Thursday, November 7, 2013

Rujak Cingur


Rujak Cingur..rujak khas Surabaya Jawa Timur ini sangat unik dan segar rasanya. Unik..karena rujaknya terbuat dari campuran buah2 an dan sayuran rebus..masih ditambah lagi tahu dan tempe goreng. Dan yang plaing unik adalah pemakaian cingur..atau kulit hidung sapi..hihi, cingur = hidung..^^ Tapi jangan il feel dulu ya teman2 buat yang belum pernah makan..enak kok..cingur sapi nya yang di pakai kan bagian yang tebal kulitnya dan kadang masih ada sedikit dagingnya..jadi rasanya kayak kikil dan empuk kenyal2. 

Dulu pertama kali makan rujak cingur di Yogya ya..ragu2 juga..kok rada aneh sich..sayuran..campur buah2an..campur cingur pula..udah gitu di kasih saus petis yang banyak..wah..nggak kebayang dech dulu rasanya. Tapi setelah mencoba..eh ternyata enak juga lho..sayuran di campur buah2an enak juga...rasanya jadi ada seger2 asem dari buah2annya dan ada tekture crunchy nya..pokoknya walau campur aduk enak dan seger dech. Nah..sebagai iconnya ya..itu tadi..cingur sapi yang kenyal2 gurih..enak dech. Tapi jika terpaksa tidak suka cingur..yang boleh aja di ganti kikil atau kulit bagian lain..rasanya kan hampir sama semua ya..kenyil kenyil. Citarasa utama yang membuat rasa rujak cingur menonjol adalah bumbu petisnya. Kalau aslinya di Surabaya sana..katanya beberapa penjual rujak cingur memakai campuran beberapa macam petis..bahkan ada yang sampai memakai 7 petis..hihi..petis apa aja tuch ya sampai 7 macam. Kalau aku buat cukup 2 macam petis saja..petis kemasan yang bagus..dan petis pasar..di campur..udah enak dan menonjol juga kok rasanya. 

Cuma yang nggak ada dari rujak cingurku adalah pisang kluthuknya. Kalau beli itu kan ada rasa dan aroma pisang kluthuk mentah..yang bikin rujak cingurnya tambah sedep. Tapi nggak masalah juga sich jika tidak ada..nggak pakai. Yang penting bumbu2nya pas..ya tetep enak kok rujak cingurnya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka rujak Cingur khas Surabaya ini.Yukk siapin bahan2nya :
  • Bahan pertama, sayuran terdiri dari kangkung dan kacang panjang rebus, taoge yang di seduh air panas, tahu dan tempe goreng, serta 250 gram cingur sapi yang sudah di rebus dengan sedikit garam dan daun salam serta jahe sampai empuk, lalu di goreng sebentar. Jumlah sayuran dan bahan lain..secukupnya saja ya..mau buat berapa porsi. Kalau kayak aku di bawah ini cukup untuk 2 -3 porsi..tergantung banyak nggak makannya..^^
  • Bahan buah2 an..bengkuang, ketimun, kedondong, mangga muda, dan nanas, sesuai selera juga jumlahnya..kalau aku cukup beli paket rujakan itu udah komplet dan mur mer..^^
  • Saus kacang dan petisnya untuk 2 - 3 porsi : 50 gram kacang tanah goreng, 2 bawang putih, 4 cabe rawit,  1/2 sendok makan gula merah, 3 sendok makan campuran petis pasar dan petis kemasan supermarket, 2 biji asam jawa, garam secukupnya ( Boleh tambahin  kecap manis secukupnya jika suka ), ulek semua bumbu dan aduk rata. Tambahkan air dan kecap manis secukupnya.
  •  Hasil akhir sausnya seperti ini.
  • Siapkan piring saji..taruh sayuran, buah2an, tahu dan tempe goreng, serta cingur sapi secukupnya per porsi.

  • Tuangi saus kacang dan petis secukupnya.Rujak cingur siap di hidangkan..dengan kerupuk..makin enak..^^


12 comments :

  1. Mbaak yang kece & cetar +baik hati hihi mau nanya dongs, di pasar jati sama damar ada pernah beli ikan tuna seger ga ? Lagi nyari banget soalnya hehee makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kayaknya Mba Mutiara..aku tadi denger sekilas..pas ke pasar beli ayam kampung..ada penjual ikan nawarin ikan tuna ke pelanggannya..tapi aku jarang beli ikan tuna soalnya..lebih sering beli tenggiri..kakap..dll..soalnya takut keliru ama tongkol Mba..pernah trauma..suami keracunan tongkol...walau nggak parah..tapi jadi takut masak tuna , tongkol dan ikan sejenis..hihi.

      Delete
  2. Minggu kemarin, pertama kali saya menikmati rujak cingur. Daaan, sebelumnya saya tidak tau kalau cingur=hidung sapii. Padahal saya belum pernah yang namanya makan kulit2 sapi gituu.

    Saya kira kenyalnya siomay, ternyata cinguur. Dodol bangettt rasanya, MBa. Hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...nggak sengaja makan cingur ya Mba..enak kan..kenyal2..eh tapi masak kayak siomay sich Mba..hihih.
      Memang macam2 bagian kulit , hidung, pipi..dll sapi ini enak di olah macam2 mba..ayukk cobain..di oseng pedas juga enak lho..:)..cuma memang kalau di bikin rujak cingur gini kan tersamar ya..di antara byk bahan lain..jadi nggak keliatan cingurnya..:)

      Delete
  3. Wah, ini kurang pisang kluthuknya...Mbak Diah mesti mampir ke Malang, nanti kuajak makan rujak cingur di depan rumah. Enak poool! Minta alamatnya deh Mbak, nanti aku kalo pas plg Malang takbawakan makanan khas dan pisang kluthuk. Takpaketin maksudnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kmrn pas aku nemu pisang kluthuk..aku coba pakai memang beda ya rasanya..lebih sedep. Wah..bisa di buat makanan apa Mba Pisang kluthuknya ?

      Delete
    2. Engga mbak, maksudku kalau mau tuh kubawain kluthuk, melimpah ruah di sana. Di sini kayanya kok jarang bgt. Kalo makanan khas dari Malang kripik singkong, kripik tempe, ada pia juga ( nah ni cucok buat yang seneng pia, siapa ya, clingak clinguk, hheheh)... Seandainya kluthuk bisa dikripik, sayangnya engga Mbak :(

      Delete
  4. mba Diah, aku pengen bikin tahu tex jawa timur gitu, tapi di jakarta aku ga nemu petis yang enak. pake merk apa ya petisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai petis pasar aja klu aku Mba..lebih enak dr yang kemasan di supermarket..:)

      Delete
  5. Mba diah, aku susah banget cari petis di pasar deket rumahku. Aku nitip mba diah aja boleh ga? Hehe.. jika ga keberatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rani..tinggalkan saja alamat di email ya..nanti kalau aku udah nggak sibuk aku kirm dech..:)

      Delete
  6. Halo mba diah, sy seneng bgt dgn rujak cingur maklumlah arek suroboyo...
    Utk bawang putihnya lbh enak kalo digoreng dulu mba, baru diulek ama bhn2 yg lain, trus makannya pake krupuk putih yg mlungker2 itu lho mbak.
    Btw, saya senang sekali jalan2 di blognya mba diah, jadi berangan2 kapan ya bisa pinter masak ama punya blog spt ini...
    Thanks bgt ya mba resep2nya oke polll...
    -desy-

    ReplyDelete