Friday, November 29, 2013

Crakers Goreng


Pagi teman2..udah sarapan..? Udah pasti ya..jam segini..hihi. mau nawarin crakers goreng sich..jika mau..nich.
Jadi kebiasaan tiap pagi nich..udah selesai semua kerjaan..langsung dech..duduk manis di depan komputer..pertama buka2 email dulu..bales2 email teman2..terus edit foto..dan di posting di blog. Oh ya..colek Mba Evi dari Bandung ahh..yang nanyain keripik sagu..emailnya kok aku bales mail *doraemon* ya Mba..alias..failed..hihi..mungkin mba salah ya..nulis alamat emailnya..jadi..jika memang perlu banget infonya..bisa kirim alamat emailnya lagi yach..takutnya nunggu2 balesan..:)..juga teman2 lain yang nanyain sesuatu..jika belum aku bales..mungkin bisa re send ulang emailnya ya..soalnya kadang suka gitu...udah aku bales..tapi failed..jadi mungkin salah tulis alamat emailnya teman2 ya..^^

Oke..back to resep hari ini..crakers goreng..ini dalam rangka memanfaatkan crakers di meja yang nggak ada yang nyentuh..hihi. Kemaren tuch rada capek..jadi nggak mbikinin Yodha bekal..eh aku bawain crakers asin kemasan aja..eh nggak di maem di sekolah..hihi..lha biasa bawa donat..wafel..martabak manis dll..terus cuma di bawain crakers..protes dia..hihi. Maaf ya Kak..akhirnya tadi bangun subuh lagi..bikin donat praktis lagi..separo resep aja..karena besok libur Kakak. Nah..jadilah sisa crakers aku olah lagi jadi crakers goreng isi ragout ini..sekalian mau uji coba..kalau di lapis tepung pencelup aja..bukan di panir..kayak biasanya aku bikin. dan hasilnya..sama enaknya..aku suka sich soalnya crakers goreng gini. Adonan pencelupnya bisa renyah dan tipis saja melapisi crakersnya..nyam..nyam...dech.


Jadi..jika ada stock crakers asin cemilan anak2 nganggur di meja..yukk..di karyakan jadi snack baru teman2..selamat mencoba ya..jika suka crakers goreng. Oh ya..selain di isi ragout crakersnya juga bisa di isi vla..atau tape..dll..sesuai selera ya.
Crackers Isi Ragout 

Bahan :
10 buah crakers yang asin

Pelapis :
50 gram tepung terigu, 2 sendok makan tepung beras, 1/2 sendok makan tepung tapioka, sedikit garam, 1/4 sendok teh gula pasir dan 150 air, aduk rata hingga licin ya. 
Resep ragout ayam:
1 1/2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
3 sendok makan tepung terigu protein sedang
400 ml susu cair
200 gram ayam rebus, suwir / potong dadu
50 gram wortel, potong kotak kecil, rebus
100 gram kentang, potong kotak kecil, rebus
1 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
2 sendok teh gula pasir ( atau sesuai selera )
1/2 sendok makan seledri, cincang halus
Cara membuat :
Isi: panaskan margarin. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
Masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan ayam, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga licin dan kental. Koreksi rasa..garam dan gula boleh di tambah sesuai selera..intinya..rasa ragout yang enak itu harus gurih dan sedikt manisnya pas. Masukkan seledri. Aduk rata.
Penyelesaian :
Ambil satu buah crakers. Beri isi ragout.
 Tutup dengan crakers satu lagi di atasnya..
Celup ke adonan pelapis
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan.
Potong menyerong jadi dua bagian.Sajikan 



25 comments :

  1. hiyyyaaa...sama mbk,dulu sering beli crakers tapi sering sisa akhirnya bikin beginian tapi isinya cuma kentang sama wortel aja hehehe.....belum yg komplit begini,ini mah enak bangettttt hehehe....tapi skrg dah g lagi bikin goreng2an ^^
    maksih resepnya,mbk diah izin lagi...resep2 disini izin saya catat ya hehe....

    ohya mbk,punya tips atau resep nggak masak tanpa MSG (ro**o dkk),cuma pake garam sama gula tapi rasanya kyk g pake MSG.....kalo punya tipsnya ya mbk ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ada yang isinya sayur aja kok Mak Hanna...kalau beli di pasar itu juga gt..kecil2..dan isinya cuma wortel sama kentang..tapi enak juga lho..asal bumbunya pas. nah..bumbunya itu yang sesuai selera Mak Hanna..kalau nggak suka kaldu bubuk..paling di banyakin gulanya..ya..jadi ada rasa manisnya gt..tapi ya rasanya tetep beda ya..:)

      Delete
  2. tergolong snack lama ini ya mbak. Kalo di Solo di sebut Mangkrik. Tau deh apa itu artinya, hehe....bisa-bisanya cari istilah seperti itu. Makan satu udah kenyang.
    Aku kalo bikin pelapis juga lebih suka pake adonan terigu daripada pake telur. Kalo pake telur, perasaan nyerap minyaknya banyak banget trus minyak goreng di wajan jadi berbuaih deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul Mba Rina..termasuk jajan pasar juga nich ya..tapi namanya lucu bgt ya..di Solo..hihi. Aku juga nggak pernah pake telur Mba..seringnya pakai tepung panir..itu enak..nggak nyerap minyak..dan kriuk juga..tapi tetep di celup telur dulu ding..hihi.

      Delete
  3. kalau crakers dirumahku gak sempat digoreng sudah ludes duluan mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...enak kalau begitu ya Mak..nggak usah repot2 ngolah lagi..hihi

      Delete
  4. Replies
    1. Enak juga ya Mba..aku sukanya yang gurih tapi..hihi

      Delete
    2. Pernah bikin ga mbak yang isi tape ? Aku mau resepnya kalo ada hihii

      Delete
    3. Hihi..ya mba...tinggal di isi tape yang di haluskan Mba Mutiara..kalau resep pencelupnya sama..kan nggak pakai bumbu gurih itu..cuma garam dan gula dikit..:)..

      Delete
    4. Huehehee kukirain tape nya perlu dikasih macem2 lagi mbak, thanks yaa mbak infonya :D

      Delete
    5. Kalau suka..bisa di taburi kayu manis dikit Mba..:)

      Delete
  5. waahhh ini enak mbak apalagi dinikmati anget2 sambil minum teh heeeemmmm.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapppp ...tul Mba Luis......aku juga suka crakers goreng jadul ini..Ayukk buat Mba..:)

      Delete
  6. cracker di rumah saya aja udah laris manis mbak, apalagi di goreng seperti itu, waduh, bakal jadi makanan pokok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah enak Mak Rin..kalau gt..di rumah nich..klu aku beli roti tawar atau crakers gini..selalu utuh..maklum ya cuma bertiga..hihi..emang udah full gizi nich ya..jadi kenyang makan ini aja ya Mak..:)

      Delete
  7. Mba diah..resepnya ga bisa dicopy yah..?pengen nyontek resepnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di klik...gambar printernya dulu Mba..:)..bisa langsung di print juga..:)

      Delete
  8. mbak ni ragout nya bs utk isi risoles jg kan ya? :-D

    ReplyDelete
  9. Mba..ad resep vla yg cocok g buat isian crakers gorengnya??soalnya sukaa banged yg isi vla..crakers gorengnya mba didi keliatannya enak ih :D

    ReplyDelete
  10. Ada mba..nanti di share ya..jika udah buat..:)

    ReplyDelete
  11. mbak Diah Didi, salam kenal,
    saya minta izin copy resepnya ya :D
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. hai mba DD,
    mba sy boleh minta resep adonan pencelup yg dimaksud diatas yg selain putih telur? hehe, makasih..

    -ayu-

    ReplyDelete
  13. Mba..1resep ini bs jadi brp biji ya?

    ReplyDelete