Thursday, March 13, 2014

Pizza Ayam Jamur



Kemaren sore..aku tanya Yodha..mau makan nasi atau pizza..eh dia jawab langsung..pizza..katanya. Oke dah..tunggu 20 menit ya..pizzanya segera siap..aku bilang ke Kakak. Heran ya teman2..kok Pizza bisa siap dalam 30 menit,..hihi..bukan sulap..bukan sihir..dan bukan juga beli di pizza hut..karena memang aku udah nyetok roti pizza yang setengah matang..di freezer..jadi sewaktu2 Yodha mau pizza..tinggal di oven lagi bentar..kasih toping, keju mozza..terus panggang dech sampai keju meleleh..rasanya..sama kok..kayak kalau bikin adonan baru..tetep empuk dan pulen roti pizzanya. Jadi nggak perlu bolak balik bikin adonan lagi dech...bisa bikin bayak adonan sekalian..terus di panggang dulu sekitar 10 menit..jadi dech pizza yang setengah matang, dinginkan..lalu simpan di freezer..dan bisa di gunakan sewaktu2 kalau mau makan pizza. Soalnya..kalau bikin adonan baru terus kan lama ya teman2..musti tunggu waktu fermentasi..45 menit segala..^^

Nah...kali ini aku bikin pizza ayam jamur. Toping pizza itu sebenernya bisa variataif dan sesuai kreasi kita sendiri lho teman2..nggak harus toping sosis..daging asap dll. Pizza sayuran aja juga enak..atau daging cincang..ayam..seafood dll..pokoknya tergantung kita sendiri dech berkreasi dengan toping pizza yang kita sukai. Tapi kalau aku ..bahan yang wajib ada itu adalah bawang bombay. Bawang bombay itu enak sekali kalau di jadiin toping pizza..karena setelah di panggang tuch jadi manis rasanya..cocok berpadu dengan aneka toping lainnya. Tumis sebentar bawang bombay dan toping lainnya ya teman2 agar lebih manis rasa bombaynya dan manggang pizzanya juga nggak perlu lama2...karena topingnya udah matang. Untuk daging cincang..bisa langsung di tumis..tapi kalau ayam...aku lebih suka daging ayam rebus yang di iris tipis2..jadi udah empuk dan juga enak. Ayamnya kemaren aku tumis sebentar pakai saus tiram dan merica. Akan lebih enak lagi sich kalau di tumis pakai saus lada hitam..cuma terlalu pedas ya kalau buat anak2..jadi pakai saus tiram aja..enak juga kok. Jadi topingnya sendiri udah berasa bumbu..jadi nggak sekedar toping tawar..kayak kalau beli tuch pizzanya. Jadi anggap aja ini pizza versi lokal..hihi..ala aku..tapi malah enak sich menurutku dan suami..karena lebih terasa bumbu2nya..jadi nggak perlu tambahan saus tomat atau sambal lagi..makan pizzanya, udah enak dech. Biasa kan..kalau kita makan di resto pizza itu..suka banget nambahin banyak saus ya di atas pizza..soalnya memang ya karena memang tawar2 aja rasa pizzanya..^^

Oke ini dia resep pizzanya ya teman2..jika mau coba..^^
Pizza ayam Jamur
( Untuk 4 bulatan roti pizza ukuran besar )

Bahan roti pizza :
400 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok teh ragi instan, campur dengan kurang lebih 270 ml air hangat ( bukan panas ya ), diamkan hingga berbusa sekitar 15 menit.

Cara membuat :
Campur tepung terigu, garam dan gula, masukkan campuran ragi dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan kalis. Masukkan garam dan minyak goreng, uleni lagi hingga elastis.
Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat, sekitar 45 menit. Kempiskan adonan..lalu bagi 4 bagian.
Diamkan lagi 10 menit. Tipiskan adonan di loyang yang di oles sedikit minyak, bentuk bulat tipis2. Adonan pizza yang baik..sangat lentur..jadi cukup mudah di tipiskan dengan tangan. Tusuk2 dengan garpu. 
Panggang selama 10 menit di suhu tinggi ( tergantung oven masing2 ) hingga setengah matang. Dinginkan. Kemas di wadah tertutup jika mau di simpan di freezer..atau langsung di beri toping sesuai selera...lalu di panggang kembali hingga matang.
Toping Ayam Jamur 

Bahan :
150 gram daging dada ayam rebus, potong tipis2
50 gram jamur merang, iris tipis2
1 buah bawang bombay, potong panjang2
2 sendok makan saus tiram
2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk

Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan ayam, saus tiram, gula dan merica..aduk rata dan tumis sebentar. Koreksi rasa..jika kurang gurih boleh di tambah sedikit garam..tapi saus tiram biasanya udah agak asin..jadi aku jarang tambah garam kalau pakai saus tiram.

Saus olesan sesuai selera..bisa saus tomat aja yang praktis..atau di campur sedikit saus barbeque..pokoknya yang praktis2 saja dech..soalnya topingnya udah berbumbu.

Penyelesaian :
Ambil satu buah roti pizza yang sudah setengah matang, olesi saus olesan secukupnya, lalu tata tumisan toping ayam jamurnya. Beri keju mozzarela di atasnya, lalu panggang dengan suhu tinggi di oven sampai keju meleleh sekitar 10 menit. Sajikan segera hangat2 agar keju lebih terasa.



37 comments :

  1. ah aku setuju sekali dengan kalimat "bahan yang wajib ada itu adalah bawang bombay" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Desni..itu yang bikin pizza wangi gurih ya mba..:)

      Delete
  2. apa kabar mbak? baru bisa mampir inih langsung disuguhi pizza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Mak Lydia..ayukk di cicp ya..:D

      Delete
  3. mba, mau nanya nih,,,nguleninya mb didi pake tangan, mixer ato pake kitchen aid? kalo manual pake tangan kira2 berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tangan Mba,,di uleni biasa..bentar aja..asal rata dan kalis..nggak perlu sampai kayak bikin roti..:)

      Delete
  4. kebetuln sy jg g sengaja nemu keju mozarella yg murmer di hypermart ...300 gr harganya 35rb.. nah kemarin sempat buat pizza dg topiing bakso sapi hmm rasax g kalah sm yg dijual.. yg penting harus ada b bombay hehe...nanti sy coba pake resep rotix mbak krn biasax sy pake adonan roti tanpa diuleni cukup diaduk2 sj...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kreatif..toping bakso ya Mba Andriany..aku malah belum pernah. Kalau pizza memang kan adonannya nggak perlu di uleni dengan tenaga sampai kayak bikin roti ya Mba..kan rada lengket2 gitu..:)

      Delete
  5. Mba Diah,, bisaya roti pizzanya disimpan di preezzeerrr duuuh, pengen coba ah, jadi kalau sewaktu2 pengen makan pizza tinggal ambil di preezzer,,, siip deh tipsnya mba Diah,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau resep di atas bisa Mba Tina..aku udah coba..tetep enak kok..:)
      Tapi kalau resep adonan lain kurang tau..hihi

      Delete
  6. Mbak utk adonan roti diatas jadi berapa buah pizza ukuran besar? Tks

    ~ dwi ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi buah Mba Dwi..itu udah aku tulis kan di bawah judul..:D

      Delete
  7. cukup pake sendok sj mbak..dirataan diatas talang oven jd g usah dipegang lg adonanx... menurut resep yg sy pake bisa jg didamkan dikulkas selama 7 jam.. lalu diamx disuhu ruang siap dibuat roti pizza :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..ya resep pizza dari luar yang tanpa di uleni itu ya Mba..iya di web luar byk beredar...aku udah pernah coba juga..tapi kalau aku lebih suka yang di uleni gini rasanya..bentuknya lebih bisa rapi juga hihi.

      Delete
  8. mbak diah aku kapan hari juga bikin pizza...tapi terigunya dikasih campuran terigu protein sedang...nyontek punyanya mbak ricke indirani...hehehe...rotinya lebih lebih lembut...trs pake minyak zaitunnya agak tak banyakin...biar wangi...klo pake minyak goreng gimana mbak hasilnya?klo nyimpan adonan di frezzer itu mendingan masih mentah ato setengah matang spt punya mbak? makasih mbak diah...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya ya enak Mba..kalau nggak enak ya nggak mungkin aku psoting di sini..:D

      Ini versi ekonomis saja kok Mba..aku jarang pakai minyak zaitun..karena selain mahal..juga jarang2 aku pakai..jadi eman2 aja kalau beli terus mubazir..sebagai gantinya aku pakai minyak goreng..:)

      Kalau resep di atas..biasa kau simpan setengah matang oke2 aja Mba..di freezer..di oven lagi tetep empuk pizzanya..nggak tau ya kalau resep lain..:)

      Delete
    2. huehehe...iya mbak...klo sama mbak diah didi mah percaya...masakannyaa enakkkk...cuma mau kroscek aja mbak...hehehe...makasih mbak diah ^_^

      Delete
  9. mbak klo topingnya ditumis pake saus lada hitam gimana ya caranya? Soalnya nyari saus lada hitam instant disupermarket kyaknya susah. Mohon petunjuknya ya mbak dd makasi. Ema. Ntb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ema..liat sini ya Mba..cara buat saus lada hitam homemade..: http://www.diahdidi.com/2012/07/resep-kepiting-lada-hitam.html

      Delete
  10. mb beli jamur merangnya dmn ya ak tggl d semarang kok susah nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..beli di superindo byk mba..ada di lemari pendingin deketan sama tahu sutra..tape..dll..:)

      Delete
  11. Di cara pembuatan pizza garamnya ada 2 ya? 1 dicampur tepung, 1 garamnya unutk yang terakhir. takarannya berapa dibagi 2 separoh2kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh salah tulis..garam masuk terakhir saja Mba..biar ndak ketemu ragi di awal pengadukan..:)

      Delete
  12. Ok terima kasih ini mau ak bikin, nyoba d snackmaker double pan. yang kemarin mb DD rekomend. buat pizza imuut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y amba..met coba ya..moga2 berhasil..:)

      Delete
  13. Mba kok raginya ga berbusa ya?? Kira2 knapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada dua..ragi udah lama / mati..atau airnya terlalu panas dan membunuh raginya..:)

      Delete
    2. Tp ragi exp masih 2015..ragi cukup 1 sendok teh saja mba?

      Delete
    3. Iya Mba..sebenernya ndak mengembang ya nggak pa2 Mba..di coba aja buat ngadoni pizzanya..jika memang pizzanya mengembang adonannya..berarti ya salah penanganan aja..:) Pizza memag nggak perlu banyak2 pakai ragi..cukup dikit aja.

      Delete
  14. Mbak Diah, saya coba resep kulit pizza setengah resep. Wkt masih hangat, teksturnya lumayan empuk, tapi wkt dingin sedikit keras. Saya pikir kulit adonan pizza memang tdk bisa seempuk roti. Benar begitu ya mbak? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manggangnya di suhu tinggi dan sebentar saja mba..kalau kelamaan di panggang adonan bisa keras..:)

      Delete
  15. Klo dipanggang di otang gmn mbak? Atau happycall gt? thx

    ReplyDelete
  16. Hai mbak didi.. slam knal.. sya mw tanya kl pizzany dipanggang di taflon bs gak? Soalny sya blm punya oven..

    ReplyDelete
  17. Kira2 brp drajat ya mbk diah idealx

    ReplyDelete
  18. Kira2 brp drajat set ovenx mbk diah penasaran mo nyoba oh iya kalo mosalx mo d beri topping apa hrs d oven stgh matang dl kulitx ato bisa langsung d beri toping tq sebelumx mbk diah😊

    ReplyDelete
  19. Mbak, utk dough yg stgh matang, apa bs pk telfon utk memasaknya jd pizza? Terimakasih

    ReplyDelete