Friday, March 14, 2014

Terik Daging & Tempe



Wah..hari ini menunya lauk2 dulu ya teman..hihi..belum bikin kue2 lagi soalnya..dari tadi sibuk masakin lauk pauk favorit Yodha. Nggak ada apa2 sich..cuma *edisi emak bangga..hihi..jadi pengen masak yang enak2 buat Yodha.

Hari ini hari terakhir Yodha mid test, jadi pulang lebih cepat. Hasil nilai Yodha bagus semua..udah tau..karena di sekolah Yodha..hasil mid tes biasa langsung di umumkan keesokan harinya..kemaren Yodha ijin setengah hari karena agak flu aja..setelah mid..malam langsung sms sendiri Missnya..karena dia penasaran nilai tes komputernya hari sebelumnya..dan ketika tau dapat 97..dia agak kecewa..yaa..harusnya dapat 100 semua..katanya..cuma kebalik satu mi..jawabannya..langsung dech aku peluk dia.

Kakak kan tetep hebat kataku..dari 8 mata pelajaran 7 pelajaran dapat 100, yaitu math..english..sience..civil..religion..sosial..bahasa Ind..semuanya dapat 100 kecuali komputer..dapat 97..cuma salah satu..nggak masalah. Padahal aku sich ndak pernah terlalu keras ya nyuruh Yodha belajar..dia sich juga santai aja..dan sekolahnya juga nggak terlalu menekankan persaingan rangking2 gitu di kelas..jadi semua anak memang di harapkan benar2 mengerti pelajaran yang di ajarkan..bukan cuma mengejar prestasi atau rangking kelas. Nah..sebagai bukti kalau anak2 benar2 menyarap pelajaran yang di ajarkan di sekolah..ya dari nilai2 ujian. 

Yodha tuch kalau di suruh belajar dan ngulang2 pelajaran ..suka nggak mau..katanya cukup di baca sekali aja..udah negerti katanya..dan mid tes..atau ulangan biasa..dia tetep nyantai aja..suka nonton kartun dan main2 juga di rumah..jadi malah nggak stress sich..makanya aku kadang yang heboh kalau dia tes..agar di ulang2 belajarnya. Yodha jawab santai..tenang mi..udah ngerti..ntar dapat 100 banyak buat mami..katanya..tapi..kalau dapet 100 nya banyak..aku di beliin buku *Why* lagi ya mi..gitu dech..request Yodha sebelum mid kemaren. Pinter ya anak sekarang..kalau minta sesuatu..udah bisa kasih perjanjian ke ortunya. Aku iseng nyanggupin aja..iya..nanti kalau nilai mid 100 nya ada 4..mami beliin buku Why..janjiku..eh beneran..bukan hanya 4 nilai 100 nya..tapi malah ada 7 dari 8 pelajaran..hihi..kalah taruhan dech aku sama Yodha..sekaligus terharu..karena dia ternyata memang anak bertanggung jawab..walaupun kalau di suruh belajar suka nge les terus..tapi ternyata dia mampu mengerjakan semua tes dengan baik. 

Padahal..kalau di pikir2..untuk ukuran kelas dua SD..udah susah juga sich..hihi..lha sebagian besar mata pelajaran dalam bahasa Inggris buku2nya..eh kok ya tetep mudah nyantel di anak2..*duch emangnya jaman dulu jaman aku..hihi..anak2 sekarang kan emang pinter2 kok ya teman2..*. Tapi alhamdulillah banget memag ada sekolah seperti sekolah Yodha..yang bener2 bagus kurikulumnya..anak2 nggak ngoyo belajar tapi justru semangat dan enjoy menjalaninya..dan nggak ada tekanan..dll. Ya..akhirnya harus beli buku Why lagi !..Kata Yodha..dia mau semua serinya..waduch..hihi..dua lagi dulu aja ya Kak..beli bukunya. Yodha memang lagi suka koleksi komik sience dari Korea..Why sekarang ini. Ya nggak pa2 dech..masih mending hobby koleksi buku ya teman2..daripada mainan kan cuma rusak2. Padahal dia ya sudah punya satu seri buku aku mau tau.dari fun thinker dan buku2 anak2 lain...eh sekarang ganti Why dech koleksinya..^^

Waduch..mau posting resep kok malah cerita panjang lebar soal Yodha..maaf ya teman2..kebiasaan..posting sambil curhat..hihi..oke dia..ini dia..menu lauk daging lain favorit Yodha..yaitu daging bumbu terik..biar sekalian masaknya..aku tambahin tempe juga..wah enak banget..kuah dagingnya juga menyerap dan merasuk juga ke tempenya..jadinya sedep dech..met coba ya teman..jika suka..^^

Terik Daging & Tempe

Bahan :
500 gram daging berlemak
1 papan tempe, potong2
4 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan 
Daun jeruk 3 lembar
Serai 2 batang, memarkan
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula merah 50 gram
Santan sedang 1500 ml

Bumbu halus :
8 buah bawang merah 
4 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging, aduk hingga  berubah warna, masukkan santan dan bumbu2 lain, serta tempe. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengaental dan daging empuk .
Koresi rasa. Sajikan

.

15 comments :

  1. Dibilang bacem gk dibilang jg bukan, bumbunya itu pd hampir sm tp rasanya pasti berbeda, bahan dan bumbunya minimalis.. kapan2 aku coba bikin ah.. eh iya apa yg mba diah masak langsung di pratekin bunda tinanic ya td gk sngaja lihat blognya mamah ail, pinter bs langsung mempraktekan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di coba juga Mba..enak lho..:)..Iya bunda Tina rajin juga masak :)..ikut seneng dech kalau ada yang mencoba resep2 di sini dan berhasil Mba..:)
      Beda mba Nadia..di Ja teng nich walau bumbu hampir sama..tapi rasanya tetep beda lho..yang ini pakai santan dan berkuah..mirip opor..tapi bukan kayak opor juga rasanya..kalau terik ini lebih kental kuahya dan bumbu2nya sangat meresap ke bahan2..:)..ya macam kayak kare..sama gulai kan mirip ya bumbu2nya..tapi beda rasanya..:)

      Delete
  2. Mbak Di kalo pake santan instan (misal bumas) takarannya gmana ya mbak? misal diresep ada takaran 1250 ml santan dari satu butir kelapa harus brp bungkus dicairkan jadi brp hehe...maklum mbak aku kalo hrs meres santen dl suka enggak sabar krn aku kan kerja jd mesti bagi2 waktu (apalagi gak ada prt mbak..hadeeh..ribet deh) tp aku tetep sempetin masak mbak buat anak2 soalnya kalo beli malah kadang gak kemakan. Makanya aku suka masak yg praktis2 aja... makanya kau suka sekali dengan blog mbak Di ini resepnya gak ribet, praktis tp tetep enak...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..ibu karir yang baik..salut dech..tetep rajin masak buat keluarga..:)
      Satu bungkus bumas yang kecil itu cukup Mba Diah..kalau mau sedang santannya..tapi kalau mau kental..kayak bikin terik buat gudeg yang sampai mlekoh bumbunya gitu..pakia yang kemasan besar yang 6 rb itu ya harganya..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Silahkan Mak..sama sambelnya ndak..:)

      Delete
  4. Mba daging bisa diganti ayam kan ? Habis anak2 nggak suka daging, bilangnya gak bisa ditelan ha ha ha

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba..ganti telur aja juga enak kok..:)

      Delete
  5. Assikk, kebetulan ada daging dan tempe...segera dicobain mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Elvira..met coba ya..:)

      Delete
    2. Sudah cobain mb enaaak bener, sukaa sama sedepnya rempah-rempah, makasih mb diah ^^

      Delete
    3. Sama2 Mba Vira...:)..sipp dech kalau suka teriknya ya..:)

      Delete
  6. menu favorit alm papaku nih, dulu bikinnya klo ada request dr alm..skrg kangen bgt, coba masak lagii..
    makasih mba resepnyaa

    ReplyDelete
  7. menu favorit alm papaku nih, dulu bikinnya klo ada request dr alm..skrg kangen bgt, coba masak lagii..
    makasih mba resepnyaa

    ReplyDelete
  8. Malam mb Didi,,
    makasih ya mba.. kebetulan pengin makan terik tempe ini. Sengaja dimasak.malam ini spy besok sdh meresap bumbunya


    Inget jaman kecil dulu, ibu memasak terik yg isinya komplit..
    Daaaan bisa ditebak yg pertama hbs tentu daging, disusul telur,, tempe tahu paling akhir ��
    Wiwin

    ReplyDelete