Saturday, November 23, 2013

Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau


Beberapa waktu kemaren aku cerita mau berkebun ya teman2..dan..ini dia hasilnya..beberapa pohon cabaiku sudah panen..hihi..lumayan lho..panen cabai hijau keriting..udah beberapa kali ku buat masak..salah satunya ini nich buat masak mangut. Biasanya kalau masak mangut pakai cabe merah dan cabe rawit galak..tapi kemaren aku coba pakai cabe hijau keriting..wah..pedes juga lho ternyata. Seru emang..punya pohon cabe sendiri. Walaupun beli cabe juga murah sich..tapi kalau lupa beli..atau kehabisan cabe..pohon cabe di rumah ini ya sangat membantu lho. Kayak kemaren..mau masak mangut..eh lupa cabenya habis..padahal bahan2 lain udah siap..ya udah..pakai cabe hijau keriting aja..dan hasilnya tak kalah enak dengan mangut yang biasanya aku bikin. Tetep enak..sedep dan seger pedes cabe hijau.




Mangut iwak pe adalah masakan khas Pantura. Iwak pe itu adalah ikan pari asap..yang di potong kecil2..enak rasanya..ada aroma smoky gitu. Harganya pun murah..cuma 2000 sepotong. Paling enak memang di masak mangut pedas gini..karena nanti aroma asapnya akan tercampur di kuah..nah itu yang menciptakan aroma dan rasa yang khas dari mangut..yang tidak bisa tergantikan oleh bahan lain. Biar lebih lebih enak..dan komplet gizinya bisa di tambah tempe atau tahu kuning berkulit. 

Resep Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak pe
200 gram  tempe
20 buah cabai hijau, iris tipis serong
10 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 buah tomat hijau, potong potong kecil
1 papan petai, kupas belah jadi dua
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
800 - 1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu2 lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu dan pete. Cicipi rasanya. Setelah hampir masak masukkan potongan tomat hijau. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan. 














10 comments :

  1. bbbrrrrrr.....senengnyaaaa panen cabe ijo hehe,rajin bikin sambel ijo nih kayaknya hehe....disini banyak banget yg jualan ikan kayak gitu mbk,kapan2 ah coba akayknya enak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Hanna..baru beberapa pohon sich yang berbuah, tapi udah seneng..soalnya tuch banyak buahnya.
      Iya.di sana deket laut jug ya Mba..pasti byk ikan asap..met coba ya Mba..enak dan seger pedesnya..:)

      Delete
  2. mbak, pengganti ikan pe apa yah? soalnya aku gak suka makan ikan pe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lele atau tongkol asap Mba..kadang kan ada juga di pasar..enak juga itu di masak mangut..:)

      Delete
  3. emang enak menikmati hasil kebun sendiri y mba karena gak pake semprotan zat kimia... jd aman dari segi kesehatan.. saya suka banget mba berkebun.. senang rasanya kalo liat tanaman yg tumbuh subur... ayo mba.. mari kita berdayakan lahan kosong di sekitar rumah kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Zulfa..itu pohonnya di serang hama terus..putih2 gt..nempel2 di pohon dan daunnya..tapi ya nggak pa2..tetep mau berbuah kok..berarti udah masuk kategori organik ncih ya Mba..cabenya..hihi.
      Iya Mba..nich lagi belajar nanem2 yang lain..:)

      Delete
  4. mbak, apakah tomat hijau bisa diganti belimbing wuluh? kan sama"asemnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan Mba..terlalu asem nanti..tomat hijau ini cuma untuk seger dan ngilangin aroma amis aja..:)..tapi rasanya kan nggakasem banget..klu mangut yang menonjol rasa pedas dan gurihnya..bukan asam..:)

      Delete
  5. Mbak Diah.. aku pingin bangeet jago masak kaya mbak Diah :( hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya ayo..rajin Masak Mba Finah... weekend dulu..kalau libur..masak2 ya..buat suami tercinta.. tambah di sayang dech sama suami,,..^^

      Delete