Monday, November 4, 2013

Rujak Serut


Hari Minggu kemaren di kasih mangga mengkal dari ibu mertua...jadi walaupun udah mau matang dan warnanya kuning..tapi masih keras dan ada sedikit asamnya. Jadi kepikiran bikin rujak lagi..tapi biar nggak bosan..akhirnya..aku buat rujak serut. Mangga..gratis..pepaya mengkal..juga gratis..ada terus di depan rumah..udah dech..tinggal beli bengkuang..nanas..kedondong..sama ketimun. jadi dech rujak serut yang seger banget..dan jadinya banyak..padahal suami dan anak nggak pada doyan. Akhirnya.aku bagi2 aja tadi..^^

Rujak serut ini seger banget lho..padahal..apalagi jika sudah di dinginkan sebentar..air buah2annya keluar tercampur ke kuah rujaknya..wow..bener2 dech seger. Aku malah tak kasih es batu juga kemaren..jadi dech minuman yang seger..hihi. Ada rasa pedas..manis dan asam segar dari aneka macam buahnya..bener2..membelai lidah dech. Kalau di Yogya..rujak serut ini di makan sama es krim atau es puter..jadi dech rujak es krim..yang terkenal. Dulu di kampus ku UGM di saerah Sagan ada..rujak es krim gini..nggak tau dech sekarang, masih ada nggak ya.. Jika tidak ada di sekitar UGM..di Pakualaman juga ada rujak es krim yang sudah terkenal. Jika mau repot sedikit ya lebih enak bikin snediri di rumah..tinggal bikin rujak serutnya..di makan dech sama es krim atau es dung dung rasanya benar2 enak..kuah asam pedas..segernya bumbu rujak..just perfect..! Sayangnya..aku nggak punya es dung dung yang putih kemaren..cuma ada yang merah rasa kelapa....ya tidak apa2 dech..sama segernya.

Rujak serut ini..ada yang nyebut juga rujak gobet ya..sama aja kayaknya. Yang jelas ..rujak ini buah2nya bukan di iris..tapi di serut kecil2. Terus di kasih bumbu rujak dan gula merah serta gula pasir..yang sudah di didihkan. Campur dengan semua buah2an serut, diamkan di kulkas hingga dingin sebentar. Nah..sari buah2an yang di serut nantinya akan tercampur dengan bumbu rujak..jadi akan menghasilkan kuah rujak yang benar2 segar alami. Di minum aja kuahnya juga enak dan seger banget..hemm..kemecer lagi dech. Padahal..kuah rujaknya pedes2 nyegrak gitu ya..dan pakai sedikit terasi juga..tapi aku kok suka di jadiin minuman gitu kemaren..tak kasih es batu..hihi.. seger aja pokoknya..tanpa berasa minum sambal kok..kan pakai cabe dan terasinya juga cuma dikit..yang ada malah rasa yang unik dan eksotik..segernya..hihi. Jadi..rasa pedaspun..asal tidak berlebihan..bisa jadi campuran minuman yang segar juga lho teman. Aku jadi ingat es mambo jaman SD dulu..salah satunya..ada yang rasa rujak gini..enak dan segar sekali..^^
Rujak Serut / Gobet

Bahan :
Mangga mengkal, bengkuang, nanas, kedondong, pepaya muda, ketimun..dll buah2an boleh sesuai selera secukupnya

Bumbu Rujak:
5 buah cabai rawit merah
1/2 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok makan asam jawa
1 cm kencur ( Jika tidak suka boleh di hilangkan )
3/4 sendok teh garam
150 gram gula merah
Gula  pasir sesuai selera untuk memperkuat rasa manis

Cara Membuat :
Kupas, cuci bersih dan serut semua buah.
Ulek semua bumbu rujak, lalu campur dengan air secukupnya ( kira2 500 ml..atau sesuai selera, sesuaikan dengan tingkat kemanisan yang kita inginkan), lalu rebus hingga mendidih.
Masukkan kuah rujak manis ke campuran buah2an yang sudah di serut, aduk rata. Diamkan hingga dingin di kulkas. Sajikan dengan es krim / es putar lebih nikmat dan segar.


13 comments :

  1. kbanyang seger2 pedesnya...hehehe
    drpd terasi, aku lbh suka pake petis udang, lbh nendang!
    btw, kmrn eksperimen pake rajangan bunga honje/kecombrang rasanya tambah mantap mbak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..enak juga ya pakai petis udang..maksh tips nya ya..kpn2 tak cobanya..:)

      Honje..aku kok belum pernah nemu di tempatku di Semarang sini..pdhl ya pengen banget coba sekali2..mungkin karena di sini orang jarang memasak pakai honje..:)

      Delete
    2. Di tempat sy sering ada honje bu.
      Bisa dikirim dari sini kalau perlu banyak :)

      Delete
  2. Wadoooh enak tenan mba rujak gobetnya.. Seger banget.. Bsk mau coba buat.. Thanks mba didi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Susilowati..seger banget..apalagi kalau udah nginap di klukas..tambah seger..karena semua sari buah2 annya sudah tercampur..:)

      Delete
  3. Favoritku ^^

    Mbak Diah, aku jatuh cinta sama blog ini sejak kunjungan pertama, hihihi
    aku suka makan dan pengin bisa masak.

    blog'nya asik buat belajar, gambar'nya menarik ( bikin ngiler ) ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih byk ya mba Nurul..udah mau sering mampir ke dapurku..:)..ayukk di coba rujak serutnya..:)..kalau sering berlatih..nanti pasti jadi pinter masak juga..:)

      Delete
  4. waduuuh...,nelan ludah mbak. ngileeerrr...... mantap nih resepnya, makasih byk yach... tak bookmark dech pokoknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Dira..seger banget...di coba ya..:)

      Delete