Thursday, November 28, 2013

Wingko Babat



Memenuhi janjiku pada Mba Evelyne di Amrik..dan Mba Leonora..di Perancis..yang lagi kangen sama wingko babat..ini aku buat lagi ya..dengan bahan2 yang di takar..hihi..nggak kayak kemaren buat terakhir...yang asal campur2 bahan....^^

Wingko babat nich di Semarang terkenal sebagai salah satu icon oleh2 khas Semarang...walaupun aslinya sebenernya wingko nich katanya dari daerah Babat..Jawa Timur ya. Walau begitu..di Semarang..wingko nich..mudah sekali di temui..tuch di sekitar jalan Pandanaran Semarang..banyak banget di jual wingko babat di sepanjang jalan. Di dekat rumahku juga..di Banyumanik..ada produsen wingko babat yang terkenal juga dan di setor ke sentra oleh2 di Semarang.

Kalau di Semarang ..yang terkenal adalah merk kereta api ..enak dan lembut memang..wingkonya....tapi aku juga suka wingko yang kaki lima..lebih terasa gigitannya dan lebih padat..suka semua dech..hihi. Kalau di kaki lima harga wingkonya lebih murah...kalau wingko ber merk kereta api itu bisa 4 ribu satu biji kecil..hihi..kalau yang kaki lima..cuma sekitar 7 ribu an dech ( kalau belum naik lho..hihi..)..udah dapet satu tas kemasan bagus dari plastik gitu...isinya lumayan banyak..jadi cocok buat oleh2 khas Semarang ^^

Nah...buat yang suka wingko..Yukk simak resep wingko yang versi klasiknya ya..untuk resep dasarnya..karena sekarang banyak juga yang di modifikasi wingko nich..ada yang di tambah santan, telur, margarin dll. Kalau untuk variasi rasa..emang bisa di tambah macam2, bisa nangka..coklat, dll...tapi kalau resep dasarnya..aku suka yang klasik. Kalau di wingko babat kereta api di Semarang itu ada 4 macam rasa yang tersedia, wingko rasa original..rasa coklat, nangka dan pisang. Aku buat satu adonan jadi 3 rasa kemaren..cuma minus pisangnya aja..karena nggak punya stock pisang. Yang paling aku suka..adlaah rasa nangka..harum..nangka..dan legit..^^
Wingko Babat

Bahan 
Tepung ketan 150 gram.
Kelapa parut setengah tua , parut panjang 250 gram
Air kelapa  150 ml
Gula Pasir 100 gram ( atau sesuai selera manisnya ya )
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh

Cara Membuat 
Campur semua bahan, aduk rata sambil sedikit di remas remas. Diamkan 15 menit agar gula mencair. Beri tambahan bahan perasa jika suka, misal nangka, pisang, yang di potong kecil2.. coklat..dll.
Sendokkan satu sendok adonan di wajan anti lengket sambil di bolak balik sampai matang kedua sisinya.
Tips: Waktu memanggang..gunakan api kecil saja ya..supaya matang sempurna wingkonya..dan setelah adonan di tuang..biarkan saja matang sendiri..nggak perlu di penyet2 di teflonnya..supaya kulit luarnya nggak keras. Setelah bagian sisi bawah matang baru di balik. dan di panggang hingga kedua sisinya matang semua.
Jika suka wingko yang tektruenya padat,..jumlah air kelapa bisa di kuangi sesuai selera. Kalau sesuai resep hasil wingkonya lembut dalamnya.







29 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..iya Mba..aku tapi kalau makanan manis gini, suka..cuma nggak bisa habis banyak..akhirnya tak bagi2 aja kmrn..:D.

      Delete
  2. pasti sedap ni..rasa tepung pulut dan lemak kelapanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sis Ummi..silahkan di coba..mudah sekali cara membuatnya...dan enak..apalagi kalau buat sendiri..bisa tersaji hangat di rumah..:)

      Delete
  3. Mb Di, sorry, koq garamnya 14 sendok teh? Salah ketik ya?
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..maksudnya 1/4 aja..:)

      Delete
  4. Mba diah...
    Snack makernya diolesi mentega ato minyak dulu ga? Trus jd brp mba dgn bahan2 diatas?
    -Yuni-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu Mba Yuni..kan anti lengket itu pannya..:)..wah..kmrn tiga kali panggang mba..jadi di kalikan lubangnya..aja ya..hihi..nggak ngitung Mba..:)

      Delete
  5. Wah thanks ya mba diah resepnya:) Bakal aku praktekin. Aku mesti beli snack maker pan nya nih. Pan nya itu bisa dipakai buat bikin apa aja ya mba selain wingko ini? Btw kalau mau bikin rasa coklat, mba pakai coklat bubuk? dan brp takarannya? Thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..pakai teflon biasa aja bisa kok Mba Evelyne..yang sering kita buat bikin telur dadar atau pan cake itu..klu belum ada..:)..tinggal sekali panggang di buat 3 atau 4 wingko jika teflon besar.
      Tapi jika mau beli double pan gini ya multi fungsi sich..bat kue lumpur..martabak mansi..kue serabi..pukis..pizza mini..dll..:)

      Delete
    2. Eh..lupa..jawab untuk yang coklat..aku pakai pasta coklat aja Mba..sedikit..tapi jika nggak ada di Amrik ..pakai coklat bubuk aja..di kira2 dikit dulu..terus cicipin adonannya..udah kerasa belum..tinggal di sesuaikan selera..:)

      Delete
  6. Mba kalo aku pake gula halus jd takarannya berapa ya? Soalnya sayang kalo ga dipake... makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga Mba Yanti..cuma aku belum pernah coba..jadi di kira2 aja dulu ya..terus di cicipin adonannya sebelum di panggang..klu kurang tambah lagi..asal bukan gula halus donat kan Mba..itu kurang manis lho..dan ada zat anti gumpalnya..jadi kurang bagus kalau di campur adonan..:)

      Delete
    2. iya mba gula halus biasa hehehe...
      kalo di masukin kulkas tahan brapa lama mba?2 atau 3 hr?

      Delete
  7. dah aku coba mba pake gula halus, enakkk, hehehehe
    cuma jd terlalu cair mba, mungkin aku harus kurangi airnya, tp hasilnya lembek2 enak kalo dengan takaran yang sama spt mba diah diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..mungkin airnya di kurangi ya..kalau pakai gula halus..kan cepet tercampur rata dgn bahan lain..:)

      Delete
  8. Wow, mbak Diah emang baik sekali dan jempolan banget deh !!! Terimakasih banyak ya buat resep wingko babatnya, akan segera saya coba kalau sudah menemukan air kelapanya. Terimakasih banyak sekali lagi dan salam sayang buat Yodha yang pintar ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Leonora..sama2..:)
      Salam sayang kembali dari Yodha ya Tan..salam juga buat Dedek cantiknya..namanya siapa ya..?

      Delete
    2. Mbak Diah, terimakasih banyak atas resepnya ya. Saya sudah coba buat dan suami dan anak saya suka sekali. Terimakasih banyak ya dan semoga sukses terus ya, mbak :-)

      Delete
    3. Sama2 Mba Leonora..syukurlah jika sesuai selera ya..:)

      Delete
  9. Hai mba diah.. Ijin nyolong resepnya lagi yah.. ^^ klo seumpama dicampur sama tape, kira2 tepungnya dikurangi ato gmn ya? Trus air kelapa itu fungsinya apa ya? Klo diganti santan atau margarin bole gak ya? Makasi banyak lagi ya mbak... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indah.air kelapanya aja yang agak di kurangi Mba..tape kan berair juga..:)..air kelapa biar rasanya legit aja..:)

      Delete
  10. hai mbak diah...kemarin aku dah nyoba resep yg ini mbak...enakkk mbakkk...makasih y mbak...dulu pas kecil seneng banget sm wingko dikiranya prosesnya rumit...ternyata tidak serumit yang ku bayangkan...dan hasilnyya enakk...makasih mbak diah resepnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lupna..sama2..mudah banget kan ya..:)

      Delete
  11. Mbak Diah , air kelapanya itu dari kelapa muda atau air kelapa biasa yang akan kita parut.terimaksih Mbak Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air kelapa biasa aja Mba..yang tua juga boleh..:)

      Delete
  12. Mbak Diah, kemarin saya coba bikin. Hasilnya lembut, kenyal tapi rasa kelapanya kurang terasa kres2, mungkin krn saya pakai kelapa kemudaan (spt buat botokan). Harusnya yg kemetan ya? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba SIsca..pakai kelapa tua biasa aja kalau wingko..:)..di kupas bagian luarnya terus di parut panjang2 mba..di tukang kelapa biasa bisa ya marutin begitu..:)

      Delete
    2. Hi...hi... ya kemarin itu kelebihan kelapa buat botokan tahu tempe minggu kemarin. Drpd terlalu lama disimpan, saya olah jadi kue, akhirnya pilih wingko. Lain kali pilih kelapa yg lebih tepat deh. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete