Wednesday, November 13, 2013

Nasi Lengko



Nasi Lengko..nasi khas Cirebon..baru pertama ini sich bikin dan makan..gara2 iseng..buka2 majalah ada liputan tentang nasi lengko ini..dan tadi di tukang sayur ada semua bahan2nya..ya udah..coba dech. Berhubung baru nyoba..jadi buat seporsi aja..buat diri sendiri..hihi..takutnya suami nggak suka..soalnya.. unik..nasi..di makan sama sambal kacang..biasanya suami nggak suka kombinasi begitu..sukanya ya..sambal kacang itu...pakai lontong atau ketupat. 

Setelah aku coba..enak juga ternyata..nasi lengko ini. Saus kacangnya mirip2 saus lotek..bahan2nya juga..seandainya di tambah bayam dan kacang panjang rebus..jadi dech lotek Yogya..hihi. Ya..itulah keunikan kuliner nusantara..mirip2 bumbu dan bahannya..tapi tampilan dan cara makan..serta namanya udah beda2. Kalau lotek Yogya..biasanya di makan dengan lontong atau ketupat, kalau nasi lengko ini..sesuai namanya..di makan pakai nasi. Pelengkapnya sederhana saja dan murah meriah..cuma tahu tempe goreng, taoge dan ketimun, sama kerupuk mie. Ada dua versi nasi lengko katanya..kalau di majalah yang aku baca nich...cuma pakai bumbu kecap pedas aja..nggak pakai kacang..nah..setelah aku browsing2 ternyata ada yang pakai kuah kacang..jadilah aku pilih yang kuah kacang aja..lebih enak menurutku. Jadi dech..aku bikin nasi lengko..seporsi aja..ala Cirebon..atau Tegal ini ya..yang pakai saus kacang?..Katanya di Tegal..juga ada nasi lengko begini..ala mana saja dech..yang penting judulnya nasi lengko..dan enak rasanya. Mau coba hidangan mur mer ini teman2..silahkan..bumbu2..sesuai seleraku sendiri ya..silahkan di sesuaikan selera masing2 pedasnya...^^
Nasi Lengko

Bahan :
1 buah tahu putih
1 potong kecil tempe
Segenggam taoge pendek, rendam sebentar dengan air panas
1/2 buah mentimun
Sedikit kucai, iris halus
Bawang merah goreng secukupnya
Kerupuk mie secukupnya
Nasi putih yang pero secukupnya ( aku pakai nasi merah..^^ )

Saus kacang :
50 gram kacang tanah goreng
3 buah cabai rawit merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
Kecap manis secukupnya

Cara membuat :
Rendam tahu dan tempe di air bumbu : garam secukupnya, bawang putih dan ketumbar, lalu goreng hingga matang. Potong2 kecil.
Ulek cabai rawit dan bawang, tambahkan garam, gula dan air panas secukupnya ( saus kacang agak encer ya..katanya kalau untuk nasi lengko ini teman2..)
Siapkan piring saji, taruh sedikit nasi, tahu dan tempe goreng, taoge, ketimun, daun kucai dan bawang goreng. Siram dengan saus kacang. Kucuri dengan kecap manis sesuai selera. Sajikan dengan kerupuk mi kuning. Aduk2 dulu ya semua ..biar bumbu merata...sebelum di santap..Enjoy..!





8 comments :

  1. mba diah aku ini penggemar baru mbak lho, tiap waktu senggang di kantor aku pasti buka blog mbak ini, pengen deh nyobain masakan mbak diah kaya apa ya hhmm buka resto online aja mbak nanti aku beli deh.... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dessy..mksh ya..udah mau mampir ke sini..ini..hayukk di coba Mba..di rumah..klu ikutin resep..pasti dech hampir sama kayak yang ku masak..:)..restonya masih cuma melayani dua pelanggan tetap dulu Mba..suami dan anak..hihi..

      Delete
  2. AKu plg suka makan nasi lengko sama tahu n tempe bacem plus telur puyuh bacem mbak...
    sambal kacangnya dibanyakin trus pake kecap dikit aja, dikucurin jeruk limau...
    literrary i'm in heaven.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku kelewatan kucuran jeruk limaunya Mas..hihi..besok kalau bikin lagi tak cobanya dech. Wah..sama tahu tempe bacem..dobel tahu tempe ya Mas..berarti..kan bahannya udah tahu tempe goreng..:D...tapi sepertinya ya tambah enak memang ya.:)

      Delete
  3. wah ini kesukaan suamiku mbak (suami orang tegal), setauku masakan tegal, brebes dan cirebon memang mirip mirip mbak..kemarin habis bikin tahu petis resep mbak diah kebetulan masih ada sisa petis yang udah dibumbu, iseng-iseng aku campurin ke sambel lengko enak juga lho mbak..hehehe biasa emak-emak gak mau rugi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya Mba Sulastini..jadi tau dech skrg..asal nasi lengko.
      Aku kmrn juga mikir..kok bumbunya minimalis banget ya..jadi pengen aku tambahin petis gitu Mba..tapi urung..soalnya pgn tau rasa aslinya dulu..wah..klu besok2 buat asti ku tambahin petis juga nich..hihi

      Delete
  4. Wah iya. Lengko ini makanan wajib wong tegal kaya aku.

    Enaknya ngangenin mba..

    Dan tiap penjual rasa nya punya citarasa beda-beda.
    Tp ada kok penjual lengko yg pake lontong.

    Kalo di deket sma ku dulu mba..ada warung lengko gtu. Dia pake nya tahi goreng tepung yg dipotong2, bukan tahu kuning goreng biasa kaya penjual lainnya. Lebih enaaak mbaaa

    Kalo soal limau, klo d tegal, ga pake mba. Cm mgkn bisa dicoba ya hehe...

    Wah jajanan dan makanan Indonesia tu mang top markotop ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhi..iya mba...mskh infonya. Besok aja cobanya pakai tahu goreng tepung. Iya..tambah seger..di kucuri jeruk nipis..:)

      Delete