Tuesday, March 4, 2014

Ketoprak Betawi


Ketoprak..nama makanan yang unik. Sudah ada dua daerah yang menggunakan nama ketoprak sebagai nama makanan..yaitu ketoprak ala Betawi..dan bakmi ketoprak ala Solo. Kalau yang dari Solo sich masih nyambung ya..karena konon katanya bakmi ketoprak ini di sajikan cuma ketika ada pentas kesenian ketoprak..makanya..di namakan bakmi ketoprak. tapi..kalau ketoprak Betawi..kurang tau juga sich sejarahya gimana..kok bisa di namakan ketoprak. Soalnya kalau di Jateng ketoprak itru adalah nama salah satu kesenian tradisional yang udah hampir punah kali ya sekarang ini. Ketoprak itu adalah sandiwara yang di lakonkan di panggung2..ceritanya mengenai sejarah kerajaan Jawa2 gitu. Wah..jadi kangen nonton ketoprak..hihi..tapi di mana sekarang ada pertunjukan ketoprak ya..sudah jarang sekali ada..kalau di tempatku di Yogya sich dulu terakhir pas kecil..masih sering ada pertunjukan ketoprak..yaitu ketika peringatan tujuh belasan..hihi. Ya udah dech..karena sudah tidak ada lagi pertunjukan ketoprak..mari kita makan ketoprak saja teman2..ketoprak ala Betawi yang yummy..hihi...* nggak nyambung blas ..*

Ketoprak Betawi ini sebenernya udah sering makan dulu..cuma karena di rumah yang suka cuma aku aja..jadi jarang bikin. Nah kemaren tiba2 kok pengen makan ketoprak..ya udah..bikin aja..seporsi buat diri sendiri. Suami kurang suka..karena katanya karbo semua..nggak ada gizinya...hihi..ya memang..sudah ada lontong..masih pakai bihun rebus pula. Tapi justru menurutku bihun inilah yang membuat ketoprak ini jadi enak dan unik rasanya. Bihun rebus yang tawar..jika kena bumbu kacang yang pedas dan gurih..wuih..kok enak sekali menurutku..hihi. Jadi kadang2 kalau makan ketoprak..ku banyakin bihunnya..kadang2 malah lontongnya nggak aku makan. Tapi karena mau di foto ya tetep pakai lontong sich kemaren..biar otentik..ketoprak Betawi gitu resepnya. Karena bumbu kacangnya juga minimalis..jadi yang menentukan enaknya si ketoprak ini adalah perbandigan gula dan garamnya yang pas..supaya bisa jadi bumbu kuah kacang yang enak. Karena kemaren cuma buat seporsi ya..semua bahan2 ya sedikit aja..kalau mau buat..silahkan di sesuaikan mau bikin berapa porsi gitu ya teman2. Selamat makan ketoprak..^^
Ketoprak ( 1 porsi )

Bahan :
1 buah lontong
Segenggam bihun yang sudah di rebus
1 buah tahu goreng, potong2 kecil
Segenggam taoge yang sudah di seduh
Kerupuk kanji secukupnya
Bawang goreng secukupnya 

Bahan sambal kacang ( 1 porsi ) :
75 - 100 gram kacang tanah, goreng
1 buah bawang putih , goreng sebentar ( atau bisa juga mentah )
3 buah cabai rawit merah
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/8 sendok teh air asam ( sedikit aja )
Kecap manis secukupnya

Cara membuat :
Haluskan bawang putih, cabai dan kacang tanah, tambahkan gula dan garam serta air secukupnya hingga jadi sambal kacang yang sedang kentalnya. Tambahkan air asam dan kecap mains sesuai selera.Koreksi rasa.
Susun bahan2 ketoprak di piring, siram dengan sambal kacang. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan kerupuk kanji.....yummy..! ^^

17 comments :

  1. duuuh mbak diah,,ini makanan murah meriah waktu kuliah...^^
    jadi kangeen..tapi waktu itu sell rima pesen g pake b.putih,,kurang co2k j menurutku,,ko digoreng dl mah pasti mauu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba..makanan mur mer dan mengenyangkan buat anak kost ini ya..suamiku juga gitu..katanya dulu pas kerja pertama di Jakarta..keseringan makan ketoprak..makanya skrg ndak doyan lagi...hihi.
      Iya mba..di goreng menyamarkan aroma bawang putih mentah yang terlalu kuat mba..jadinya gurih tapi soft gt aromanya..:)

      Delete
  2. Suka sm makanan ini tp gk terlalu seneng bnget hbs klo kbanyakan jdnya kebelenger krn sambal kacangnya yg medok, aku jg paling suka sm bihunnya tauge & tahu yg kecampur sambal kacang trus ditambahi krupuk, kirain ketoprak betawi aslinya dr jawa hbs yg jual kbanyakan orang jawa kayaknya

    ReplyDelete
  3. Iya..makannya dikit2 aja Mba Nadia ..dan nggak terlaku sering kalau aku..hihi..jadi biar terasa enak. Banyak memang orag Jawa yang jualan makanan di Betawi kali ya Mba..orang kerak telor Betawi aja juga banyak orang Jawa ya..yang jual..hihi

    ReplyDelete
  4. Duuuh mba Diah, kalau ada bumbu2 kacangnya gini,,, dduuuh ngiler deh ngeliatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk bikin Mba Tina..buat sarapn enak..:)

      Delete
  5. aku gak pernah bikin kalau ketoprak mbak, beli aja disni banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di Jakarta pusatnya ya Mak..hihi..klu di sini jarang yang jual..:)

      Delete
  6. Bumbu kacangnya mirip lotek ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ika..cuma minus daun jeruk..:)

      Delete
  7. mbak Diah...makananku dulu waktu msh di Cikarang. banyaakk bgt yg jual ketoprak hehehe. aku suka bawang putihnya mentah :P jd berasa wangi bawang putih. pengen bikin sihh tp nggak punya lontong di NZ hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku nggak pak elontong Nggak pa2 Mba Dyah..yang penting ada bihun dan tahunya..hihi..udah enak itu..:)

      Delete
  8. mbak Di..pernah baca mbak bikin ketupat pake slow cooker. klo bikin lontong pake slow cooker bisa nggak ya? hehehe..pengen sich mbak bisa bikin lontong soalnya suami saya pernah nanya bisa bikin lontong sayur khas semarang nggak? #dooeennggg....:D klo sayur dan pelengkapnya sih..Insya Allah..bisa (dipelajari) resepnya :P lhaa lontongnya??? soalnya dulu klo liat ibu saya masak lontong itu lluaamaaa banget. jadi nya ngebayangin sdh males duluan mau bikin lontong hehehe. lebaran nya msh jauh tapi suami dah request..besok pas lebaran bikin lontong sayur yaa :D biasanya sih ada acara di KBRI yg menu nya lontong juga tapi kata suami nggak puas makan di sana..lebih puas makan bikinan istri di rmh (sedikit ngerayu nih kayaknya...hehe). suami saya suka jajanan2 tempo doeloe gtu mbak..kurang suka sama yang model2 cake atau apalah..katanya eneg :)) pdhal dah lama tinggal di NZ itu lidah gak berubah sama sekali tetep seneng jajanan pasar. Naahh, begitu tau istrinya suka coba2 resep jajanan..keluar deh "list" jajanan kesukaan nya :D :D apalagi klo sampe bisa bikin jajanan masa kecil nya..duuhh seneng bgt sampai2 minta bikin banyak dan disimpan di kulkas hihihi
    Whaduuhh koq jadi cerita bgni yaa, mbak :P balik ke lontong lagi yaa mbak..klo bisa pake slow cooker. boleh share cara nya bgmana?
    Maturnuwun,mbak Didi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dyah..kalau tinggal di luar..pasti dech yang di kangeni makanan dan jajanan indo ya Mba..di buatin aja tho Mba...satu2 kue2nya..hihi.
      Bisa Mba..lontong pkai slow cooker..malah bisa empuk dan lembut. Di aron dulu berasnya..terus di bungkus daun atau plastik tebal..lalu di masak pakai slow cooker berjam2..nanti mateng Mba..lontong atau ketupatnya.

      Delete
  9. Suka bgt bikin ini..klo aku lontong nya pake yg uncle ben rice bag,yg ud di bungkus plastik tinggal di rebus aj..maklum cari praktis nya aj..keep making delicious food ya mba..:)

    Salam dr finland

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Chitra..makasih infonya..semoga bermanfaat ya buat teman2 lain yang tinggal di luar..kalau mau buat lontong..:)..itu ndak di cuci dulu berasnya ..langsung di rebus gitu Mba?..Hihi..maklum lum pernah liat :D

      Delete
  10. mbak...ini sarapan favoritku jaman kuliah di daerah Jurang Mangu (Bintaro) dulu....sekitar th 92-an sepiringnya cuma 600rupiah, enak n kenyang...sekarang kalo lagi kangen aku suka bikin jg krn bahan2nya kan gampang dicari, untuk ketupatnya aku ganti lontong n beli di penjual sate di pasar (nempil beli lontongnya doang 2 lonjor), ato kalo ga sempat ke pasar ya udah ga usah pake lontong..tetep oke kok, yg penting banyakin kerupuk sama tahunya :D

    ReplyDelete