Friday, November 1, 2013

Jamu Kunir Asem ( Kunyit Asam )



Jamu..jamu..siapa mau jamu ?...Ada jamu kunir asem...hihi...udah kayak mbok2 bakul jamu nich..ya teman2. Siapa yang suka minum jamu kunir asem..atau kunyit asem...?.Yukk..mampir..aku barusan buat ..banyak nich teman2. Jamu kunir asem ini bagus lho di minum buat kesehatan wanita..dan juga jamu ini salah satu jamu yang paling enak menurutku..karena rasanya seger..dan nggak pahit. Apalagi minumnya di tambah es batu..tambah seger dech...nggak kerasa minum jamu. Di beberapa restoran..malah jamu kunyit asam ini jadi salah satu menu minuman juga lho.

Jamu kunir asem, selain seger..juga bermanfaat buat meredam rasa nyeri haid pada wanita. Nah..daripada beli kemasan yang takut ada pengawet, dll..atau beli di mbok2 tukang jamu yang belum tentu bersih..ayukk bikin sendiri teman2..mudah kok. Dan..rasanya bisa seenak kalau beli kok..malah bisa sesuai selera manisnya. Bahan2 yang di pakai bisa terjamin kebersihannya..gulanya juga pakai bener2 gula asli..jadi lebih alami rasanya..dan tentu saja lebih sehat..juga lebih hemat..karena jadinya banyak dech..dengan sedikit bahan.

Biasanya..aku buat jamu kunir asem..asal cemplung cemplung aja..campur2 kunyit segar, gula dan asam..lalu di rebus. Kunyitnya suka ku parut atau ku iris2 kecil. Nah..kali ini..aku bikin yang beneran kayak tukang jamu..hihi..jadi bikinnya sekalian banyak dan bisa di simpan di kulkas..bisa tahan semingguan dech. Kali ini memakai kunyit yang di jemur dulu hingga kering dan di blender halus dulu. Karena musti di jemur dulu kunyitnya..jadi lebih baik bikin banyak sekalian kunyit bubuknya teman2..sekalian njemurnya gitu.Jika bubuk kunyitnya sisa..bisa di simpan..sebagai bumbu dapur praktis..atau di buat persediaan untuk bikin jamu kunyit asem lagi. Hasilnya..dengan kunyit kering ini memang lebih enak kunir asemnya..jadi seger dan nggak terlalu nyegrak aroma kunyit segar kayak yang biasanya aku bikin. mau coba teman2..yukk simak caranya ya..^^
Jamu Kunir Asem ( Kunyit Asam )

Bahan :
Kunyit 100 gram
Biang empu kunyit 100 ( kunyit yang bagian pangkal dan besar2 )
Asam Jawa 75 gram, rendam air panas, dan remas2 hingga kental, dan buang bijinya, saring.
Gula pasir 100 gram
Gula merah 150 gram
Air kira 1 L ( sesuai selera )

Cara membuat :
Kunyit dan empu kunyit di kupas, di cuci bersih, lalu di iris tipis2 dan di jemur hingga kering, lalu blender dengan blender kering hingga jadi bubuk kunyit halus.
Campur 3 sendok makan kunyit bubuk, air asam, semua gula dan air , masak hingga mendidih. Koreksi manisnya..udah pas belum. Angkat dan dinginkan. Saring kunir asem dengan saringan halus beberapa kali hingga tidak ad aendaan bubuk kunyitnya. Tuang dalam botol dan tutup rapat. Simpan di kulkas. Sajikan dingin..lebih segar dan nikmat.


21 comments :

  1. Wah Mba Diah, ini sepertinya seger banget nih. Dan kayanya bener deh ini buat aku juga jamu yg paling asik, ga pahit. Thank you buat sharing resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Anita..seger ..apalagi di minum pakai es..udah berasa minuman aja..bukan jamu ya Mba..:)

      Delete
  2. mba diah bisa gak biang empu kunyit di ganti kunyit segar smua???..^ _ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja Mba Ivanna..jika tidak ada empu kunyit...tapi kalau ada lebih mudah mengupas dan mengiris2 Mba..karena empu kunyit kan besar2..:)

      Delete
  3. mba, kalau kunyit ganti temulawak apa bisa? rasanya gimana mba? pengen minum temulawak tp yang nga bau. Mohon sarannya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya beda rasanya Mba..ada sendiri jamu temulawak yang enak juga rasanya..bisa di tambah erasan jeruk nipis..jadi temulawaknya biar nggak terasa banget..tak cariin dulu resepnya ya Mba..jika sudah ketemu nanti aku buat dulu jamu sari temulawaknya..:)

      Delete
    2. Aq jual minuman herbal temulawak ga pahit seger tanpa pengawet kalau minat hubungi aq di 085755282896

      Delete
  4. Wah saya juga suka mba bikin minuman ini, Lebih enak bikin sendiri ya... daripada beli diluar.... segeer banget, siang2 pakai es batu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba..homemade is the best ya Mba..^^..lebih sehat dan murah..

      Delete
  5. kunir asem ditempatku namanya sinom mb DD. ak pernah nyoba ak tambahin temulawak, rasanya ada pait2 dikit. tapi kalau ak minumnya juga tak kasih es batu, jadi paitnya g begitu terasa coba deh mb. enak juga kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..takut tambah doyan makan nanti Mba Jenny..kalau di tambah temulawak..hihi,...tapi aku pgn bikin jamu temulawak malahan..buat Yodha..hihi

      Delete
  6. mbk makasih y atas infonya, dari blog e mbk saya bisa mengerjakan tugas prakarya

    ReplyDelete
  7. pengen nyoba juga bikin jamu kunir asem, kata orang tua bagus loh buat kesehatan

    ReplyDelete
  8. Mba mau tanya kalau kunyitnya langsung diblender tanpa dikeringkan boleh tidak ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Bisa mba Sashy...cuma rada langu ya aroma kunirnya..:)

    ReplyDelete
  10. Mba' Terimakasih ya udah sharering,,, saya jadi tau tentang jamu kunir ini, sayacukup suka dengan jamu ini, mba Diah sering mengkonsumsi jamu ini ?

    ReplyDelete
  11. Sy di bondowoso banyak punya lahan kunyit basah...kalo mau kering harus pesan dulu...hub iputu adi k 08123119273

    ReplyDelete
  12. Sy di bondowoso banyak punya lahan kunyit basah...kalo mau kering harus pesan dulu...hub iputu adi k 08123119273

    ReplyDelete
  13. Mbak, sy udh praktekin resepnya, mmg agk sdkit repot y mba, hrs dijemur dlu kunyitny, tp sip, ga ada bau langu, utk gula sm asemny sy kurangin mb takaranny, krn mnrt sy yg d resep agk kemanisen sm agk sdkit asem.
    Tp mksh lho mb resepnya.

    Sy tggu postingan resep beras kencunya ya mba.
    Makasih.

    ReplyDelete