Friday, March 7, 2014

Jadah Bakar


Kemaren..lagi pengen makan jadah bakar..jadi bikin sendiri..mumpung ada pak tukang yang bersih2 rumput di halaman..jadi ada yang bantuin makan..hihi...soalnya di rumah ya cuma aku yang doyan. Bikinnya juga dikit..cuma 1/4 ketan..niat banget ya teman..hihi. Memang..aku sich suka iseng aja..kalau lagi pengen sesuatu ya..bikin aja..walau cuma dikit..buat tombo kangen.

Jadah..adalah jajanan khas Yogya..kalau di daerah lain di sebut uli kali ya. Kalau di Yogya..jadah..biasa bersanding dengan jenang ketan..kayak dodol gitu..untuk sajian di beberapa upacara tradisional atau hajatan Atau sekedar di buat jajanan untuk cemilan sehari2. Dulu ibuku sering bikin jadah juga..kalau ada acara di rumah..misal arisan..dll. Jadah ini..biasanya di makan gitu aja..di iris2. Tapi akan lebih enak sich kalau di makan sama tempe atau tahu bacem..kayak makanan khas di daerah Kaliurang Yogya...di sana banyak yang jual..jadah dan bacem..uenakkk..dingin2 di gunung..makan jadah tempe bacem. Tapi daripada jauh2 ke Kaliurang..kan lebih cepat ya..kalau bikin sendiri di rumah..hihi..kalau cuma mau makan jadah. Soalnya sekarang Kaliurang pun sejak Merapi meletus juga nggak sesejuk dan seindah kayak dulu lagi sich menurutku...juga kurangnya obyek wisata yang menarik di sana..jadi..kalau ke sana kok berasa garing aja..paling2 makan jadah tempe bacem aja yang menarik..hihi.

Nah..karena kemaren belum mbacem tahu tempe...ya sudah..jadahnya di bakar aja...biar tambah gurih. Dan..beneran dech..di makan gitu aja tanpa lauk apa2 udah gurih banget. Apalagi kalau ada serundengnya..wah..tambah enak dech. Di makan anget2 gitu abis di bakar..nyam2..apalagi kelapanya aku pakai banyak..jadi gurih banget jadahnya. Suka jadah juga teman2..yukk bikin sendiri ya..^^
Jadah Bakar

Bahan :
250 gram beras ketan, rendam 1 jam
Santan kurang lebih 150 ml
Daun pandan 2 lembar
1/2 sendok teh garam
100 gram kelapa parut kasar

Cara membuat :
Kukus ketan selama 15 menit
Rebus santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, matikan api, masukkan beras ketan, aduk2 hingga santan terserap di ketan ( jadi aron ). Masukkan kelapa parut. Aduk rata.
Kukus lagi selama 30 menit hingga matang.
Angkat, selagi masih panas..segera tumbuk ketan hingga halus. Ambil sedikit jadah, bentuk bulat2 pipih, lalu bakar di atas teflon hingga harum. Sajikan hangat.

14 comments :

  1. Mbak diah klo disalatiga namanya jg jadah, dipinggir jln depan toko2 ada yg jualan, gurih bgt. Klo ada org hajatan oleh2nya jg jadah, di goreng jg enak bgt mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ratna..di goreng juga enak ya..cuma jadi berminyak ya..hihi..cobain di bakar mba..sekali2..harum lho..dan gurih juga..:)

      Delete
  2. Mba Di, dikampung saya Jember namanya tetel. Saya suka juga dimakan sama tape ketan mba... Tapi penasaran jg kalo dibakar, pasti wangi..

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kayak di Betawi ya Mba..di sebut uli di makan sama tape ketan....:)

      Delete
  3. baru buka blognya mbk diah nih...,lahh kok samaan ya. ini hari aq buat jadah bakar lho mbk...,lariss manis deh. cuma sisa 2 potong aja nih. selain itu jadah itu makanan favorit bpkku mbk... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kompakan ya Mba...:)..enak emang..klu di rumahku cuma aku yang doyan..hihi

      Delete
  4. aku juga doyan mba... tapi beneran ini cuma aku saja yang doyan hahahah.. parah yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama Mom..hihi..Yodha ku apa mau di suruh makan ketan..:D

      Delete
  5. hai mbak dd..

    aku bikin ini tadi pagi. dr kmrn pengen jadah. tapi di sini gak ada yg jual.
    jadilah gubrak-gabruk di dapur.
    haha.

    aku mipihinnya gak pake tangan. tapi tak cetak pake gelas. jd deh bulet2 cantik.
    :)

    suwun resepnya yo mbak..

    salam,
    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ulya...sipp Mba..nggak pa2 ribet dikit ya mba,.buat tombo kangen jadah..:)

      Delete
  6. Lah, kalo dikampung numbuknya di lumpang. Kalo di Jakarta apa ada alatnya mbak?

    ReplyDelete
  7. Mba didi maaf mau nanya, jadah kalau santan nya di skip ajà kira² gimna? Pengaruh ga ya?

    ReplyDelete
  8. Pakai santan instan tetep gurih gak mbk?

    ReplyDelete
  9. Pakai santan instan tetep gurih gak mbk?

    ReplyDelete