Wednesday, November 6, 2013

Bakso Ikan & Ayam Homemade



Bakso daging..aku jarang sekali bikin sendiri..selain biasa beli..kadang..kalau bikin bakso kayak daging gitu, musti harus pakai daging kualitas bagus, dan buatnya juga musti dalam jumlah banyak sekalian, dan hasilnya kadang kurang bisa kenyal. Tapi..aku paling paling suka..bikin bakso ikan dan ayam...lebih murah, mudah..tanpa proses yang ribet dan macam2..hasilnya bisa kenyal. Mungkin karena ada campuran ikannya ya..jadi lebih mudah kenyal..dan tentu saja hasilnya juga lebih gurih..jika di bandingkan daging ayam saja bahannya.

Bakso ikan dan ayam ini enak di buat bakso kuah seperti biasa..atau buat campuran masakan lain seperti cap cay..mie goreng..nasi goreng atau di buat sup tekwan. Rasanya..gurih dan kenyal. Kemaren aku buat tahu kuah ini..karena sekalian mumpung bikin otak2 goreng kemaren..jadi klop banget dech..bakso kuah plus otak2 goreng. Di tambah lagi ada stock pangsit goreng di rumah..jadinya..enak dan seger banget dech..bakso kuah kompletnya. Jika mau..untuk variasi baksonya..bisa juga adonan di isikan ke tahu putih..jadi dech bakso tahu. Sebagai pelengkap  bakso kuahnya. Untuk memudahkan membentuk baksonya..ambil adonan..lalu di cotot pakai tangan..hihi..bahasa aneh ya..terus di bentuk bulat dengan bantuan sendok..kayak tukang2 bakso itu lho. Selamat mencoba..^^
Bakso Kuah Ikan dan Ayam

Bahan :
100 gram ikan tenggiri, yang sudah dihaluskan
100 gram ayam giling
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
2 putih telur
100 gram tepung sagu
1/4 sendok teh penyedap rasa ( optional )
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir 

Cara Membuat :
Jika ada food processor..masukkan semua bahan dan proses hingga lembut. Jika tidak ada..bisa cara manual, aduk rata ikan tenggiri giling dan ayam giling dengan putih telur dan semua bumbu.Uleni hingga halus dan lembut, baru masukkan tepung sagu dan uleni rata.Didihkan air..masukkan bulatan bakso yang sudah di bentuk..lalu rebus hingga mengapung.

Bahan Kuah:
1500 ml air kaldu ayam
4 siung bawang putih, goreng utuh, memarkan
2 batang daun bawang, potong 1 cm
2 batang sledri,  cincang halus
Bawang goreng secukupnya
1 blok kecil kaldu ayam
Garam secukupnya
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Kuah :
Rebus air kaldu dan semua bumbu hingga mendidih, kecuali daun bawang dan seledri, dan bawang goreng..koreksi rasa. Sajikan kuah dengan bakso dan irisan daun bawang serta daun seledri.





12 comments :

  1. aku jadi pingin ketemu mbak diah nih pingin nyicipi masakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..kapan ya bisa ketemuan..klu ke rumah mertua di Semarang..jgn lupa kabarin ya Mak..:)

      Delete
  2. waaaah maaaak...ngileeer beraaat ngeliatnya...aku dulu suka bikin mak, tapi sejak pulang ke Indonesia jadi manja niiih mak...but I really enjoy your recipes..thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mak Indah..:)
      Hihi..iya Mak Indah..emang di Indonesia itu apa2 malah ada ya..hihi..nggak perlu repot buat..:)

      Delete
  3. kalo nggak ada ikan tenggiri bisa diganti yang lain gak?? soalnya di pasar dekat rumah susah nyari ikan tenggiri.. oh ya mbak.. pekan lalu saya sempatin hunting sup ikan mbak ndut. bener2 mak nyus! makasih mbak udah berbagi banyak hal di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ikan kakap merah bisa ya Mba..cuma aromanya lebih tajam ya..klu ikan kakap..di banding ikan tenggiri yang beraroma soft..:)

      Wah...udah coba ya Mba..sup ikan Bu Ndut..iya..seger..suamiku sampai ketagihan..hihi..kpn2 tak ngulik resepnya..:)

      Delete
  4. Mbak, ini cara buat baksonya setelah dibentuk d rendam dalam air es dulu atau lgsg d rendam dalam air mendidih kemudian baru d rebus ya mbak.. Makasi sebelumnya.. -tita medan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kalau aku kemaren..langsung cemplungin ke air mendidih aja Mba Tita..begitu habis di bentuk. Jika belum bisa halus menbentuknya, bentuk bulat sebisanya dulu...habis itu..basahi tangan dengan air..lalu di bulat2 lagi dan langsung cemplungi ke air mendidih...praktis aja mba..nggak usah pake cara yang ribet2..:D

      Delete
  5. Kalau resep pangsitnya ada ga mba? biar sekalian komplit kl ntar bikin,hehehe...
    Byk permintaan ya diriku...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada Mba Lisna..di sini : http://www.diahdidi.com/2013/09/pangsit-goreng.html..Mba bisa gunakan fasilitas seacrh..di pojok kanan atas itu Mba..buat cari resep ..tinggal di ketik..misal cari resep pangsit..siomay...empek2..nanti akan muncul postinganku di blog tentang resepnya..tinggal di klik judulnya ya..:)

      Delete
  6. Biar baksonya bs kenyal gmn y mba?aku masak kok jadinya lembek

    ReplyDelete
  7. Sudah buat tapi dari ikan semua. Enak walau bentuknya ga secantik buatan mbak Diah.

    ReplyDelete