Friday, November 8, 2013

Tahu Petis Semarangan


Tahu petis..adalah salah satu gorengan yang hampir selalu ada di gerobak pinggir jalan di penjual aneka gorengan tiap sore di Semarang. Dulu awal2 tinggal di Semarang pas pertama nyicip..kurang suka aja rasanya. Agak aneh..pahit2 gimana gitu petisnya. Tapi karena suami paling suka tahu petis..akhirnya aku sering mencoba untuk membuat sendiri di rumah. Nah..ternyata..jika petisnya di bumbuin dengan pas..maka tahu petisnya akan terasa enak..akhirnya sekarang aku jadi suka dech tahu petis.

Kunci utama tahu petis ini adalah petis yang di gunakan..jangan petis buatan pabrik. dulu karena takut pakai petis yang di jual di pasar2..karena warnanya hitam gitu..aku suka pakai petis bermerk yang di jual di supermarket..tapi rasanya kadang malah aneh. Jadi sekarang lebih suka petis yang di jual di pasar itu..lebih enak dan alami rasanya. Kalau di Semarang..saus olesan untuk tahu petis ini di buat dadak, nggak di masak terlebih dahulu, seperti kalau buat sambal petis. Jadi cukup di bumbuin garam, bawang putih halus dan sedikit gula merah. Jika suka pedas..boleh di tambah cincangan cabe rawit. Tapi kalau aku..lebih suka cabe rawitnya di buat nyeplus aja pas makan tahu petisnya..lebih enak.

Tahu yang enak buat tahu petis adalah jenis tahu yang padat..misal..tahu China..tahu Surabaya..dl..pokoknya jangan tahu pasar yang lembek dan berair gitu ya. Tahu di potong kotak agak tipis, jika sudah asin langsung di goreng boleh, sampai setengah kering, tapi nggak sekering tahu pong ya. Tapi jika tahunya masih tawar, boleh di rendam air garam dan bawang putih terlebih dahulu, supaya tahunya juga ada rasanya. Tahu yang sudah di goreng , lalu di belah dua , tapi nggak putus, terus di olesin sama saus petisnya. Udah..gitu aja..tahu petis hangat..yang nyam..nyam...siap di nikmati..^^

Tahu Petis Semarangan

Bahan :
300 gram tahu padat
1 siung bawang putih
Garam secukupnya 
Air 100 ml
Potong kotak tahu, rendam di air garam dan bawang, lalu goreng hingga setengah kering.

Saus petis :
1 siung bawang putih
5 sendok makan petis yang berwarna kehitaman, kukus sebentar biar lebih aman dan sehat..karena memakai petis pasar..^^
Gula merah 1 1/2 sendok teh ( sesuai selera )
Garam secukupnya
Ulek bawang putih dan garam, tambahkan petis dan gula, aduk rata. Koreksi rasa, udah pas atau belum.

Penyelesaian : Ambil satu buah tahu goreng, belah tapi jangan sampai putus, olesi dengan saus petis secukupnya. Lakukan hingga tahu habis, sajikan dengan cabe rawit.







6 comments :

  1. aduh..nganti ngiler mbak, kebetulan tempo hari dapat kiriman petis dari surabaya tapi gak tau petis pabrik atau bukan ya..soalnya udah dalam toples gitu, kalau di sini susah nyari petis yang enak mbak
    baru tau aku kalau petisnya harus dikukus dulu dan ditambah gula merah..insyaAllah besuk nyobain biar serasa makan tahu petis di simpang lima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kukus..soalnya aku pakai petis pasar Mba Sulastini..hihi..biar aman aja gitu..tapi kalau petisnya bagus dari Surabaya gitu ya..nggak di kukus nggak pa2 dech..:)
      Iya Mba..di kasih gula dikit biar lebih menonjol rasa gurih petisnya..:)

      Delete
  2. Halo Mbak Diah..kebetulan bgt nih ada resep tahu petis! Suami lagi ngidam tahu petis kaya gini (tapi dia versi malang...mirip2 gini kan ya tahu petis di sana)..saya mau buat tapi kok ya bingung gmn buatnya, soalnya ga pernah ngerasain sih. Hehehe. Untung intip2 blog mbak Diah! Makasih ya resepnya,mbak. Mau segera dipraktekkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Sachi...selamat mencoba ya..ini versi semarangan tapi ..sambelnya ndadak aja buatnya..nggak di masak..nggak tau..klu Malang gmn ..mba..tapi yang ptg enak lah Mba..hihi..

      Delete
  3. mbak Diah, salam kenal... mbak, kalo pengen bumbu tahu petisnya tahan lama gimana caranya? maksudnya biar sekalian bikin agak banyak gitu & disimpan di kulkas utk persediaan... Anakku seneng petis, aku suka beli bumbu petisnya saja di warung wedang di Jl. Mataram itu. Disimpen di kulkas ntar tiap buka kulkas ndulit bumbu petis sedikit...:D tks. Christine.

    ReplyDelete
  4. mbak diah, ni petis yang d pake emang petis yg rada asin2 something gitu kah??tadi saya coba beli petis mbak,kesengsem pengen nyobain ni resep,pas d rumah saya towel pake krupuk dikit,rada kaget.kok petise asin?hihihihii.tak pikir petis jateng sama ama petis jatim yg bs langsung d towel ^_____^"

    ReplyDelete