Monday, March 31, 2014

Tahu Krispi...Ala Abang Abang



Beberapa waktu lalu pas main ke alun2 Ungaran..kita duduk2 dulu santai di taman..karena mau makan nasi goreng belum pada buka. Iseng aku liat ada abang2 penjual tahu krispi pakai gerobak gitu, dan pas aku liat proses pembuatan dan gorengnya tuch bersih si abangnya..dia nepungi tahunya tangannya di lapis plastik..^^..jadi berminat beli beli dech aku. Akhirnya aku coba beli 10 buah dulu sekedar buat coba2 dan pengen tau rasanya..sama tidak dengan tahu krispi yang banyak di jual di deket rumah. Ternyata beda..tahu krispi abang2 ini lebih enak..tahunya lembut dan gurih bagian dalamnya, sedang bagian luarnya garing..kres2 lapisan tepungnya renyah..nggak keras..kayak yang di jual di Semarang..wah..jadi suka dech..apalagi anget2 masih baru selesai di goreng gitu. 

Jadilah kami mkan tahu krispi di temani wedang ronde waktu itu. Tapi karena cuma beli 10 ya jadi rebutan dech bertiga..karena ternyata Yodha suka juga..dia makan tahu krispinya sampai habis 3 biji..hihi..tumben banget doyan tahu dia. Memang enak sich..tahunya pakai jenis tahu pong / sumedang yang dalamnya udah gurih..lembut, terus di lapis lapisan tepung krispi yang enak, gurih dan renyah..memang nggak kerasa cemail cemil..habis dech. Tau habis gitu..Yodha manyun..dan megangin perut..katanya masih laper mi..hihi..padahal kan mau makan nasi goreng rencana awalnya. tapi karena aku kaget dia suka tahu krispi ini..makanya aku beliin lagi sekantung plastik buat dia..dan akhirnya beneran..pas giliran makan nasi goreng Yodha udah kekenyangan makan tahu krispi..makanya di bungkus aja di bawa pulang nasi gorengnya..hihi.

Begitu dech cerita awal mula Yodha suka tahu krispi..nah..akhirnya sering aku bikinin dech di rumah..kebetulan udah nemu tahu pong / sumedang goreng yang enak..di Semarang..jadi..bisa sering2 bikin sendiri di rumah. Untuk lapisannya aku ikut gaya abang2 penjual tahu krispi di Ungaran..yaitu pakai lapisan tepung krispi kayak ayam goreng tepung gitu. Bukan ala tahu krispi yang di sekitar rumahku yang di celup  adonan tepung beras...dan jadi keras. Kalau yang di lapis tepung ala ayam goreng ini,..bisa krispi tapi renyah empuk..nggak keras.

Oke..buat teman2 yang suka tahu krispi..yukk bikin sendiri di rumah..cuma pilih tahu yang enak ya..karena jenis tahu sangat mempengaruhi rasa tahu krispi ini. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..ini dia resepnya..ala aku tentu saja..dengan tehnik hasil mengintip cara buat nya di abang2 tukang jual tahu krispi..^^
Tahu Krispi

Bahan :
15 buah tahu pong / tahu Sumedang goreng ukuran kecil2
125 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung maizena
1 bungkus kecil bumbu kaldu rasa ayam ( garam sesuai selera )
Baking powder 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, bumbu kaldu , merica dan baking powder, aduk rata / ayak bila perlu.
Ambil 50 gram tepung berbumbu, beri sedikit air hingga jadi adonan agar cair.
Celup tahu ke tepung pencelup, lalau gulingkan ke sisa tepung bumbu sambil di cubit2 hingga menempel rata.
Kalau mau lapisan tepungnya tebal..ulangi dua kali proses mencelup dan melapis tepungnya.
Goreng hingga kering dan kuning keemasan kulitnya.
Sajikan hangat dengan cabe rawit....enyakkkk..^_^
  • Nich..ada bayangan lagi fotonya..hihi..bayangan Kakak yang nggak sabar pengen nyomot tahu krispinya..^^


12 comments :

  1. hai mbak dd..

    laaahh... kok sama ya adonan tepungnya sama punyaku td sore.
    tapi aku goreng pisang td.
    jd minus merica sama kaldu.
    huehehe...

    btw, ekspresi mas yodha gak nahaaann..
    :D

    salam,

    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang goreng krispi ya Mba Ulya...berarti..:)..sippp :)

      Hihi...itu isengnya kumat Yodha Mba..kalau aku lagi motret kayak gt..:)

      Delete
  2. Mbak Diah, tahunya itu mentah apa udah di goreng yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di goreng Mba Mira..kalau mau praktis..beli aja tahu sumedang goreng tuch lho Mba..jadi lebih cepat kriuknya. Kalau pakai tahu putih mentah..nanti..tepungnya udah kering..tahunya masih basah Mba..:)

      Delete
  3. Begitu baca resep langsung dipraktekin mbaa.. apalagi di area ungaran atas lg ujan.. sisa tahu pong kemarin langsung dieksekusi deh..
    Ga plek sm resep mba diah sih takarannya, pake kirakira aja tp tetep mantep apalagi masih hangat.. di aku tahunya aq potong jd 2 mba.. jd agak tipis n rongga2 tahunya jg terisi sama adonan. Sensasi kriuk dan empuknya bikin ketagihan.. apalagi pake cabe rawiit.. emmhh.. nambah lemak malam2 dehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba WIwid..wah iya..tambah kriuk2 tuch kalau di belah dua ya Mba..:)
      Nambah lemak ndak pa2 Mba..paginya olahraga..hihi

      Delete
  4. Wah ternyata abang penjual tahu itu membuat mak Didi terinspirasi yaa, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yappp tul Mak Arifah..inspirasi resep bisa dari mana aja..dari mbah2 di pasar..tukang jualan keliling..abang2 PKL..dll..hihi

      Delete
  5. Wah jd ngiler ni... Sy cuma punya tahu biasa ni, tp karena udh kepengen banget jd nanti sy goreng tahunya sampe berkulit, potong diagonal, lalu dicelup-gulingkan deh sesuai resep mba diah. Jadi deh resep tahu 'maksa' krispinya :D. Makasih mba resepnya...

    ReplyDelete