...menu sarapan..yang mudah di temui ya teman2..terutama di Jakarta..asalnya..atau dari Bandung ya..aslinya..entahlah..aku kurang tau pasti. Cuma..di Semarang pun banyak sekali penjual  bur yam di pagi hari..dan rata2 tulisan di gerobaknya..adalah..bubur ayam..asli Jakarta..hihi..berarti dari Jakarta kali ya..bubur ayam ini. Beneran lho..di Semarang atas aja..daerah Banyumanik dan Ngesrep..di sekitar tempat tinggal ku..banyak banget ya jual bubur ayam..dari sekitar Kanfer..Jatiraya..dan sekitarnya saja..ada kali 6 penjual bur yam..belum di Ngesrep..ada banyak lagi..dan ada yang terkenal..bubur ayam Pak Brewok..malah. 

Membuat bubur ayam ini kadang yang bikin males..adalah masaknya yang butuh waktu lama. Nah..aku mau kasih tips bikin bubur ayam praktis ya teman2..yaitu..pakai slow cooker...buat yang belum tau..ini alat masak..semacam rice cooker gitu bentuknya..tapi memasak secara lambat dan matang sempurna.
Alat ini efektif untuk bikin bubur...bikin kaldu..bikin masakan yang perlu waktu lama memasak..misal..lontong..ketupat..masak daging dll. Hampir tiap hari dech slow cooker di rumahku ku pakai..karena efektif sekali sich..bisa masak..sambil di tinggal tidur..ntar mateng sendiri. Nggak kebayang kan..nungguin bubur matang...lama banget kalau masak pakai kompor biasa..tapi..jika pakai slow cooker ini..enak..tinggal di colokin..ntar berjam2 di masak..nggak bakal gosong atau kehabisan air. Karena slow cooker ini sistem masak secara lambat, jadi airnya nggak langsung cepat habis..seperti kalau memasak di kompor.Jika mau bikin bubur ayam buat sarapan..aku biasa..nyalain weker tuch..sekitar jam 3 bangun..terus..tinggal siapin beras dan air..colokin slow cooker..habis itu di tinggal tidur lagi dech..bangun2..jam 5 bubur ayam udah siap. Jika males nyiapin perlengkapannya..di makan pakai abon aja udah enak dan gurih..karena memakai kaldu ayam asli. Jika mau rajin..tinggal masak ayam kuah kuning bentar..ayamnya di goreng..di suwir2..terus kuahnya buah siraman buburnya. Tinggal di tambah cincangan daun bawang dan sledri serta kedelai goreng..udah.jadi dech bubur ayam ala abang2 buat sarapan.

Tips membuat bubur ayam yang enak..pakailah air kaldu ayam ..bukan air biasa..jadi buburnya akan terasa gurih banget..dan leih bergizi..buat anak2 ya. Jadi..misal kita mau bikin ayam goreng..sebelum di bumbuin..di buat kaldunya aja dulu..dengan di rebus dengan api kecil hingga keluar kaldunya..*tip ala Mak irit..hihi..*...jadi..selalu ada stock kaldu fresh di frezer kan..sewaktu2 mau bikin bubur ayam..bisa di pakai dech kaldunya.
Jika tidak ada slow cooker..bubur bisa di masak di atas kompor biasa..cuma yang harus sabar ya..kalau bikin bubur dengan cara di masak biasa. Agar tekture buburnya bisa halus dan lembut. Api kompor jug ajangan terlalu besar..agar air kaldunya tidak mudah menyusut..sementara..buburnya belum matang atau halus. Jika mau lebih kaya rasa..bisa di tambahkan sedikit kaldu blok....kalau mau rasanya sama kayak bubur ayam yang di jual di abang2 gitu. Tapi..jika memakai kaldu ayam asli..sebenernya udah gurih juga kok bubur ayamnya..asal penambahan garamnya pas.

Bubur ayam ini..jika mau praktis..bisa juga di makan dengan aneka tumisan..misal..tumisan udang..atau semur tahu..tumisan ayam , ati ampela..usus..dll..jadi dech kayak bubur ayam Sukabumi..jadi nggak harus di makan dengan suwiran ayam..juga enak. Selamat berkreasi dengan bur yam ya teman2. Jika mau resep bubur ayam kuah kuning ala abang2 pinggir jalan..resepnya udah pernah ku posting di sini .

Bubur ayam..paling enak di makan dengan sate usus atau sate telur puyuh..^^



5 comments :

  1. Kirim2 ke klenteng yaa mbak buburnya hihii *mupengbanget* *ileran*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Mba Mutiara ki telat terus datengnya..jadi udah habis nich..:)..Eh Mba..kmrn aku nemu ikan Tuna di Pasar Damar lho..bagus2 dan gede2..udah beli belum..gara2 penasaran..beneran Tuna atau Tongkol..jadi aku beli aja..:D..ternyata beneran Tuna..dagingnya utih..:)

      Delete
  2. Resepnya mana mba? hihihi...Pengen bikin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada mba..di postingan lama..search aja di kolom pojok kanan atas..pakai kata kunci..: bubur ayam ala Kaki lima..:)

      Delete
  3. Hai Mbak Diah,

    aku tuh paling seneng buka2 koleksi resep di blog ini Mbak. Sangat membantu. Terima kasih ya. Mudah2an rejeki Mbak lancar terus. Amien.

    Oh ya, kok di bubur ayamnya gak ada cakwe Mbak? Pernah coba bikin cakwe sendiri gak Mbak? Mamaku pernah bikin pakai tepung premiks. Rasanya kayak kebanyakan baking soda, hehe.

    -Ayu

    ReplyDelete