Wednesday, March 19, 2014

Kare Ayam



Kare ayam..bukan kari ayam lho ya..*beti..beda tipis sich..hihi. Kalau kari bumbu2 rempahnya lebih kental dan kuat..kalau kare..lebih ringan bumbunya. Kare..di Jawa..nggak cuma ayam aja yang bisa di masak bumbu gini..bisa sayuran juga. Kalau di rumahku dulu..ibu suka masak kare buncis..kentang dan kol..enak juga rasanya lho. Kare adalah masakan bersantan kuah kuning dega citarasa gurih...tapi tetep..kalau masakan Jawa..ada sentuhan manis2nya dikit..dengan penambahan gula merah...mirip2 opor juga.

Nggak tau juga ya..apakah kare ini adaptasi dari masakan kari..hihi..yang jelas kalau ibuku nyebut masakan berkuah kuning kini ya kare..gitu..jadi aku ikut2 an aja dech. Aku paling suka kare sayuran..tapi aku coba pakai ayam..ya tambah enak dong..rasanya ya mirip2 opor..tapi kare ini berkuah kuning. Kare ini enak di makan pakai nasi atau lontong. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Kare ayam Jawa

Bahan :
1 ekor ayam pejantan, potong jadi beberapa bagian
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
1.500 ml santan dari 2 butir kelapa
1 sendok makan gul amerah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1 sendok teh air asam Jawa.

Bumbu Halus: 
8 siung bawang merah 
4 siung bawang putih
3 cm kunyit 
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh jintan
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan semua bumbu2 lain, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, ayam empuk dan kuah mengental. Koreksi rasa..sajikan dengan lontong atau nasi.




15 comments :

  1. nyomot satu ah kare ayamnya :) eh tapi ini punya Yodha ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..salah satu masakan favorit Yodha nich..:)

      Delete
  2. mamaku jg sering buat olahan masakan ayam dg bumbu seperti ini dan mama bilangnya ini ayam opor kuning, rasanya enaak.. tp sayang skr mamah udah gk bs masakin ayam ini lg krn udah almarhum 9 bulan yg lalu :'(:'(:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka ya Mba Nadia...ayukk masak sendiri Mba..mudah kok..:)

      Delete
  3. Mbak didi, karenya tidak pakai kemiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai itu Mba..di bumbu halusnya ada kemiri..:)

      Delete
  4. Thank you buat resepnye

    ReplyDelete
  5. Mbaaaa Diah. Kangeeen main kesini.. (seminggu saya mudik. Dah kangen berat buat masak2 didapur... ) copyy resep ya mba... saya paliiing suka nih resep2 kuah begini.... makasih mba Diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tina..wah pantesan kok ndak keliatan..hihi..kangen juga nich..ayuuk segera back to pawon..hihi

      Delete
  6. Mbak izin pakai resepnya yaa. besok aku mau bikin.. hihihi. enak banget deh liatnya. ngiler. oh iya, kalau misalkan ga pakai jinten jadi ngerusak rasa ga yah? soalnya saya ga ada stok jinten :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pa2 Mba Icha..kalau nggak pake jinten. Jinten cuma nambah sedep dan beraroma rempahnya..:)

      Delete
    2. aku udah bikin mbak tadi pagi. enyaak enyaaak.. anakku yang umur 2th aja suka banget. makasih yaa utk resepnya..

      Delete
    3. Sippp Mba Icha..sama2..wah alhamdulillah ya..si kecil suka..:)

      Delete
  7. Ada teman kantor minta resep kare ayam, dan saya print-kan resep ini. Saya sendiri belum pernah coba krn kurang begitu suka kare. Besoknya langsung dicoba, tapi pakai gula pasir. Katanya enak, dipuji suami pula. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Sisca..sipp mba..seneng bisa membantu teman yang pengen masak kare ya mba..syukurlah jk suka..:)

      Delete