Sunday, March 30, 2014

Tips & Variasi Klaappertaart


Wua..dari pagi sibuk banget..maaf ya teman2..belum sempat update resep baru...cuma sempat bikin ini nich kemaren sore..klappertaart lagi. Tapi resep udah pernah ku share ya di sini sebelumnya..jadi aku kasih tips2 aja ya seputar klappertaart dan variasinya ya..semoga bermanfaat. 

Klappertaart adalah jajanan khas Menado. Terbuat dari bahan utama dan wajibnya adalah kelapa muda, kismis, kacang kenari, gula, susu dan kuning telur. Nah...selain versi original, sebenernya kita bisa variasikan aneka isian dan bahannya. Misal..kita tambah tape..nangka dan lain2..rasanya enak juga lho teman2. Kemaren aku coba bikin klappertaart aku tambah nangka..aku skip kacang kenarinya karena lumayan mahal ya..dan nggak selalu punya stock di rumah..jadi aku cuma pakai kelapa muda, kismis dan nangka..ternyata rasanya enak banget..jadi wangi nangka klappertaartnya. 

Untuk toping..aku paling favorit adalah toping putih telur kocok, yang di beri ayakan kayu manis dan toping kismis..menurutku jadi eksotis banget gitu penampilan klappertaartnya dan jadi harum semerbak wangi aromanya. Cuma buat anak2..kurang menarik ya..kalau kayu manis..jadi..bisa kita kreasikan dengan aneka toping juga kok teman2..klappertartnya. Misal..toping coklat leleh, aneka selai atau toping whip cream terus kasih chery atasnya..wah..pasti kalau kayak gini aneka2 suka dech. Untuk toping selai dan coklat leleh..bisa di hiaskan di atas klappertaart dengan di coret2 melintang pakai kantung plastik segitiga. Aku ..kalau toping selai..paling suka toping selai stawberry dech..rasanya..jadi tambah seger gitu klappertaartnya.

Klappertaart..mau agak kental vla nya atau lebih lembut bisa kita atur sesuai selera. Kalau mau kental..pakai tepung terigu, seperti resep klappertart original yang udah aku posting sebelumnya. Kalau mau versi yang lembut dan halus..kayak puding curtard..bisa pakai tepung maizena. Jadi..bisa di sesuaikan selera saja..mau klappertaart legit kental atau yang lebih lembut dan ringan tekturenya membelai lidah seperti vla custard yang dari tepung maizena.

Membuat klappertart ini sangat mudah sekali sebenernya teman2..semudah kita membuat puding atau bubur, tinggal campur semua bahan, kecuali kelapa, kismis dan kenari lalu di aduk di atas api hingga kental dan jadi adonan yang halus dan lembut. Nah..selama proses pemasakan ini..kita bisa menentukan kekentalan adonan sesuai selera kita. Kalau di rasa masih terlalu kental adonan, bisa di tambah cairan ( air kelapa ) lagi secukupnya...sampai tingkat kelembutan yang di inginkan. Tinggal masukin bahan lain, misal kelapa, kismis dll, tuang di loyang, lalu oven dech sebentar sampai set klappertartnya. Nggak punya oven ? Tenang..nggak di oven nggak apa2 juga..tapi di masaknya sampai benar2 matang ya adonan vlanya..terus kasih toping selai atau coklat aja ya..jangan yang putih telur kocok..lalu tinggal dimasukin kulkas aja langsung sampai set...beres dach..^^

Selamat mencoba ya teman2..semoga bermanfaat.







8 comments :

  1. Selalu ngeces d kalo buka webnya mb Diah. Mbak, mo nanya, kalo yg topingnya keju gmn caranya ya? Terus kalo vla custard itu gak pake tepung custard ya? Soalnya aku punya tepung custard tp gak tau mo buat apa. Biasa ni, mb, kalap kalo dah di TBK, hehehe....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keju parut ya..tinggal di parut di atasnya Mba Ida..:)
      Custard...boleh di pakai Mba di klapy..cuma kuning telurnya di kurangi ya..kan tepung custard tuch tepung maizena yang udah di campur kuning telur..:)

      Delete
    2. O gt, ok, mb Di. Ntar dicoba, masuk ke daftar dulu.
      Tks infonya ya, mb.
      -ida-

      Delete
  2. Masih penasaran apa fungsi klapi dipanggang. Kayaknya nggak bisa ngembang n nggak bisa kering juga kan ya

    ReplyDelete
  3. Adonannya tambah enak dan tambah set gitu Mba Ika..kan manggangnya pakai au brain marie..yang di kasih sedikit air di loyangnya..jadi..tambah enak tuch Mba..kan aku suka nyicip sebelum dan sesudah di panggang..:)..Kalau pakai toping putih telur kocok..penting juga di panggang buat mengeringkan dan mematangkan putih telurnya..biar ada efek sedikit terbakar gt..:)

    ReplyDelete
  4. mba didi, kapan2 tolong bikin yg versi unbaked dong.. diiku belum punya oven nii :(
    ghina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Ghina..nanti ya..bikin dulu..:)

      Delete
  5. jelly gamat
    Waduh salah masuk ketempat emak emak deh...udah mateng blm...laper nih mah..

    ReplyDelete