Sunday, November 24, 2013

Wafel Pisang..Pakai Cetakan Donat Listrik



Libur kemaren Yodha minta wafel..ya udah..bikin wafel lagi..nah..biar dapat ilmu baru..aku coba resep baru aja...kebetulan masih ada pisang ambon..jadi bikin wafel pisang aja dech. Nah..berhubung kemaren pakai cetakan wafel manual yang di panggang hasilnya nggak bisa renyah luarnya..akhirnya aku memberdayakan cetakan donat listrik yang udah lama nganggur..hihi. 

Cetakan donat listrik..kayak gini nich teman2..


Biasanya..kalau punya gadget dapur tuch semangat makainya pas awal2 beli aja..habis itu..terlupakan oleh gadget2 dapur lain yang baru. Cetakan donat listrik ini sebenernya multi fungsi kok teman2 yang punya juga...tapi kadang bingung mau di buat bikin kue apa. Cetakan donat listrik ini bisa buat bikin kue cubit..bisa buat manggang chiffon cake..dll..tapi ya..bentuknya jadi mini2..kayak donat mini gitu..semua kuenya. kayak bikin wafel ini juga..jadinya ya bentuk donat kecil2..hihi. tapi nggak pa2 dech..yang penting rasanya wafel. renyah di luar..lembut di dalam. Di makan pakai es krim dan lelehan coklat..kok ya enak banget..Yodha lahap makannya..^^

Untuk wafel..aku lebih suka pakai minyak goreng..karena hasilnya bisa lebih renyah luarnya..tapi kalau teman2 suka margarin atau mentega..boleh aja di ganti margarin atau mentega leleh.
Wafel Pisang

Bahan :
140 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
1 telur ukuran besar, pisahkan putih dan kuningnya
1 buah pisang ambon ukuran kecil, kira2 50 gram setelah di kupas,  dihaluskan
200 ml susu cair
35 gram minyak goreng
25 gram gula pasir

Cara membuat :
Kocok kuning telur sampai kental. Masukkan pisang ambon. Kocok rata.
Masukkan susu cair dan minyak. Kocok rata.
Tuang sedikit – sedikit ke campuran tepung terigu, baking powder, dan garam yang sudah diayak sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Tuang ke campuran tepung terigu. Aduk perlahan.
Panaskan cetakan wafel. Aku pakai cetakan donat listrik..karena cetakan wafel listrikku udah wassalam..pecah..^^ Tuang adonan. Tutup dan biarkan sampai matang.
Sajikan dengan es dan lelehan coklat

8 comments :

  1. wah ternyata cetakannya jadi multifungsi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya...iseng2 coba2..bisa juga..di buat cetakan wafel..:)

      Delete
  2. Mbak, cetakan wafel listrik apakah sama dg cetakan buat roti bakar yg listri yah? * tutup muka, ketauan oot'nya* wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..yang segitiga itu kan bentuknya..itu kan aslinya cetakan waffel Mba Mira..tapi di kita malah suka buat mbakar roti tawar..hihi..aku jug agt punya ku dulu..cuma jatuh..terus ecah dech..:)

      Delete
    2. Betul".. yang bentuknya segitiga. Aku malah yg tau itu buat bakar roti aja. Makanya cetakan itu dianggurin aja * tepok jidat*. Setelah ini mo ku karyakan deh..

      Delete
    3. Hihi..iya Mba Mira...kita nich emang ibu2..kalau beli pertama semangat ya..habis itu lupa makenya..ayo Mba..di karyakan lagi, bisa buat bekal anak2...atau sarapan ringan tiap weekend..biar kayak Bule..hihi...sarapannya wafel..:D

      Delete
    4. Kalau aku sih gak tau kegunaannya selain buat bakar roti aja. Setelah ada review dari mbak diah baru tau.. Kalo kebanyakan org Indo mah kalau sarapan gak nasi ktnya gak sarapan nih

      Delete