Sunday, November 17, 2013

Pisang Kluthuk


Pisang kluthuk..inilah pisang eksotis yang ku cari2 buat rujak cingur..hihi..tapi dapetnya baru kemaren di pasar..itupun nggak sengaja..nemu di Mbah2 penjual singkong langgananku..di kolong meja jualannya tersembul pisang ini..langsung dech..aku tanya..itu pisang kluthuk di jual tidak Mbah?..Eh Mbahnya bilang..nggak..itu pesanan pelanggannya yang lain..udah lama..dan baru dapat kemaren..carinya susah katanya. tapi..dengan sedikit rayuan..akhirnya aku dapat bagian sedikit juga dari Si Mbah yang baik hati..hihi. Alhamdulillah...akhirnya kemaren keturutan makan rujak cingur pakai tambahan pisang kluthuk muda ini di bumbunya. Memang..lebih sedep dan enak..!. Karena resep rujak cingur udah ku posting kemaren ya..jadi nggak ku tulis lagi resepnya. Jadi..sekarang aku mau cerita tentang pisang kluthuk ini saja ya teman2..^^

Memang..setiap makluk ciptaan Nya ..termasuk pohon pisang nich..banyak ragamnya..masing2 punya kelebihan dan kekerangan..kayak si pisang buruk rupa ..pisang kluthuk ini..buruk rupa karena dalamnya banyak bijinya..hihi..dan kalau di makan bunyi *kluthuk..kluthuk*..makanya di Jawa di namakan pisang kluthuk. Ntah..ada nama lain mungkin ya di daerah teman2?..Ayukk ceritakan padaku namanya ya..biar aku jadi tau juga..hihi. Eh..tapi jangan sepelekan pohon pisang kluthuk ini ya..biarpun pisangnya nggak di lirik manusia buat di konsumsi..* eh..tapi dulu aku pas kecil suka makan juga ding..makannya pinggirannya aja...yang nggak ada bijinya...manis lho sebenernya kalau matang..hihi..cuma banyak banget bijinya..*. Nah..biarpun buahnya jarang di makan..pohon pisang kluthuk..punya banyak kelebihan lain..yaitu di daunnya yang bagus dan lentur..serta halus..jadi daun inilah yang banyak di cari sebagai pembungkus makanan atau jajan pasar. Bunga pisang / jantungnya juga enak..di masak. Jadi..memang benar..di balik kekurangan..pasti ada kelebihannya juga kan segala sesuatu..^^

Pisang kluthuk yang masih muda..paling enak di buat campuran bumbu rujak, seperti rujak buah atau rujak cingur. Cuma itu sich yang baru aku tau. Mungkin ada olahan lain dari pisang kluthuk yang teman2 tau..yukk..silahkan sharing ya...^^ Cara menggunakan pisang kluthuk di rujak..bisa di serut saja..di campur bumbu kacangnya..atau sekalian di ulek di bumbunya juga nggak masalah..tambah sedep dan enak..bumbu rujak cingur atau rujak buahnya. Selamat mencoba ya ..^^

Yukk..kalau punya pisang kluthuk di buat bumbu rujak cingur teman2..sedappp...! ^^


15 comments :

  1. klu org banjar nybutnya pisang manggala'/menggala' mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..ok makasih infonya ya Fikri..:)..di catet..:)

      Delete
  2. mmg unik nama pisang tu..macam mana rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah matang rasanya sebenarnya manis Sis Ummi...tapi kalau masih mentah..paling enak di buat bumbu rujak..rasanya agak sepet sepet gimana gitu..hihi..tapi itu yang bikin rujak tambah sedapp...:)

      Delete
  3. di betawi namanya Pisang Batu mba, kalo di kampungku namanya sama, Gedang Klutuk...
    bener banget tuh, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan... hehehe.... dari akar, bisa dikonsumsi, dijadikan krupuk ares misalnya... (aku blm prnah nyoba..:D), gedebongnya bisa dikeringkan dijadiin tali semacam tutus gitu, biasanya untuk ngikat kangkung ato bayam di ladang, daunnya jelas yang terbaik untuk pembungkus kue, jantung pisangnya pun maknyus dikonsumsi...\Subhanallaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Mba Lina..nama Indonesianya pisang batu ya.hihi..mungkin karena isinya kayak batu kerikil kecil2..hihi..*ngarang*
      Eh..bener mba..byk manfaatnya ya pisang kluthuk ini..tapi aku belum pernah coba juga tuch kerupuk ares..hemm..penasaran..^^..

      Delete
  4. haduuhh mbaakk napa ga bilang ma aku?? di tempatku banyak banget nih gedang kluthuk, di sini seringnya di ambil daunnya ma bakul tempe soalnya daunnya lentur dan ga gampang sobek... aku sebenernya suka banget ma gedang kluthuk ini soalnya manisnya cling banget, ya cuma itu mesti sabar nyebul bijinya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...lha..kaalau deket mah..tggl minta Mba Esti..kalau bikin rujak cingru ya..seumur tggl di Semarang..baru kmrn nemu Mba..hihi...Coba di buat bumbu rujak mba..enak dan sedep lho..:)

      Iya..dulu aku pas kecil juga ingat di rumah byk pohon pisang ini mba..dan suka makan buahnya yang matang juga..wis...disisili aja bagian pinggirnya yang nggak ada bijinya makannya..hihi

      Delete
  5. namanya aneh ya mbak pisang kluthuk kaya jambu klutuhuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..kan sama2 berbiji..hihi..jadi kluthuk itu bahasa Jawa..kalau kita makan sesuatu yang keras..jika beradu dengan gigi..kan bunyi..kluthuk..kluthuk..gitu kan Mak..:D

      Delete
  6. Mba..pisang klutuk ini bahan wajib nya rujak buah kalo d tegal.

    Kalo kacang, cabe, trasi ama petis nya dah halus, pisang ini diuleg juga si bumbu nya.

    Ehmmm jd pengen rujak tegal..

    ReplyDelete
  7. Wah..belum pernah coba aku Mba dewi..kapan2 tak cobanya ya rujak Tegal..mksh infonya..:)

    ReplyDelete
  8. Di daerah ku nama nya pisang sigawak sobat2.. hehe.. bener banget tuh.. buat rujak rasa nya sesuatu..hihi

    ReplyDelete
  9. Di daerah ku nama nya pisang sigawak sobat2.. hehe.. bener banget tuh.. buat rujak rasa nya sesuatu..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Banjar Kalimantan Selatan nyambat Pisangtu Manggala,selain sebagai bahan rujak juga salah satu bahan until Gangan BAKARUH.
      Di Malaysia known as Pisang Kera

      Delete