Google Ad

Tuesday, November 26, 2013

Resep Donat Mini Pakai Cetakan Donat Listrik




Akhirnya...cetakan donat listrikku ku berdayakan lagi..setelah lama tersimpan manis di lemari dapur...terlupakan oleh gadget2 dapur baru lain yang aku beli...hihi. Biar nggak merasa bersalah gitu..pas beli semangat bener..giliran make..sesekali..hihi. Lha..saking banyaknya peralatan bikin kue yang aku beli..udah kayak Mamanya Shinchan aja..kalau ada alat dapur baru..pengen beli aja..abis itu di tumpuk di lemari..hihi. Tapi..sebenernya alat ini cukup praktis sich..kalau sekedar buat bekal Yodha..bisa bikin kue cubit..donat mini..waffel..chiffon cake mini..dll. Karena praktis...tinggal di colokin..mateng dech donatnya. Cuma ..ya itu..hasil akhir..bentuknya kayak donat mini semua..hihi.

Nah..karena sekarang Yodha lagi suka bawa bekal snack dari rumah..cukup membantu dech alat ini..karena cukup di panggang 2 menit..donat mini nya udah mateng. Oh ya..cetakan donat mini ini rupanya kalau di luar negeri cukup populer..banyak banget resep2 dari web luar yang pakai donat mini ini..jadi bakalan rajin dech uji coba pakai alat ini. Resep pertama ini adaptasi dari luar juga..jadi pakai cetakan cup. Resepnya praktis..cukup di mixer sebentar semua bahan..terus di panggang sekitar 2 menit..udah matang. Rasanya empuk..lembut dan cakey..kayak cake gitu rasanya.Tapi buat Yodha..nggak masalah sich..mau donat versi kayak apa aja..dia suka..yang penting..toppingnya..harus ada coklatnya..hihi. 

Jadi..buat teman2 yang punya cetakan donat mini listrik ini..silahkan di coba resepnya. Nanti aku akan uji coba lagi resep2 lain yang pakai cetakan donat listrik ini dech..^^

Resep Donat Mini Dengan Cetakan Donat Listrik

Bahan :
1 1/2 cup tepung terigu
1/2 cup gula pasir ( Terlalu manis, kalau aku aku kurangi dikit gulanya )
1 1/2 sendok teh baking powder ( aku 1 sendok teh aja )
1 butir telur
100 gram margarin, lelehkan
3/4 cup  susu cair.
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanila essence

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam mangkuk besar, lalu mixer hingga halus, kental dan creamy.
Panaskan cetakan donat listrik, olesi dengan margarin tipis2, tuang 2 sendok teh adonan ke dalam masing2 cetakan. Tutup cetakan dan panggang selama 2 menit, lalu angkat dan dinginkan.
Sajikan dengan topping sesuai selera.

Note
Jangan mengharapkan bahwa donat ini rasanya seperti donat Indonesia yang di uleni dan pakai ragi ya teman..karena donat ini rasanya lebih ringan dan hampir seperti cake donat. Empuk..berpori..tapi nggak beraroma ragi kayak donat kita ya. Makanya cetakan donat listrik ini kalau di luar negeri di sebut juga cetakan mini cake.
Karena resep ini adaptasi dari resep luar..maka memakai takaran cup..jika tidak punya cup ukur..liat konversi ukuran dari cup ke gram di sini










27 comments :

  1. kalau pakai cetakn gini jadi rata ya mbak bulatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya...soalnya kan terbntuk dari cetakan atas dan bawah..:)

      Delete
  2. Iya ya mbak, kayak bolu tekstur luarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..memang cakey Mba Rini..tekturenya.makanya di luar di sebut mini cake..:)

      Delete
  3. halo mba, utk toppingnya boleh di share juga resepnya ? n untuk taro topping apakah harus masuk oven lagi setelah dikasi topping atau bagaimana ya ? maaf buta bgt ini saya soal bikin kue tapi mau belajar bikin karna saya suka bgt donat.. thanks ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toppingnya itu cuma coklat masak pekat yang di lelehkan Mba..dgn cara di tim. jadi taruh coklat masak pekat yang udah di potong kecil2..di atas panci yang mendidih, aduk sampai lumer, lalu celupkan donat, taburi topping sesuai selera misal meises. trimit warna warni, keju..dll, biarkan saja..nanti akan mengeras sendiri..kalau di oven lagi malah lumer lagi nanti coklatnya.:)

      Delete
  4. Enak banget sepertinya mbak dan praktis lg waktu masaknya pun cuman bentar, pengen bikin tp msh nyari alat cetakan donat listriknya blm nemu2, adakah yg tahu ditoko mana yg jual itu ya?

    Makasih.
    http://resepcorners.blogspot.com/2013/12/resep-kue-getuk-lindri-warna-warni.html

    ReplyDelete
  5. Mak, minta resep lapisan coklat buat tooping donk... punyaku kok buruk rupa ya... coklatnya ketebelan.. dicampur margarinkah? Persentasenya berapa?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coklat masak pekat aja Mak Mira..yang di cincang kecil2..terus di tim..di atas air mendidih..yang di beri panci lagi di atasnya..nah..coklatnya taruh di panci yang di atas..kemudian biarkan meleleh pelan2..jangan sampai kena air ya..supaya bisa mulus lapisan coklatnya..dan tgg sampai bener2 leleh..tggl di celup dech donatnya..pasti lebih mulus..^^

      Delete
  6. resepnya ada yang pakai ukuran gram ga' bak, aq ga' tau itu pake cup ukuran apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini ya..koversi ukuran dr cup ke gram : http://www.diahdidi.com/2013/06/koversi-cup-ke-gram-berdasarkan-jenis.html

      Delete
  7. aku pernah bikin, pas angetnya enak, pas udah dingin jadi keras gitu mba, kira2 kenapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang donat jenis gini enaknya di makan hangat2 Mba..:)

      Delete
  8. mbaaakkk.. makasih bnyk ya.. aku lg browsing soal donat panggang ketemu ini.. dan tadaaaa.. kagetnya nemu resep ini krn jujur aja aku punya alat donat panggang persis kayak punya mbk, tp gatau apa fungsinya soalnya suamiku dpt doorprize dr kantornya sekitar 3thn yg lalu.. hahahaa.. kasiannya diriku.. besok mau coba deh resep mbk.. makasih ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..met coba ya..cuma jgn berharap rasanay kayak donat yang di goreng ya..hihi..beda rasanya..:)

      Delete
  9. kalau resep donat biasa yang pakai ragi dimasak pakai donut maker ini gimana ya buu.. bisa ga yaa..

    ReplyDelete
  10. Kalo pake cetakan donat yg di oven itu bisa kan mbak..?? Kira2 panggangnya berapa menit ya?

    ReplyDelete
  11. sama mbak,.. aku dah lama punya alatnya, tapi belum belum juga bikin kue nya,... nunggu libur kerja hehehee... kl cake yg lain dg alat ini sdh punya resep mbak ?.. bagi doonnk :

    ReplyDelete
  12. mbak... aku bikinnya koq ga bisa rata coklat atas bawahnya.... :(

    ReplyDelete
  13. mbak.. kalau membuat 1 resep itu kira-kira jadi berapa donut ya??

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mba selain donat, adakah resep lain dengan alat itu??

    ReplyDelete
  16. Adonan nya harus encer ya mbak? Bukan yg kalis seperti donat biasa?

    ReplyDelete
  17. Hai Mba, untuk rasa atau texture nya seperti kue bolu ga ya, kalo donat panggang..?

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Saya nyari adanya koq yang kecil2 banget

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel