Sunday, March 9, 2014

Empek Empek Kapal Selam & Keriting


Masih ada satu ekor ikan tegggiri di freezer..kemaren langsung aku buat empek2..soalnya beberapa hari kemaren beli empek2 Ny Kamto..kurang puas makannya..kecil2..hihi. Apalagi Yodha juga udah suka empek2 sekarang..jadi kemaren begitu aku bilang mau buat empek2 buat makan siang..dia langsung semangat..aku mau..mau mi..katanya..hihi. Lagian udah nemu resep andalan buat empek2..yakni resep Ny Liem..jadinya sebenernya kalau mau makan empek2 ya lebih enak bikin sendiri..lebih banyak hasilnya..lebih murah..dan lebih enak. Beneran  lho..resep Ny liem ini enak banget..empuk dan nggak alot empek2nya..lebih enak dari empek2 Ny Kamto...hihi..kuah cukonya juga mantab. Dan yang jelas..satu resep hasilnya banyak..jadi puasa makannya. Resep ini juga bisa di buat aneka macam empek2..kayak kemaren aku bikin kapal selam dan keriting. Cuma..empek2 keritingnya kurang cantik..karena cetakan putu mayangku udah agak jebol bawahnya..hihi. Wah..padahal cuma satu2nya yang aku punya...cari cetakan putu mayang di sini kok susah ya..punya satu itupu di beliiin temen..dulu di Jakarta.

Teman2..ada yang pernah liat cetakan putu mayang atau untuk yuyu ?..Mbok kalau ada yang pernah liat..aku tak nitip..hihi..anti aku tranfer uangnya. Soalnya aku suka sekali putu mayang dan empek2 keriting ini. Walaupun adonan empek2 nya sama..tapi kalau di cetak jadi empek2 keriting rasanya beda ternyata..lebih lembut gitu empek2nya..enak banget. Hemm..bakalan jadi varian empek2 favoritku nich kalau buat..selain kapal selam. Oke dech yang mau makan empek2..yukk bikin sendiri ya..ini dia resepnya..:)

Empek Empek Kapal Selam & Keriting

Bahan Biang :
125 gram tepung terigu protein sedang
250 ml air
1 siung bawang putih yang besar, haluskan
2 - 3 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 / 4 sendok teh penyedap rasa
1 sendok teh gula pasir 
2 butir telur

Bahan Utama :
300 gram ikan tenggiri halus
200 gram tepung sagu / tapioka
Telur untuk isian

Cara Membuat :
Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata. Hati2 jangan sampai gosong. Adonan jadinya kental sekali. Dinginkan.
Uleni adonan biang dengan ikan tenggiri, dan telur hingga halus dan lembut.
Setelah itu, masukkan tepung sagu, aduk rata, tidak perlu di uleni kuat2 ya setelah sagu masuk..supaya tidak keras empek2nya. Adonan yang di hasilkan jadinya kalis dan enak di bentuk2..jika masih sedikit lengket , bisa di tambahkan lagi sedikit tepung sagu. Adonan siap di bentuk.
Didihkan air di panci yang besar. Ambil adonan empek2..bentuk bulat dan pipihkan.Isi dengan telur secukupnya, lalu bentuk seperti pastel, lalu masukkan ke air mendidih..rebus sampai mengapung dan rebus lagi beberapa waktu..sampai benar2 matang semua..adonan maupun telur di dalamnya. ( kira2 20 menit )
Goreng empek2 saat akan di sajikan. Lengkapi dengan ketimun dan kuah cukonya. 
Untuk empek2 keriting, masukan adonan ke cetakan putu mayang, lalau semprot bentuk melingkar kayak kerupuk..lalu rebus juga di air mendidih. Goreng atau bisa langsung di nikmati dengan kuah cuko empek2 keritingnya.

Tips : Mengisi telur adalah bagian yang agak ribet..jika buat pemula..jika mau lebih mudah..bisa di isi telur rebus saja. Jika mau tetep di isi telur mentah, buatlah bentuk empek sudah setengah jadi bentuk pastel berlubang di tengahnya, rekatkan pinggirnya sampai benar2 rapat, sisakan bukaan di ujungnya..dan isikan telur dengan corong dari arah ujung yang terbuka dengan hati2 dan jangan kepenuhan sehingga tidak terkena bagian ujung2nya. Jika telur terkena bagian ujung keluar empek2nya biasanya susah di tutup..jadi telur akan meleber ke mana2. Tapi kalau aku sich lebih suka di isi telur mentah..jadi telurnya bisa menyebar putih telur dan kuningnya..dan jadi cantik begini isian telurnya di dalam empek2..^^


Kuah Cuko 
Jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( bisa di pisah cabenya jika mau sekalian buat anak bikin kuah cukonya )
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.

Empek2 keritingnya..kurang cantik sich..tapi enak banget..jadi lebih lembut empek2nya..kalau di bentuk keriting.




66 comments :

  1. enak nih mba kayaknya..nyam nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Ida..enak banget..gurih dan empuk empek2nya..:)

      Delete
    2. Aku sdh coba resep mba Diah..anak2 n suami sukkaaa...mantap mba

      Delete
  2. aku suka empek-empek...kalo beli tengiri di pasar/supermarket mb? di filet sendirikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang di pasar..kadang di supermarket Mba Sari..yag penting ikan tenggirinya masih seger..dgn ciri masih keras ketika kita pencet..jadi nggak amis Mba..empek2 nya..:)

      Delete
  3. Saya, anak2 dan suami jg suka empek2 lho mba, gurih2 enak... Cuma cari tengirinya yg agak susah. Jadi ngiler lihat postingannya mba...

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..di Batam deket laut..ndak ada tenggiri ya Mba Ari ? di supermarket gt juga ndak ada Mba ?

      Delete
    2. Mba Didi, numpang komen buat mba Ari, secara aku tinggal di Batam juga..he he he
      Di Batam banyak juga mba Ari yang jual tenggiri, di pasar Penuin tuh pasti ada, ikannya segar hanya agak mahal harganya, kemudian di pasar Aviari dan pasar SP juga suka ada ikan tenggiri. Kemudian di pasar pagi Samarinda Jodoh juga ada malah segar dan lumayan murah. Di pasar Sagulung juga suka ada, he he he secara aku juga suka sekali buat pempek, hanya belakangan ini belum pernah buat lagi.
      Dulu aku punya pempek favorit di Palembang namanya pempek Mang Din, jadi pernah tiap malem aku praktek ubah komposisi bahan sampai aku rasa pempeknya mirip dengan rasa pempek mang Din..he he he terobsesi, abis di Batam ga ada yang nyamain rasa pempek asli Palembang he he he..

      Oh iya mba Didi, kakau aku pernah tahu itu untuk buat pempek kapal selam kalao pakai telur mentah telurnya ga semua masuk, jadi bagian kuningnya aja dengan sedikit putih telur yang suka ikut dengan bagian kuningnya itu. Jadi isinya ga kebanyakan. Jadinya mudah ketika akan direkatkan soalnya telurnya ga tumpah2. Kemudian buat adonan pempeknya adonan dibuat lubang yang agak dalam seperti sumur gitu tapi jangan sampai sobek nah baru isi telurnya baru deh direkatkan kembali.
      He he he tapi setiap org pasti punya cara sendiri ya mba..cara mba Didi juga ok, nanti aku mau coba juga..he he he kalau lg mood buat pempek lagi..

      Delete
    3. Sippp Mba Monica...makasih infonya..moga berguna buat Mba Ari ya di Batam..:)

      Iya Mba..aku dah coba berbagai versi cara ngisi telurnya..dan yang paling nyaman buat aku ya di bentuk semi jadi dulu..hihi..jadi tinggal di isikan dari luang kecil di pojokan gitu amna dech gak mbleber2..tapi memang ggak semua satu telru bisa masuk kok Mba..tergantung ukuran empek2nya juga..aku biasanya 1 telur buat dua empek2 malah isinya..:)

      Delete
  4. hai mbak dd,,

    aku juga suka resep pempek yg versi di atas.
    udah tak praktekin berkali-kali dan hasilnya ok.
    :)

    eh cetakan yuyu keriting ya..
    adaaa...
    25 ribu dg kualitas bagus
    (aku baru nanya sama temenku yg jual peralatan kue).
    tapi aku domisili pontianak ki.
    ongkir ke semarang sama harga cetakan yuyunya sama aja.
    huehehe...

    salam,
    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau Mba Ulya..........bisa email aku ndak di bundadidi@gmail.com aku harus trafer ke mana buat cetakan yuyunya..hihi..soalnya dari dulu pengen bikin kue akar kelapa itu lho..lum kesampaian gara2 ndak punya cetakannya..:)

      Delete
    2. udah tak kirim lewat email mbak..
      silakan dicek ya..
      suwun.

      -ulya

      Delete
    3. Dah ke TKP blog Mba Rika Mba Ulya..wah jadi pengen yang lain..hihi..tak liat2 dulu koleksi lainnya..aku jadi pengen beli acuan buat kue siput dll..hihi..

      Delete
  5. Dulu waktu kecil aku suka bantuin nenek ngeritingin pempek keritingnya hehee, jadi kangen abis di rumah cuma nyetok kapal selam, lenjer, dos, pistel gitu2 mbak hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai apa mba..ngeritingnya biar cantik Mba Mutiara ?..Ada alat khususnya kah ?..

      Delete
  6. Mba Diah,,,, empek2 kesukaan kami nih,,, emang bener mba, kalau masih pemula pakai isinya telur rebus aja,,, lebih simple hahahah,,, tapi kalau merasa tertantang, pakai yang telur mentah,,, dan saya belum pernah coba, belum berani takutnya luber kemana2 heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..agak tricky masukin telurnya..biasanya aku juga nggak bisa kalau satu telur utuh masuk..paling separo aja..:)

      Delete
  7. Ohhh hahahaa....pantes aja Mba aku masukkin satu telur jadi luberrr :(
    Gimnana caranya masukkin setengah telur apakah dg cara menghancurkan kuning telurnya ut membaginya?
    Thx Mba Diah,
    Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sendokin aja Mba..kebanyakan klu satu..:)..atau kuning telurnya aja satu butir..di tambah putihnya dikit..:)

      Delete
  8. Sorry Mba 2 kali Nulisnya kirain yg pertama gak terpasang...

    ReplyDelete
  9. Krn kmrn berhsl buat yg pempek dos dg rs mantap dr resep mbak.cm anakku bilang: ma, aku sk yg ada telor dlmnya...akhirnya cobain resep ini...skrg sdh gak terlalu takut membulatkannya..cm....gak pandai mskin telurnya..hehehee :-D sptnya krn pemula, sy mmg hrs cb dg telur yg masak dl ya..pdhal inginnya mskin yg mentah..overaฤบl...rsnya enak..kenyalnya dpt..tgl telurnya sy yg blm.. :-) tq ya mbak utk resepnya..skrg jd nagih utk nyetok pempek trs d rmh.. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Shyswy...coba isi kuningnya aja dulu Mab..kalau mau dari telur mentah..kan lebih mudah nggak lari2 kayak putihnya..hihi

      Delete
  10. waaaa, makanya pempek-ku keras ternyata cara bikinnya salah, digigit malah mental2 hihiihihih. Aku coba bikin spt cara di atas, moga2 bisa lebih empuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ayukk di coba lagi ya..:)

      Delete
    2. Dah berhasil, mbak. Empuk pempek-nya, cuman aku sempat agak panik gara2 kok adonannya lengket banget ke tangan hihihihi. Tapi terus tak kasih tepung sagu dikit, beres deh.

      Delete
    3. Hai Mba..sippp..iya..pas mentuk empek2..tangan di lumuri sagu ya..:)

      Delete
  11. Salam kenal, mbak :)

    Kalau ikan tengirinya 1kg, takaran biangnya juga menyesuaikan ya mbak? Atau tetap segitu? :)

    ReplyDelete
  12. Ya mba..salam kenal juga....di kalikan 3 aja resepnya mba..lebih mudah dan aman ya..semua bahan menyesuaikan..:)

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mba diah, sy udah coba resep pempeknya wah maknyus alias berhasil n smua suka padahal bru pertama kali buat lngsg sukses. Makasih ya mba, sy jd sering cari resep di blog mba diah ini. Krn sy tinggal dinegeri orang mau ga mau klo mau makanan / masakan indonesia ya hrs buat sendiri hehehe...-tyas-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Tyas..yukk semangat ya masak2 masakan Indo walau tinggal di luar..:)

      Delete
  14. hi mbk diah,resepx udah aku cobain n berhasil walopun ngisi telorx kadang2 gagal jg alias bocor,tp soal rasa n kekenyalan udah paas hehehe..semuanya pd suka:) aq biasanya nyobain yg cara dicampur langsung tp hasilx gak seenak resep mbk diah..thanks ya mbk:)
    oiya mbk dia tulis resep es krim coklat homemade doong,anakq seneng bgt es krim;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jika berhasil ya..resep es cream..coba ya nanti di usahakan jk ada waktu..:)

      Delete
  15. Mbak Diah, kalau mau bikin lenjer pakai adonan ini juga kan? Tinggal dibikin lonjong-lonjong? :)

    ReplyDelete
  16. Mbak Diah kalau pempek ini pake tepung bakso apakah ukuran tepungnya sama 200gr ?

    ReplyDelete
  17. Mba Diah..kalo saya bikin banyakan setelah direbus bisa dimasukam freezer ngga? Apakah tekstur akam berubah?

    ReplyDelete
  18. Mba diah tq ya..saya sdh bikin.enak bgt.cm ga ada ebi jd mknnya dicocol kecap dl...

    ReplyDelete
  19. Mba diah.,....aku dah coba banyak resep mba.....dan semuanya oke banget hasilnya.....makasih banyak untuk semua tips n resep2 mba....sangat membantu dan sangat inspiratif.....semoga mba diah sehat selalu dan tetap bisa berkarya......

    ReplyDelete
  20. mba itu langsung goreng atau di rebus dulu?

    ReplyDelete
  21. Mbak diah, kalo empek-empek tanpa ikan itu gimana cara bikinnya ? :(




    www.posresep.com

    ReplyDelete
  22. Mbak Diah, pas nguleni adonan biang, ikan dan telur, bisakah pake food processor? makasih banyak ya mbak...
    -Nuniek-

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. assw. MBA diah INI adonan biangnya tidak dimixer dengan telur seperti pada mpek2 dos ya..? mohon pencerahan ya MB.. kmrn sdah buat yg mpek2 dos rasax enak.. nah skrg Mau coba yg pke ikan.. tapi sebelumnya nanya dlu.. ditunggu jawabx ya MBA.. makasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jk mau lembut bs di mixer mba kayak yang dos atau pakai food processor juga bs.

      Delete
  25. Diah. Susah deh ngisi telornya....udah yakin2 pas volumenya.....eh begitu mau ditutup...mblobor...hehehe

    ReplyDelete
  26. Diah. Susah deh ngisi telornya....udah yakin2 pas volumenya.....eh begitu mau ditutup...mblobor...hehehe

    ReplyDelete
  27. Diah. Susah deh ngisi telornya....udah yakin2 pas volumenya.....eh begitu mau ditutup...mblobor...hehehe

    ReplyDelete
  28. mba kalo pake ikan lain semisal ikan kuniran bisa ga ya,kebetulan di rumah adanya stok itu..makasih..

    ReplyDelete
  29. Lagi eksekusi nih mbak... baru nyampe masak terigu hehehe. Tapi kok jadinya bubur terigunya jadi bulet2 gitu yah... apa harus bener2 halus dan merata? Makasih mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa2..di mixer sms telur dan ikan nanti adi alus..adonannya . Tgg dingin dulu ya

      Delete
  30. Mb, q uda buat tp gak pake ikan tenggiri, tp q pake ikan tongkil :D takut gagal lagi jd yg murahan aja utk cb2.. Alhamdulillah berhasil mb.., q seneng bgt tp baunya gak khaass, yo wess la yg pntg uda tau caranya. Anakku yg plg besar sukaaa bgt sm mpek2 buatan ala2 q mb.., tekstur sm rasa lembyuut, mantaff deh mb..
    Untung q buatnya msh dikit pake ikan tongkil pula, cb bnyk pake ikan yg original trus gagal wadoooh bs2 berakhir di tong sampah mb.
    Sukses terus ya mb diah..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..ikan tongkol ya mba..enak jug aya..mksh infonya :)

      Delete
  31. Udah dicobaa mbak. Makknyuuzzz... Hehe alhamdulillah. Mau bikin lagi buat percobaan kedua, kira2 klu ikannya dicampur ayam gimana menurut mbak diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIpp mba..aku belum pernah coba mba..:D

      Delete
  32. Hallo mbak btw thx resep pekmpeknya, gara2 copy resep mbak Diah istri bikin menu ini dan rasanya jos gondos icik kwir banget,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..syukurlah jika suka ya..salam buat istrinya ya..:)

      Delete
  33. Mba, ikan tenggiri bisa diganti pakai ikan apa aja? Disini (Kendari) daerah laut cuma ikan tenggirinya susah bgt dicari karena pada masuk perusahaan buat diekspor :)

    ReplyDelete
  34. Mba didi slm kenal..aq dah bnyk baca resepnya mba didi..aq mo nanya,aq butuh tepung yg mba jual sprti tepung bakso,tepung kremes,krispi,t.leker,Acine dll..1 bungkusnya berapa ya..?aq da minat tuk pesen trmkasih..

    ReplyDelete
  35. assalamualaikum mbak diah,
    ceritanya pagi td sya sdah praktekin bikin pempeknya buat hadiah ultah suami..hihi. soalnya suami suka bnget sama pempek..dan alhamdulillah sukses !! ๐Ÿ™Œ
    makasih ya mbak resepnya..
    cumaa,cuko yg aku buat masih kurang manteb mbak..gak tau salah dmananya..pdhal uda diikutin step2nya.. ๐Ÿ˜“

    ReplyDelete
  36. assalamualaikum mbak diah,
    ceritanya pagi td sya sdah praktekin bikin pempeknya buat hadiah ultah suami..hihi. soalnya suami suka bnget sama pempek..dan alhamdulillah sukses !! ๐Ÿ™Œ
    makasih ya mbak resepnya..
    cumaa,cuko yg aku buat masih kurang manteb mbak..gak tau salah dmananya..pdhal uda diikutin step2nya.. ๐Ÿ˜“

    ReplyDelete
  37. mbak diah,
    semalem saya coba resep pempeknya,so far ini resep pempek paling oke yg pernah saya coba.tips panasin terigu untuk biang sebelum aduk dgn ikan dan sagu bener2 membantu wlpun awalnya saya bingung gimana caranya masukin sagu tanpa diuleni.
    cuko juga oke,kebetulan dpt oleh2 gula dr palembang.
    yg msh kurang sreg bau ikan kurang nendang,tp sptnya kl takaran di resep ini ditambah pempeknya jd gak kenyal dan..jadi mahal hahaha
    ada tips untuk ini mbak?
    terima kasiiiiih

    ReplyDelete
  38. Salam krnal mba didi...
    Kbtulan saya lg cari komposisi yg pas pempek utk dijual dg harga murah meriah. Yg mbedakan adalah jumlah ikanny dikurangin. Kl resepny mb didi misal ikanny dikurangin...bahan biang n sagu jd bertambah brp y mba? Ini yg saya blm nemu...kl utk dmakan sm keluarga saya si sllu pakai ukuran ikanny lebih banyak.

    ReplyDelete
  39. Salam krnal mba didi...
    Kbtulan saya lg cari komposisi yg pas pempek utk dijual dg harga murah meriah. Yg mbedakan adalah jumlah ikanny dikurangin. Kl resepny mb didi misal ikanny dikurangin...bahan biang n sagu jd bertambah brp y mba? Ini yg saya blm nemu...kl utk dmakan sm keluarga saya si sllu pakai ukuran ikanny lebih banyak.

    ReplyDelete