Friday, March 21, 2014

Kue Gandos


Kue Gandos adalah kue tradisional Jateng yang terbuat dari tepung berasa dan kelapa parut. Citarasanya gurih..karena tidak memakai gula di adonannya..hanya di taburkan saja di atasnya jika suka. Mungkin di daerah lain juga ada ya..kalau nggak salah di sebut juga kue pancong. Cetakannya mirip dengan kue pukis..tapi lebih pendek. Tapi jika tidak punya..bisa juga pakai cetakan kue pukis.

Adonan kue gandos ini cukup unik..karena sebagian tepung beras di masak terlebih dahulu..jadi seperti bubur..kemudian di campur sisa tepung berasa dan kelapa. Jadinya kue gandosnya bercitarasa lembut. Mau coba teman2..ini dia resepnya ya..:)
Kue Gandos

Bahan :
Tepung beras 250 gram
Santan 800 ml dari 1/2 butir kelapa
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya untuk taburan
Kelapa sedang, parut panjang 250 gram
Telur ayam 2 butir
Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat :
Campur 100 gram tepung beras dengan 400 ml santan, masak hingga kental. Masukkan sisa tepung beras, kelapa, garam, aduk rata. Tambahkan telur dan sisa santan ( secukupnya sampai adonan kental, tapi masih bisa di tuang ke cetakan )
Panaskan cetakan kue gandos..atau kue pukis, olesi miyak, tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan.
Masak hingga matang. Sajikan dengan taburan gula..jika suka.


25 comments :

  1. mantaaaaaap , klau di bogor namanya kue bandros mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ema...oh iya..aku pernha denger nama kue Bandros..ternyata sama ya Mba..sama Gandos di Jateng..hihi..

      Delete
  2. aaiih kangen jajanan ini >.<

    org surabaya biasa bilang kue rangin, ukurannya juga lebih tipis2 dibanding pukis. atasnya bisa pilih tabur kelapa asin atau kelapa manis.

    oiya mba, mau tanya, berarti itu cara bikinnya, semua bahan dimasak di atas kompor ya?atau dibikin bubur dulu sebagian, sisanya dimasukkan setelah bubur matang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asyik dapat info nama lain..mksh Mba Aulia..:)
      Sebagian etpung beras di masak dulu dengan sebagian santan di atas kompor Mba..sampai kental, baru di campur sisa tepung dan kelapa..jadi kuenya lembut gt hasilnya.

      Delete
  3. Replies
    1. Hihi..iya bener Mak Lydia..pernah denger juga nama si pancong ini..lucu2 namanya ya Mak..:)

      Delete
  4. d sulawesi selatan namanya broncong mbak....hihihii
    kuenya gurih,,enak...:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya Mba Nurma..aduch aku senyum2 sendiri ini..ternyata namanya lucu2 ya kue ini..ada pancong..ada broncong...ada gandos..dan ada pula brandos..hihi

      Delete
  5. Mbak diah.... aku mau tanya,apa mbak diah punya resep gethuk echo mbak ? Heheheeee,abis mbak diah udah profesional bgt nih sama jajanan trsdisional. Kalo ada aku minta ya mbak. Terimakasih........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum pernah coba mba..itu kayaknya pakai mesin giling ya Mba..kalau gethuk model gitu jadi halus banget gethuknya soalnya..:)

      Delete
  6. kue pancoong...akhirnya dapet resepnya...makaciiih mba Diah :)

    ReplyDelete
  7. Mba...kl pake kelapa parut kering bisa ga? Duh dah ngiler pgn bikin tp ga ada kelapa segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm...mungkin bisa juga kali ya Mba..kan nanti kerendam di adonan jadi basah juga kelapanya..:)..atau di rendam sebentar di santannya kali ya Mba..biar jadi sdikit basah kelapanya..*teori ngarang...hihi..perkiraanku aja Mba..soalnya belum pernah coba pakai kelapa kering *

      Delete
  8. kebetulan kue kesukaan banget... dah lama pingin buat tapi g tahu resepnya... o ya mba seandainya pakai cetakan lain seperti kue lumpur bisa g ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mungkin ya Mba..tapi kurang tau pengaruh ke rasa atau tidak ya..krn aku belum pernah coba pakai cetakan lain. Kalau pakai cetakan kue gandos atau pukis kan tipis dan memenjang ya jadi cepat matang..:)

      Delete
  9. di desaku jenenge sagon mbak,,, ada 2 jenis sagon yg dicetak pake genteng dan ssgon kayak gini,,, biasa disajikan pas ada orang punya hajat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya Mba Dewi..kalau sagon di sini dari ketan dan kelapa tapi manis Mba,.enak juga itu..:)

      Delete
  10. yg lucu tho mbk kue getas yg ada di blognya mbk diah itu klo di desaku disebut gandos,,gk tahu dech knpa mlah kebalik2 gitu. aneh2 nama jajanan di desa,,, ada gatot, klenyem, jenang gendhul,gendar pecel, dll,, mgkin mbk diah tahu salah satunya ,,,,,,,, hihi maaf mbk malah crita pjg lebar begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Dewi..memang kadang2 di tiap daerah beda2 nyebutnya..:)
      Wah..ya tau semua itu jajanan masa kecil..hihi

      Delete
  11. mb Diah...ga amis ya adonan ini dicampur telor ayam ?? segera di eksekusi neh hehehe, kue kesukaan...??

    + Ara +

    ReplyDelete
  12. Nggak Mba..kan biasa ya telur buat tambahan kayak bakwan dll..gt kan ndak amis ya..:)

    ReplyDelete
  13. garamnya kira2 seberapa sendok teh mb diah?

    ReplyDelete
  14. rizka ibue kayla kanayaJanuary 29, 2015 at 12:24 PM

    wenak iki jajanan ku waktu sd, skrg udh jarang yg jual,ada 1 orang aja yg jual dipasar, pgn coba ah resepnya

    ReplyDelete
  15. senengnya..akhirnya nemu resep kue favo sjk jmn tk dlu di blog mb DD ini,,,

    (dlu pas TK tiap hari mesti bli kue inih,, klo mang jualannya kehabisan ga nyisain buat aku kue nya bs tak marah2in,, "tak kandake om ku lo pak",,scr yg jual kos di rmh om hihi,,,kecil2 udh galak)

    yg jual sih msh ada msh sering bli di dpn komplek tmn setiabudi tp kpn2 mesti coba ah...tp cetakan g punya pk cetakan kue lumpur bs ga ya mb...?? -- bunda chera

    ReplyDelete